home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Obat Pencahar Alami untuk Anda yang Susah BAB

Obat Pencahar Alami untuk Anda yang Susah BAB

Sembelit (konstipasi) merupakan kondisi ketika Anda susah buang air besar. Meski bukan penyakit yang serius, gejala konstipasi tentu membuat Anda tidak nyaman. Simak beragam obat pencahar alami di bawah ini untuk membantu atasi kondisi sembelit Anda.

Obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit

mitos fakta sembelit susah BAB

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sembelit dan biasanya dipicu oleh kurangnya konsumsi makanan berserat dan jarang berolahraga. Dengan mengetahui penyebab konstipasi, Anda bisa memanfaatkan obat sembelit alami sesuai kondisi Anda.

Obat sembelit alami banyak digunakan ketimbang obat pencahar di apotek karena dapat menimbulkan efek samping pada sebagian orang. Selain itu, banyak yang khawatir akan ketergantungan obat tersebut bila sembelit kambuh.

Itu sebabnya, konsumsi makanan, minuman, dan rempah-rempah tertentu bisa menjadi cara melancarkan buang air besar secaar alami. Berikut ini beberapa obat pencahar alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah sembelit.

Penyebab sembelit sangat beragam, yang umumnya dipicu oleh kurang konsumsi makanan berserat dan jarang olahraga. Dari penyebab sembelit ini, Anda bisa menentukan pengobatan yang mengarahkan Anda pada obat pencahar alami.

1. Air putih

Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya cairan tubuh untuk melunakkan feses sehingga BAB menjadi lancar. Itu sebabnya, minum air putih menjadi obat pencahar alami yang paling ampuh.

Begini, pergerakan feses saat sembelit akan bergerak lebih lambat ketika melewati usus. Hal ini menyebabkan usus menyerap cairan dari feses lebih banyak. Akibatnya, feses semakin padat dan kering.

Agar BAB tidak keras, Anda membutuhkan lebih banyak cairan dan salah satu sumber terbaiknya adalah air putih. Dengan begitu, feses akan lebih lunak dan lebih mudah melewati usus, serta merangsang pergerakan usus lebih cepat.

2. Garam inggris (epsom)

Selain dikenal sebagai penyedap makanan, jenis garam tertentu seperti garam inggris atau epsom juga sering digunakan sebagai obat pencahar alami. Bagaimana bisa?

Penelitian dari jurnal Therapeutic Advances in Gastroenterology melaporkan bahwa kandungan magnesium sulfat pada garam inggris memiliki efek pencahar yang kuat.

Obat ini membantu merangsang pelepasan hormon pencernaan dan menarik lebih banyak cairan ke usus. Cairan tersebut dapat membantu meregangkan usus dan melunakkan feses, sehingga Anda terbebas dari susah BAB.

Jangan lupa untuk memastikan garam tersebut aman diminum, bukan garam inggris yang digunakan untuk berendam atau pupuk tanaman. Jadi, Anda perlu memerhatikan kemasan dengan cermat.

3. Buah-buahan

Tidak hanya air putih, obat pencahar alami lainnya yang bisa digunakan yaitu buah-buahan. Beberapa buah yang dapat mengatasi sembelit seperti pisang, apel, dan pir mengandung air yang dapat meningkatkan asupan cairan tubuh Anda.

Pisang tinggi serat dan kalium sehingga bisa membantu melunakkan feses serta melancarkan saluran pencernaan. Pisang juga mengandung bakteri probiotik bernama fructooligosaccharides (FOS) yang dapat membantu meredakan gejala sembelit.

Sementara apel mengandung pektin dan serat yang dapat merangsang organ perut dan mengeluarkan feses. Pada usus, pektin akan cepat dimakan bakteri usus dan bercampur bersama feses, sehingga teksturnya menjadi lebih lunak. Pektin juga dapat mempercepat gerakan usus.

Bila bukan apel ataupun pisang, Anda bisa memilih pir sebagai obat herbal sembelit lainnya. Pasalnya, buah ini kaya akan serat, nutrisi, dan air yang baik unutk sistem pencernaan.

4. Minyak jarak (castor oil)

Bagi Anda yang belum pernah mendengar nama minyak jarak (castor oil). Minyak ini merupakan minyak nabati yang berasal dari pohon jarak. Warna minyak jarak biasanya kuning dan sudah banyak tersedia di pasar swalayan maupun apotek terdekat.

Selain digunakan sebagai bahan sabun, plastik, minyak jarak juga dapat dipakai sebagai obat pencahar alami. Minyak ini bekerja seperti obat pencahar, mampu merangsang organ pencernaan dan membuat kotoran mudah untuk dikeluarkan.

Jika Anda ingin mengatasi sembelit dengan minyak jarak, hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan meminumnya. Pada saat minyak berada di dalam perut, minyak tersebut akan mendorong feses untuk keluar.

Cara kerjanya memang hampir mirip dengan obat pencahar stimulan yakni meningkatkan gerakan usus. Penggunaannya pun hampir sama, yaitu digunakan ketika sembelit tidak dapat diatasi dengan obat pencahar lainnya.

Hal ini dikarenakan obat pencahar stimulan seperti minyak jarak dapat menyebabkan usus kehilangan kendali untuk melakukan gerakannya sendiri.

Minyak jarak dapat dikategorikan sebagai obat herbal susah BAB yang aman. Namun, ibu hamil yang mengalami sembelit dan orang yang mengalami usus buntu serta muntah tidak dianjurkan menggunakan minyak jarak.

5. Teh herbal

minum teh herbal saat hamil

Teh herbal adalah salah satu cara mengatasi sembelit yang alami, dan dipercaya minim efek samping. Beberapa teh herbal jenis tertentu bahkan diduga bermanfaat untuk melemaskan otot usus sehingga pergerakan feses lebih lancar.

Teh senna

Teh senna yaitu teh yang berasal dari daun senna kering bernama latin Senna alexandrina. Tanaman ini mengandung senyawa glikosida yang disebut memiliki efek laksatif alami yang dapat membantu melemaskan otot-otot sistem pencernaan.

Hal ini dapat membuat feses bergerak lebih mudah di sepanjang usus hingga keluar lewat anus. Rasanya yang cukup pahit membuat teh senna perlu ditambahkan madu sebagai pemanis agar rasanya lebih bersahabat.

Teh hitam dan hijau

Tidak hanya teh senna, Anda juga bisa memanfaatkan teh hitam dan teh hijau sebagai obat pencahar alami. Pasalnya, keduanya mengandung kafein yang memiliki efek pencahar untuk merangsang gerak usus dan melancarkan BAB.

Efek pencahar ini biasanya terasa lebih nyata ketika diminum di pagi hari saat perut masih kosong. Namun, untuk Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mencari alternatif teh lainnya, meliputi:

Meski terbilang aman, teh herbal termasuk obat pencahar alami yang hanya bisa digunakan dalam jangka waktu pendek. Minum teh herbal secara rutin dikhawatirkan memicu risiko kerusakan hati dan tidak baik untuk ibu hamil.

6. Minyak esensial

Minyak esensial memang dikenal memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan, termasuk sistem pencernaan Anda. Meski begitu, hanya ada beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat sembelit alami.

Minyak jahe

Minyak dari rempah jahe biasanya banyak digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengurangi mual. Bahkan, minyak yang satu ini juga dapat membantu mengobati sembelit.

Hal ini mungkin dikarenakan minyak jahe dapat merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan lambung dan usus.

Anda dapat meneteskan tiga hingga lima tetes minyak jahe dengan minyak kelapa atau biji anggur. Lalu, oleskan campuran minyak tersebut pada perut dan pijat perlahan.

Minyak lemon

Kandungan antioksidan dalam minyak dari buah lemon ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat sembelit herbal. Pasalnya, antioksidan dapat membantu kerja sistem pencernaan dan mengurangi peradangan.

Dengan begitu, sistem pencernaan akan jauh lebih baik dan dapat meredakan gejala sembelit.

Sama seperti minyak lainnya, Anda bisa menggunakan minyak yang satu ini dengan mengencerkannya kemudian memijatkan ke kulit dan menghirupnya lewat diffuser. Hindari paparan sinar matahari langsung saat mengoleskan minyak lemon.

Minyak chamomile

Selain terkenal sebagai teh yang dapat menenangkan pikiran, chamomile juga bisa diolah menjadi minyak yang dapat membantu mengatasi sembelit. Umumnya, minyak chamomile dapat meningkatkan gerakan usus, sehingga dapat mendorong feses keluar dan meredakan perut kembung.

Anda bisa mencampurkan minyak chamomile dengan minyak lavender untuk mengendurkan otot-otot di area perut.

Cara pakainya sama, encerkan minyak chamomile dengan minyak kelapa kemudian oleskan ke perut. Pijat area perut dengan gerakan searah jarum jam dan ulangi sebanyak tiga kali sehari.

7. Kopi

Bagi beberapa orang minum kopi dapat memicu mulas karena mengaktifkan pergerakan otot usus. Mulas inilah yang dapat menjadi sinyal bagi Anda untuk melancarkan buang air besar.

Kopi juga mengandung sedikit serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri usus. Di lain sisi, kopi memiliki efek diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil. Pastikan minum air putih yang cukup ketika minum kopi.

8. Suplemen psyllium

Psyllium adalah obat pencahar yang mengandung serat alami. Psyllium dapat membantu Anda buang air besar lebih sering. Suplemen ini juga sering digunakan untuk mengobati sembelit kronis dan dapat dikombinasikan obat pencahar lainnya.

Untuk menggunakan psyllium, larutkan bubuk psyllium ke dalam segelas 250 ml cairan (bisa air atau jus buah tanpa gula). Minumlah langsung setelah dicampur, sedangkan kapsul psyllium harus ditelan utuh dengan segelas air.

Perlu diingat bahwa Anda tetap harus konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan, minum air putih yang cukup, dan berolahraga ringan. Selain mempercepat penyembuhan, hal ini juga membantu mencegah sembelit kambuh kembali.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mencoba obat pencahar alami yang disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan tubuh setiap orang dapat memicu reaksi yang berbeda tergantung pada kondisi kesehatan mereka.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Stewart, M. (2020). Psyllium husk for constipation (Equate, Konsyl, Metamucil, Reguloid) | Medicine. Retrieved 5 July 2019, from https://patient.info/medicine/psyllium-husk-for-constipation-equate-konsyl-metamucil-reguloid 

Constipation – diagnosis & treatment. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 08 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/diagnosis-treatment/drc-20354259 

Emmanuel A. (2011). Current management strategies and therapeutic targets in chronic constipation. Therapeutic advances in gastroenterology, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.1177/1756283X10384173. Retrieved 8 December 2020. 

Tunaru, S., Althoff, T. F., Nüsing, R. M., Diener, M., & Offermanns, S. (2012). Castor oil induces laxation and uterus contraction via ricinoleic acid activating prostaglandin EP3 receptors. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 109(23), 9179–9184. https://doi.org/10.1073/pnas.1201627109. Retrieved 8 December 2020. 

Senna. (2019). Medline Plus. Retrieved 8 December 2020, from https://medlineplus.gov/druginfo/natural/652.html#DrugInteractions 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 23/03/2021
x