backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

13

Tanya Dokter
Simpan

5 Titik Akupresur yang Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

5 Titik Akupresur yang Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Akupresur sejak lama dimanfaatkan sebagai pengobatan nyeri secara alami. Tekanan pada titik akupresur juga bisa meredakan sakit gigi dengan melancarkan aliran darah dan membuat otot sekitar mulut lebih rileks. Lantas, titik mana saja yang perlu Anda tekan?

Macam-macam titik akupresur untuk sakit gigi

pengobatan alami sakit gigi

Akupresur (acupressure) adalah terapi komplementer asal Tiongkok yang dilakukan dengan memberikan tekanan atau pijatan lokal pada bagian tubuh tertentu.

Terdapat lebih dari 400 titik akupresur pada tubuh Anda, dengan masing-masing titik memiliki fungsi tersendiri untuk mengurangi gejala penyakit.

Titik akupresur untuk sakit gigi umumnya tersebar pada hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari tangan, leher, pundak, hingga area lutut.

Anda bisa menyembuhkan sakit gigi dengan cara melakukan pijatan pada titik-titik berikut ini.

1. Titik usus halus 18 (SI18)

Titik SI18 merupakan titik akupresur yang paling banyak digunakan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang.

Ini bisa Anda temukan di bagian bawah kedua tulang pipi, tepatnya pada bawah ujung mata dan sejajar dengan bagian bawah hidung.

Untuk mengaktifkan titik SI18, tekan keduanya menggunakan telunjuk dan jari tengah selama satu menit. Selama menekan titik ini, tarik napas dalam dan embuskan secara perlahan.

2. Titik perut 6 (ST6)

Titik ST6 pada umumnya digunakan untuk mengurangi nyeri pada mulut, seperti akibat radang mulut atau penyakit lain yang berkaitan dengan masalah gigi. 

Untuk mengetahui letaknya, coba tempelkan gigi atas dan bawah Anda. Titik ini merupakan tonjolan yang terletak di tengah, tepat antara ujung bibir dan bagian bawah daun telinga.

Tekan titik akupresur untuk sakit gigi ini dengan ibu jari selama satu menit sambil menarik napas dalam. Ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan atau hingga nyeri berkurang. 

3. Titik kantong empedu (GB21)

Titik kantong empedu sering digunakan untuk mengatasi nyeri pada kepala, wajah, dan leher. Tekanan pada titik GB21 juga berguna untuk mengatasi berbagai keluhan pada pundak. 

Berbeda dengan namanya, titik GB21 tidak terletak di dekat kantong empedu, tetapi di bagian tengah pundak dan agak sedikit ke belakang. 

Cubit bagian tengah pundak Anda dengan ibu jari dan telunjuk, kemudian pijat titik akupresur tersebut menggunakan jari tengah selama 4–5 detik sambil menarik napas dalam.

4. Titik usus besar 4 (LI4)

meredakan sakit kepala

Titik akupresur yang satu ini dipercaya bisa membantu meredakan peradangan sehingga sakit gigi yang Anda alami berangsur hilang. 

Tekanan pada titik usus besar atau LI4 juga bermanfaat untuk mengurangi stres, sakit kepala, serta nyeri pada area di atas leher Anda.

Anda bisa menemukan titik LI4 dengan menempelkan ibu jari ke ruas kedua telunjuk. Titik ini terletak pada pertemuan antara ibu jari dan telunjuk Anda. 

Untuk meredakan sakit gigi, tekan titik ini dengan lembut dan pijat selama 4–5 detik sambil menarik napas selama melakukannya.

5. Titik perut 36 (ST36)

Titik ST36 cukup sering digunakan untuk meredakan berbagai gejala, termasuk sakit gigi, mual, stres, serta kelelahan. 

Untuk menemukan titik ST36, cobalah untuk menempelkan telapak tangan pada sisi yang sama dengan tempurung lutut secara horizontal. Titik ini terletak pada jari kelingking Anda.

Berikan tekanan dan pijat lembut dengan jari Anda pada titik akupresur ini untuk meredakan sakit gigi. Lalu, arahkan pijatan ke bawah menuju bagian luar tulang kering.

Ampuhkah titik akupresur untuk meredakan sakit gigi?

Tinjauan dalam International Journal Of Orthodontic Rehabilitation (2017) mencatat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendaftarkan akupresur sebagai pengobatan yang efektif untuk sakit gigi mulai tahun 2003.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan teknik ini untuk meredakan sakit gigi. Cukup menekan beberapa titik pada tubuh Anda untuk mengurangi nyeri pada gigi, gusi, dan mulut meski hanya sementara. 

Meski begitu, akupresur tidak dapat mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya. Segera konsultasi dengan dokter gigi bila sakit gigi disertai gejala seperti:

  • rasa sakit memburuk dan tidak tertahankan,
  • sakit kepala parah,
  • demam tinggi,
  • keluar nanah dari abses gigi,
  • pembengkakan mulut, wajah, atau leher,
  • kesulitan menelan atau bernapas, dan
  • gusi berdarah.

Sebagai terapi komplementer, pijatan pada titik akupresur untuk sakit gigi juga bisa mendukung pengobatan yang Anda lakukan dengan dokter gigi.

Selain itu, pastikan Anda juga rutin berkunjung ke dokter gigi enam bulan sekali untuk mencegah masalah gigi agar tidak kambuh lagi.

Kesimpulan

  • Akupresur efektif sebagai terapi komplementer untuk meredakan sakit gigi meski hanya sementara dan tidak mengobati penyebab sakit gigi sepenuhnya.
  • Segera periksa diri ke dokter gigi bila sakit gigi memburuk dan tidak tertahankan, serta diikuti munculnya gejala-gejala lain.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan