Waspadai 7 Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri

    Waspadai 7 Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri

    Payudara nyeri sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah pada payudara wanita itu sendiri atau gangguan pada organ tubuh di balik dada sebelah kiri, seperti jantung. Cara mengatasi payudara nyeri sebelah kiri pun bisa berbeda tergantung pada penyebabnya.

    Bukan cuma wanita dewasa, kondisi ini juga bisa terjadi pada remaja putri. Lantas, kenapa payudara sebelah kiri terasa sakit dan bagaimana cara mengatasinya? Simak jawabannya di sini.

    Waspadai serangan jantung bila merasakan payudara nyeri sebelah kiri

    Hal pertama yang harus segera Anda pastikan bila merasakan sakit payudara di sebelah kiri adalah kondisi jantung Anda. Ini karena jantung terletak di rongga dada sebelah kiri.

    Bila Anda melihat di film-film, orang yang mengalami serangan jantung merasakan sakit yang hebat di dadanya hingga tersungkur ke lantai. Pada wanita, gejalanya mungkin tidak sedramatis itu.

    Namun, secara umum gejala serangan jantung meliputi sebagai berikut.

    • Nyeri dada (tapi tidak selalu).
    • Nyeri atau tekanan di dada bagian bawah atau perut bagian atas.
    • Sakit rahang, leher, atau punggung atas.
    • Mual atau muntah.
    • Sesak napas.
    • Pingsan.
    • Gangguan pencernaan.
    • Sangat lelah.

    Bila Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau faktor-faktor risiko penyakit jantung, sebaiknya Anda waspada bila merasakan payudara sebelah kiri nyeri.

    Untuk memastikan jantung Anda baik-baik saja, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

    Kebanyakan wanita tidak menyadari dirinya mengalami serangan jantung karena gejalanya yang samar.

    Beberapa penyebab payudara nyeri sebelah kiri lainnya

    cara mengencangkan payudara kendur

    Jika Anda sudah memastikan bahwa hal itu bukan karena kondisi jantung, ada beberapa penyebab lain yang perlu Anda cari tahu.

    Secara umum, berikut ini beberapa penyebab payudara nyeri sebelah kiri yang mungkin Anda alami.

    1. Cedera pada payudara

    Ketika payudara Anda mengalami cedera, memar dan nyeri yang Anda rasakan mungkin masih bertahan dalam waktu yang cukup lama.

    Kadang-kadang, cedera tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kelenjar lemak di payudara yang bengkak hingga muncul rasa nyeri.

    2. Efek samping operasi payudara

    Ada beberapa efek samping yang mungkin Anda alami setelah melakukan operasi payudara, baik untuk tujuan kecantikan maupun alasan medis.

    Salah satunya adalah rasa nyeri di sebelah kiri bila bagian payudara ini yang mendapat operasi. Selain itu, Anda mungkin mengalami gejala seperti sensasi panas dan nyeri di puting susu.

    3. Masalah pada kelenjar ASI

    Infeksi atau peradangan bisa terjadi pada kelenjar ASI salah satu payudara. Hal ini juga bisa menyebabkan payudara sebelah kiri terasa sakit.

    Masalah yang mungkin terjadi, seperti mastitis, ekasia kelenjar ASI, dan berjamur. Selain itu, benjolan kista payudara dan fibroadenomas juga bisa menimbulkan rasa sakit pada payudara sebelah kiri.

    4. Pengaruh hormonal

    Perubahan hormonal juga bisa menyebabkan payudara terasa sakit, baik di sebelah kiri atau kanan saja. Ini disebut juga dengan cyclical mastalgia, yaitu nyeri payudara yang berkaitan dengan siklus haid.

    Melansir situs Johns Hopkins Medicine, kebanyakan wanita mengalami mastalgia pada masa suburnya, kemudian berlanjut sampai memasuki periode haid.

    5. Kanker payudara inflamasi

    SADARI kanker payudara

    Pada umumnya, nyeri pada salah satu atau kedua payudara bukanlah gejala kanker payudara. Meski begitu, ada salah satu jenis kanker payudara yang diawali rasa nyeri akibat peradangan, yaitu kanker payudara inflamasi.

    Melansir situs National Cancer Institute, kanker payudara inflamasi masih langka. Kondisi ini pun dapat diantisipasi dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin.

    6. Masalah lainnya di sekitar payudara

    Nyeri pada payudara bisa jadi adalah imbas dari masalah yang terjadi pada organ-organ tubuh di dekatnya, seperti kostokondritis, penyakit GERD, fibromyalgia, dan pneumonia.

    Selain masalah pada organ tubuh lain, sakit pada payudara sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penyakit pada permukaan kulit, seperti cacar air, alergi, iritasi, dan sebagainya.

    7. Penggunaan bra yang tidak tepat

    Di samping masalah-masalah yang disebutkan di atas, nyeri yang terjadi di payudara sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penggunaan bra yang tidak tepat.

    Ukuran bra yang tidak sesuai, misalnya terlalu ketat, paling sering menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara. Apalagi bila ukuran payudara sebelah kanan dan kiri tidak simetris, sehingga salah satunya akan lebih tertekan bra.

    Kenapa payudara sebelah kiri nyeri pada remaja?

    Payudara nyeri juga kerap dialami oleh remaja putri. Ini biasanya karena perubahan hormonal yang terjadi seiring pertumbuhan payudara.

    Selain nyeri, Anda mungkin merasakan benjolan pada payudara. Hal ini sangat wajar, sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

    Bila rasa nyerinya cukup mengganggu, tanyakan kepada dokter obat apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengatasinya.

    Bagaimana cara mengatasi payudara nyeri sebelah kiri?

    penyebab nyeri payudara sakit

    Nyeri pada payudara memang sering kali datang secara tiba-tiba dan tidak bisa dicegah .

    Namun, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat sebagai salah satu cara mengatasi payudara nyeri sebelah kiri, di antaranya:

    Bila Anda mencurigai penyebab yang tidak wajar kenapa payudara sebelah kiri sakit, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikannya.

    Terlebih lagi, bila Anda memperhatikan rasa nyeri tidak kunjung hilang selama lebih dari tiga minggu.

    Dokter mungkin akan membantu mencari tahu penyebab nyeri dengan melakukan pemeriksaan fisik atau bentuk payudara dan tes penunjang lain, seperti mammografi, ultrasonografi, atau biopsi jika diperlukan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 01/09/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan