home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-Hati! Ada 6 Dampak Salah Pilih Ukuran Bra untuk Tubuh

Hati-Hati! Ada 6 Dampak Salah Pilih Ukuran Bra untuk Tubuh

Sudahkah Anda memperhatikan kesehatan payudara? Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan ukuran bra yang sesuai. Secara tidak sadar, bisa saja Anda menggunakan ukuran bra yang sedikit kebesaran atau malah lebih kecil dari ukuran seharusnya. Selain merasa kesempitan, ada dampak atau bahaya salah pilih ukuran bra untuk payudara hingga area tubuh lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengapa perlu memilih ukuran bra yang tepat?

dampak salah pilih ukuran bra

Seiring bertambahnya usia, menjaga kesehatan payudara merupakan hal yang penting agar Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan wanita yang berhubungan dengan payudara.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan tidak sembarangan memilih ukuran bra. Seara umum, bra memiliki manfaat untuk:

  • mengurangi goncangan pada payudara saat berkegiatan,
  • membentuk tampilan payudara lebih indah, serta
  • membentuk postur tubuh.

Mengutip dari John Hopkins All Children’s Hospital, memakai bra dengan ukuran yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan karena organ yang satu ini tertopang dengan baik.

Tujuannya tentu saja untuk bantu mencegah cedera pada jaringan payudara. Memilih bra yang tepat juga membantu terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mengintai.

Apa saja dampak salah pilih ukuran bra?

dampak salah pilih ukuran bra

Mengutip dari National Breast Cancer Foundation, 4 dari 5 wanita menggunakan ukuran bra yang salah atau tidak sesuai.

Akibat utama salah pilih ukuran bra baik itu BH kebesaran atau kekecilan adalah akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Nah, apabila Anda terbiasa menggunakan bra yang terlalu ketat, hal ini bisa memicu bahaya atau masalah kesehatan tertentu.

Berikut adalah dampak atau bahaya dari salah pilih ukuran bra.

1. Nyeri payudara

Nyeri payudara dan dada merupakan hal yang sangat normal terjadi pada kehidupan wanita. Sebagai contoh, saat Anda sedang menyusui, menstruasi, hamil, hingga ada di fase perimenopause.

Namun, kondisi ini juga bisa muncul sebagai dampak dari salah pilih ukuran bra, yaitu terlalu ketat atau kekecilan. Ini karena jaringan payudara mengalami tekanan berlebih dari bra yang dipakai setiap hari.

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena ligamen yang menghubungkan payudara ke dinding dada terlalu meregang sehingga mengakibatkan rasa nyeri.

2. Masalah kulit

Akibat atau dampak lainnya dari salah pilih ukuran bra adalah Anda bisa mengalami masalah kulit seperti dermatitis, folikulitis, ruam, hingga gatal-gatal.

Pakaian atau bra yang terlalu ketat akan menggesek bagian kulit sehingga menyebabkan keringat berlebih dan memicu iritasi serta peradangan.

Lalu, bakteri atau jamur di permukaan kulit pun akan lebih mudah menembus ke dalam folikel rambut sehingga mengakibatkan infeksi.

3. Sakit punggung

Masalah paling umum dari ukuran bra adalah cup yang terlalu kecil serta tali yang terlalu longgar.

Maka dari itu, dampak salah pilih ukuran bra apabila kekecilan adalah ketidaknyamanan hingga sakit punggung. Hal ini karena bra dapat memberikan tekanan pada bagian tulang belakang Anda.

Sementara itu, bra atau tali yang ukurannya terlalu longgar tidak bisa menopang dada dengan baik.

Bagi wanita yang mempunyai ukuran dada cukup besar, ini mengakibatkan otot punggung harus bekerja lebih keras dan menahan beban payudara sehingga menyebabkan sakit punggung.

4. Sakit bahu dan leher

Tak hanya punggung, bra yang terlalu ketat juga dapat memengaruhi area bahu serta leher Anda. Tekanan saraf sepanjang bahu bisa mengakibatkan mati rasa dan kesemutan pada jari.

Maka dari itu, salah satu dampak salah pilih ukuran bra lainnya adalah sakit bahu dan leher.

Apalagi, saat tali bra meninggalkan bekas merah pada kulit yang bisa memicu terjadinya sindrom kostoklavikularis.

Tali bra dapat menekan pembuluh darah dan arteri di sekitar leher serta bahu. Hal ini pula yang juga mengakibatkan tekanan ke bawah tulang selangka sehingga area bahu hingga lengan terasa sakit.

5. Sakit kepala

Dampak atau bahaya lainnya dari salah pilih ukuran bra bisa menyebabkan kurangnya dukungan pada belahan dada.

Hal tersebut membuat otot leher dan otot punggung bagian atas harus bekerja lebih keras untuk menopang beban payudara.

Akibatnya, leher terlalu banyak bekerja sehingga bisa mengakibatkan sakit kepala, yang dikenal sebagai sakit kepala belakang atau sakit kepala cervicogenic.

Namun, risiko sakit kepala dari menggunakan bh yang kekecilan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Masalah payudara lainnya

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, ada pula masalah payudara lainnya yang mungkin bisa terjadi dari salah pilih ukuran bra.

Penggunaan ukuran bra yang salah, terutama pada jenis bra olahraga, bisa meningkatkan risiko gangguan pada ligamen payudara.

Hal ini bisa ditandai dengan rasa nyeri di sekitar payudara dan menyebabkan payudara kendur.

Lalu, ada pula bahaya lainnya dari penggunaan bra ketat sesuai dalam penelitian Wearing a Tight Bra for Many Hours a Day is Associated with Increased Risk of Breast Cancer.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan adanya korelasi antara penggunaan bra ketat selama beberapa jam per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk menghindari berbagai dampak negatif karena salah pilih ukuran bra, mulai sekarang perhatikan kenyamanan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

McGhee, D., & Steele, J. (2010). Optimising breast support in female patients through correct bra fit. A cross-sectional study. Journal Of Science And Medicine In Sport, 13(6), 568-572. doi: 10.1016/j.jsams.2010.03.003

Polito, M., De Cicco, P., & Apicella, R. (2014). Tight Bra in a 34-Year-Old Woman: An Unusual Cause of Mondor’s Disease. Annals Of Vascular Diseases, 7(2), 149-151. doi: 10.3400/avd.cr.13-00112

Wood, K., Cameron, M., & Fitzgerald, K. (2008). Breast size, bra fit and thoracic pain in young women: a correlational study. Chiropractic & Osteopathy, 16(1), 1. doi: 10.1186/1746-1340-16-1

Finding the Right Bra. (2021). Retrieved 22 March 2021, from https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/Finding-the-Right-Bra?id=0

Breast Pain: 10 Reasons Your Breasts May Hurt. (2021). Retrieved 22 March 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/breast-pain-10-reasons-your-breasts-may-hurt

Brown, K. (2021). Breast Pain Causes and Diagnosis: Johns Hopkins Breast Center. Retrieved 22 March 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/breast_center/breast_cancers_other_conditions/breast_pain.html

Wearing a Tight Bra for Many Hours a Day is Associated with Increased Risk of Breast Cancer. (2016). Journal Of Oncology Research And Treatment, 1(1), 1-5. Retrieved from https://www.omicsonline.org/open-access/wearing-a-tight-bra-for-many-hours-a-day-is-associated-with-increasedrisk-of-breast-cancer-aot-1000105.php?aid=72034

Bra Fit Guide – National Breast Cancer Foundation. (2021). Retrieved 22 March 2021, from https://www.nationalbreastcancer.org/bra-fit-guide/

Can You Blame a Poorly Fitted Bra for Your Back Pain?. (2019). Retrieved 22 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/can-you-blame-a-poorly-fitted-bra-for-your-back-pain/

Articles, H., & Pain, S. (2021). Is Your Bra Responsible for Chronic Neck, Shoulder and Back Pain?. Retrieved 22 March 2021, from https://www.practo.com/healthfeed/is-your-bra-responsible-for-chronic-neck-shoulder-and-back-pain-40352/post

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x