Benarkah Kista Membuat Sulit Hamil atau Mengganggu Kesuburan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kondisi tubuh ibu harus dipersiapkan dengan baik agar janin bisa bertumbuh dan berkembang di dalam rahim. Namun, ada  kondisi  yang dapat menghalangi terjadinya kehamilan, salah satunya kista di dalam ovarium.  Bahkan, ada anggap kista yang sebelum hamil dapat menjadi penyebab Anda tidak subur dan sulit hamil. Akan tetapi, benarkah kista membuat sulit hamil?

Apakah benar kista penyebab sulit hamil?

Pada umumnya, sebagian besar wanita khawatir kista ovarium dapat menghalangi terjadinya kehamilan. Pasalnya, banyak yang menyatakan bahwa kista yang telah berada di dalam ovarium akan membuat wanita yang memilikinya sulit hamil. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Mengapa demikian? Tidak semua kista yang berada di dalam ovarium dapat menjadi penyebab Anda sulit hamil. Ada beberapa jenis kista yang tidak akan memiliki pengaruh apapun terhadap kesuburan Anda, sehingga tidak memengaruhi kemungkinan Anda untuk segera hamil.

Akan tetapi, sebagian dari jenis kista lain memang dapat menjadi penyebab sulit hamil karena berpengaruh pada kesuburan. Jadi, untuk mengetahui apakah kista yang berada di dalam ovarium dapat membuat Anda sulit hamil atau tidak, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis kista yang berada di dalam ovarium Anda.

Kista yang tidak memengaruhi kesuburan

Menurut sebuah artikel yang dimuat pada Mayo Clinic, berikut adalah beberapa jenis kista yang tidak dapat memberikan pengaruh terhadap kesuburan wanita meski berlokasi pada ovarium.

1. Kista fungsional

Di antara jenis kista lainnya, kista fungsional termasuk salah satu jenis kista yang paling umum. Kista fungsional terbentuk pada saat siklus menstruasi normal. Keberadaan kista ini tidak memiliki pengaruh tertentu pada kesuburan wanita.

Uniknya, keberadaan kista fungsional ini menunjukkan bahwa Anda sedang dalam masa subur. Akan tetapi Anda juga tidak perlu khawatir, karena kista ini akan hilang dengan sendirinya tanpa membutuhkan perawatan khusus.

2. Kistadenoma

Jenis kista berikutnya yang keberadaannya juga tidak akan memengaruhi kesuburan Anda adalah kistadenoma. Kista ini tumbuh di dalam ovarium atau indung telur. Kistadenoma timbul dari permukaan ovarium Anda. Meski tidak membuat Anda sulit hamil, tapi kista ini dapat tumbuh hingga berukuran besar.

Oleh karena itu, Anda tetap membutuhkan penanganan khusus jika ingin menghilangkan kista ini dari dalam ovarium Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kista ini masih tergolong aman terhadap kesuburan Anda.

3. Kista dermoid

Jenis ketiga kista yang tidak mengganggu kesuburan yaitu kista dermoid. Sedikit berbeda dengan jenis kista lainnya, kista ini mengandung jaringan dan bukannya cairan. Meski begitu, kista ini tidak memiliki dampak apapun terhadap kesuburan Anda. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir jika sedang dalam program hamil.

Meski ketiga jenis kista yang telah disebutkan di atas tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kesuburan Anda, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi kepada dokter mengenai keberadaan kista tersebut. Lalu, tanyakan pula mengenai perawatan untuk mengatasi kista yang berada pada ovarium ini.

Anda juga perlu tahu apa saja yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda agar cepat hamil. Meski tidak membuat Anda sulit hamil,  tidak disarankan membiarkan kondisi ini tanpa penanganan. Pasalnya, kista bisa tumbuh dan berukuran besar serta terasa menyakitkan. Lama-kelamaan, keberadaan kista yang tak kunjung diobati ini mungkin bisa juga membuat Anda sulit hamil.

Kista yang bisa membuat sulit hamil

Di sisi lain, ada beberapa jenis kista yang justru harus lebih Anda perhatikan. Hal ini disebabkan, jenis kista ini dapat membuat Anda sulit hamil. Bahkan, ada pula kista ovarium yang dapat membuat rahim Anda perlu diangkat.  Lalu, apa saja kista yang bisa menjadi penyebab Anda sulit hamil dan punya anak?

1. Endometrioma

Kista yang dapat menjadi penyebab Anda sulit hamil ini adalah kista yang terbentuk akibat endometriosis. Endometriosis sendiri adalah suatu kondisi di mana jaringan yang membungkus rahim atau endometrium, tumbuh di luar rahim. Jika kista yang telah disebutkan sebelumnya tidak memengaruhi kesuburan, endometrioma dapat membuat Anda sulit hamil. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan kondisi ke dokter untuk mengetahui apakah ada kista di dalam ovarium Anda atau tidak.

2. Kista ovarium akibat sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik atau yang bisa juga disebut sebagai PCOS merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan banyaknya kista kecil yang timbul pada ovarium. Selain itu, tanda lain dari adanya kista atau PCOS yang dapat membuat Anda sulit hamil ini adalah periode menstruasi yang tidak teratur dan meningkatnya kadar hormon tertentu.

Oleh karena berhubungan dengan menstruasi yang tidak teratur, maka sindrom ovarium polikistik dapat menyebabkan masalah kesuburan pada beberapa wanita, sehingga membuat wanita yang mengalami PCOS lebih sulit hamil.

Cara mendeteksi kista penyebab sulit hamil

Kista ovarium sebenarnya tidak berbahaya hingga membuat sulit hamil, apabila kondisi ini segera ditangani. Bahkan, sebagian kista ovarium yang diduga dapat hilang dengan sendirinya tanpa Anda ketahui.

Namun, kista ovarium dianggap berbahaya jika ukurannya besar, tidak hilang, atau bahkan pecah. Kista juga bisa berbahaya jika kista ovarium terjadi saat hamilKeberadaan kista ovarium tersebut mampu memberikan rasa yang tidak nyaman ataupun dapat menimbulkan gejala khas kista ovarium

Sayangnya, kista ovarium yang masih berukuran kecil biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu. Oleh sebab itu, Anda mungkin tidak akan merasa curiga akan keberadaan kista yang dapat membuat Anda sulit hamil di dalam ovarium. 

Untuk dapat mengetahui keberadaan kista yang mungkin membuat Anda sulit hamil, Anda harus memeriksakan diri ke dokter kandungan. Biasanya, karena Anda tidak menyadari keberadaannya saat masih berukuran kecil. Anda baru mengetahuinya setelah ukuran kista ini membesar.

Jika sudah dalam ukuran yang besar, kista yang berada di dalam ovarium berpotensi untuk menyebabkan berbagai penyakit lain yang dapat memberi dampak buruk pada kesehatan Anda. Oleh karena itu, periksa ke dokter jika Anda mengalami keluhan atau gejala yang kemungkinan menandakan kista pada ovarium Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kista Hati (Kista Hepar)

Kista hepar, atau disebut juga kista hati, adalah kantung yang berisi cairan yang muncul di hati. Kondisi ini dialami sekitar 5% dari total populasi dunia.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mengontrol dan mencegah penyakit ini di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Mioma Uteri (Fibroid Rahim)

Mioma uteri adalah sel otot rahim yang tumbuh secara abnormal, tetapi tidak memiliki sifat kanker. Apa saja gejalanya? Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Fibroid Rahim, Kesehatan Wanita 3 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Oligospermia (Jumlah Sperma Rendah)

Oligospermia merupakan kondisi jumlah sperma sedikit/rendah pada seseorang. Ini menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 3 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
menopause

Menopause

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

6 Hal yang Katanya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi. Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
azoospermia adalah

Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit