home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Anda Mengidap Kista Ovarium? Cari Tahu Gejalanya di Sini

Apakah Anda Mengidap Kista Ovarium? Cari Tahu Gejalanya di Sini

Kista ovarium merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita. Biasanya kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda tahu. Namun, kista ovarium yang sudah besar dapat menunjukkan beberapa gejala. Apa saja gejala yang mungkin muncul?

Apa itu kista ovarium?

Setiap wanita memiliki dua ovarium yang setiap bulannya akan melepaskan sel telur secara bergantian. Terkadang kista (kantung kecil berisi cairan) bisa berkembang di salah satu ovarium.

Mungkin Anda pernah mengalaminya tanpa Anda ketahui. Banyak wanita memiliki kista setidaknya satu kali selama hidupnya. Namun, umumnya ini tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Bahkan, kista ovarium ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah ketika kista ini tidak hilang, malah makin membesar, dan pecah. Kista jenis inilah yang biasanya dapat menimbulkan gejala kista ovarium dan membuat Anda tidak nyaman. Ada dua jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Kista ovarium fungsional: Kista yang berkembang karena bagian dari siklus menstruasi. Jenis kista ini tidak berbahaya dan mudah untuk hilang dengan sendirinya. Ini merupakan jenis kista yang paling umum.
  • Kista ovarium patologis: Kista ini berkembang karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya kista ini menimbulkan gejala dan perlu perawatan khusus untuk menanganinya. Kista jenis ini bisa jinak atau ganas (kanker).

Apa saja gejala kista ovarium?

Pada umumnya kista ovarium yang kecil tidak menyebabkan gejala apapun dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kista ovarium yang besar, pecah, tak kunjung hilang dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri perut bagian bawah (nyeri panggul), yang bisa datang dan pergi, serta bisa menyebar ke daerah punggung bawah dan paha.
  • Nyeri panggul sebelum dan sesudah menstruasi.
  • Menstruasi tidak teratur, bahkan bisa menyakitkan, lebih berat, atau lebih ringan dari biasanya.
  • Sakit dan merasa tidak nyaman di bagian bawah perut saat berhubungan seksual (dispareunia).
  • Perut terasa tertekan.
  • Merasa kembung atau bengkak pada perut.
  • Kesulitan buang air besar atau sakit saat buang air besar.
  • Lebih sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih atau Anda mengalami kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih.
  • Merasa sangat kenyang setelah makan hanya sedikit.
  • Mual, muntah, atau nyeri pada payudara, seperti yang dirasakan saat hamil.

Gejala kista ovarium membutuhkan penanganan darurat

Terkadang kista ovarium juga membutuhkan perhatian darurat, artinya Anda harus segera ke dokter pada saat ini. Pergilah segera ke dokter jika Anda mengalami gejala berikut ini:

  • Sakit perut yang parah secara tiba-tiba.
  • Nyeri disertai demam dan muntah.
  • Pusing, merasa lemas dan ingin pingsan.
  • Napas lebih cepat.

Gejala tersebut mungkin menunjukkan bahwa kista di ovarium Anda telah menyebabkan perubahan pada ovarium. Pada kondisi di atas, Anda harus segera mendapat penanganan dokter.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Todd, N. (2017). What Is an Ovarian Cyst?. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/women/guide/ovarian-cysts#1 [Accessed 5 Apr. 2017].

Nordqvist, C. (2015). Ovarian Cysts: Causes, Symptoms and Treatments. [online] Available at: http://www.medicalnewstoday.com/articles/179031.php [Accessed 5 Apr. 2017].

Mayo Clinic. (2014). Ovarian cysts Symptoms – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ovarian-cysts/basics/symptoms/con-20019937 [Accessed 5 Apr. 2017].

Healthline. Ovarian Cysts. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/ovarian-cysts?m=0#overview1 [Accessed 5 Apr. 2017].

Pubmed Health. Ovaryan Cyst. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMHT0024727/ [Accesed 6 Apr.2017]

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 06/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x