home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kelebihan dan Kekurangan Tato Alis

Kelebihan dan Kekurangan Tato Alis

Alis adalah bingkai wajah yang memiliki fungsi sosial penting sebagai penanda ekspresi emosional dan proses pengenalan wajah. Sayangnya, alis lebat dan penuh bukanlah suatu fitur wajah yang otomatis mengikuti semua wanita sejak lahir. Maka dari itu, banyak wanita yang menginginkan untuk memperbaiki penampilan mereka dengan mendapatkan sepasang alis cantik nan lebat, namun masih terlihat natural.

Jika Anda memiliki alis tipis (atau bahkan kehilangan alis kesayangan Anda akibat insiden tertentu), tetap mungkin untuk memiliki alis penuh tanpa menggunakan makeup atau suplemen penumbuh rambut tertentu. Tahukah Anda bahwa tato alis adalah salah satu tren kecantikan terbaru yang sedang digandrungi oleh banyak wanita dari segala kalangan dan usia belakangan ini?

Tren makeup permanen, seperti tato alis, tampak seperti ide yang baik dan menghemat waktu. Wanita yang memiliki alis tipis atau terlihat botak mungkin akan terpengaruh oleh fakta bahwa riasan permanen dapat memberikan tampilan alis indah tanpa harus repot berkutat dengan pensil dan kuas.

Bagaimana prosedur tato alis dilakukan?

Prosedur tato alis dilakukan melalui proses mikropigmentasi untuk menempatkan tinta permanen pada lapisan teratas dermis, sehingga menghasilkan bentuk dan warna alis yang bertahan selama kurang lebih satu tahun. Perangkat yang digunakan termasuk mesin tato, pen atau pensil elektronik yang berfungsi menciptakan sapuan kuas guna meniru penampilan rambut alis asli. Berikut langkah-langkahnya secara singkat:

  1. Teknisi tato alis akan menentukan nuansa warna dan bentuk alis baru Anda sesuai dengan bentuk wajah, dilakukan pada konsultasi pertama.
  2. Krim bius akan dioleskan di area sekitar alis agar prosedur tato tidak terasa menyakitkan.
  3. Teknisi akan mulai mengkreasikan bentuk alis Anda yang baru. Umumnya, Anda tidak perlu mencukur habis alis lama Anda. Ia akan membuat alis baru mengikuti arah pertumbuhan alis alami dan menerapkan beberapa pigmen warna permanen pada setiap guratan alis Anda.
  4. Anda akan diberikan salep atau krim perawatan untuk membantu percepatan proses pemulihan alis.
  5. Pada pertemuan selanjutnya, teknisi tato alis dapat memberikan layanan tambahan untuk menyempurnakan alis baru Anda semakin mendekati tampilan alami.

Tetapi, riasan permanen bukannya hadir tanpa kontroversi. Sebelum Anda memutuskan untuk menato alis Anda, ada baiknya untuk menimbang baik-buruknya dengan bijak.

Apa saja kelebihan tato alis?

1. Hemat waktu dan biaya

Memiliki alis permanen dapat mempersingkat rutinitas makeup Anda. Ketika Anda membingkai alis dengan pensil atau maskara alis, Anda membutuhkan banyak waktu untuk menggambar dan mengisi kekosongan, atau bahkan mengulang keseluruhan proses akibat tampilan yang tidak simetris antara keduanya. Anda tidak harus lagi melalui penderitaan sesi cabut alis. Alis yang luntur atau memudar akibat keringat juga bukan lagi masalah untuk Anda

Dengan tato alis, Anda tidak akan lagi harus membuang begitu banyak waktu untuk menata makeup Anda. Anda dapat terbangun di pagi hari, setiap hari, dengan alis penuh dan indah dengan sedikit jerih payah. Memang mahal, namun dalam jangka panjang Anda akan dapat menghemat uang dalam jumlah besar dengan tidak lagi harus berinvestasi pada produk makeup alis.

2. Penampilan keseluruhan wajah yang lebih selaras

Sepasang alis lebat, indah, nan simetris dapat membuat penampilan wajah terlihat lebih tirus dan terawat, hingga membantu membuat mata tampak terlihat lebih besar. Beberapa wanita bahkan dapat memilih untuk mencukur habis alis alaminya sebelum menjalani proses tato alis, guna memudahkan dalam perawatan alis barunya.

3. Memudahkan Anda yang memiliki kondisi medis tertentu

Riasan permanen dapat membantu penderita alergi terhadap bahan kimia tertentu dalam makeup (beberapa produk tinta tato alis tersedia dalam versi vegan dan non-gliserin), juga mereka yang memiliki keterbatasan gerak yang menyulitkan mereka untuk merias wajah, seperti pasca-stroke atau kondisi tertentu, misalnya Bell’s palsy.

Beberapa wanita dan pria memiliki kondisi yang disebut alopecia, yang menyebabkan mereka kehilangan semua rambut tubuhnya, termasuk rambut alis. Tato alis dapat membantu mereka mengembalikan alis mereka seperti sedia kala — bahkan lebih baik lagi — dengan memberikan warna dan bentuk yang sesuai, membantu menyamarkan kebotakan.

Apa saja kekurangan dari tato alis?

1. Satu kali kesempatan saja

Kelemahan utama alis tato adalah Anda mungkin akan terjebak dengan apa yang Anda dapatkan — dan mungkin tidak disukai — pada percobaan pertama. Artinya, begitu Anda mendapat tato alis, sangat sedikit upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ‘tragedi’ yang mungkin terjadi.

Seberapa permanen hasil tato alis? Hal ini akan tergantung pada setiap orang. Beberapa orang dapat memerlukan prosedur touch-up setelah setahun, sementara yang lainnya akan memiliki sepasang tato alis selamanya. Hal ini dapat menguntungkan jika Anda benar-benar jatuh hati pada desain dan warna baru tato Anda.

Seiring waktu, pada kasus tertentu, beberapa warna dapat bermigrasi dalam kulit, dan hasilnya bisa sangat menyeramkan. Hal ini paling mungkin terjadi saat seorang praktisi tato alis menggunakan tinta hitam India (yang seharusnya tidak boleh digunakan dalam proses mikropigmentasi) untuk proses pewarnaannya. Pigmentasi tinta hitam India memiliki ukuran partikel sangat kecil, sehingga hampir seperti melunturi kulit. Sementara itu, pigmen oksida besi tidak bereaksi secara metabolik. Hanya ada sejumlah kecil yang dapat bermigrasi dengan oksida besi.

2. Tren yang selalu berubah

Alis indah lebat adalah tren yang diunggulkan beberapa waktu belakangan ini. Lebih dari satu dekade lalu, alis yang simetris adalah kiblat fashion dunia, kemudian berubah menjadi alis tipis mencuat tinggi, yang sampai saat ini tergantikan oleh alis tebal seperti tidak terawat. Perubahan mode dan bentuk alis yang tidak dapat diduga dapat membuat alis permanen Anda ketinggalan zaman di lain waktu.

Selain faktor mode, kulit Anda pun akan mengalami perubahan signifikan seiring bertambahnya usia. Kulit kencang dan lembut yang Anda miliki di usia 20-30 tahunan tidak akan sama saat Anda berusia 50 tahun nanti. Ini adalah satu hal yang harus anda pertimbangkan masak-masak sebelum Anda membulatkan tekad menato alis Anda. Kulit di pertengahan usia akan mulai melorot, yang dapat mengubah penampilan alis permanen Anda.

3. Infeksi dan efek samping lainnya

Seorang teknisi tato alis yang handal harus mampu menggunakan anestesi secara tepat untuk benar-benar memblokir rasa sakit — terutama saat bekerja di dekat daerah berisiko, seperti bibir dan mata, dimana satu gerakan keliru dapat berakibat fatal.

Dilansir dari Wired, sebuah laporan terbitan Clinical infectious Diseases menemukan sekelompok infeksi di Swiss pada wanita yang menjalani prosedur tato alis: 12 orang mengalami infeksi, 10 orang memerlukan operasi, dan 9 orang lainnya memerlukan pengangkatan tidak hanya pada alis, namun juga keseluruhan atau sebagian kelenjar parotid — kelenjar ludah besar di depan telinga, di mana kelompok saraf wajah utama bermigrasi. Semua wanita ini memiliki gejala mirip: ruam merah di sekitar alis 2-7 minggu setelah prosedur yang diikuti oleh rasa sakit dan pembengkakan. Beberapa kelenjar parotid pada responden membengkak, yang lainnya mengembangkan fistula (kelenjar yang terinfeksi terkuras melalui kulit). Setelah diperiksa, tinta tato yang digunakan dalam prosedur tato alis tersebut telah dicairkan dengan air keran yang terkontaminasi bakteri M. haemophilum.

Peralatan tato, termasuk jarum, yang tidak steril juga dapat menularkan penyakit, seperti HIV/AIDS dan hepatitis.

Akan tetapi, pada umumnya, selain rasa nyeri ringan setelah prosedur, efek samping tato alis akan jarang terjadi dengan penanganan dari teknisi terampil dan bersertifikat di bidangnya, atau dengan pengawasan dokter sebagai pihak ketiga.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How Safe Is Permanent Makeup? http://www.webmd.com/beauty/makeup/how-safe-permanent-makeup?page=2 accessed August 8, 2016

Pros & Cons of Permanent Eyebrows http://www.livestrong.com/article/43898-pros-cons-permanent-eyebrows/ accessed August 8, 2016

6 VITAL PROS AND CONS OF EYEBROW TATTOOS http://nlcatp.org/6-vital-pros-and-cons-of-eyebrow-tattoos/ accessed August 8, 2016

Dangerous makeup: Eyebrow tattoo infections http://www.wired.com/2011/01/dangerous-makeup-tattoo/ accessed August 8, 2016

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 13/08/2016
x