backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Ingin Coba Threading Alis? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 02/02/2024

Ingin Coba Threading Alis? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Bagi banyak wanita, memiliki alis rapi dan simetris bisa menunjang kecantikan dan kepercayaan diri. Untuk itu, banyak wanita melakukan berbagai cara untuk membentuk alis, salah satunya dengan threading alis. 

Ketahui prosedur, hasil, dan efek samping threading alis dalam ulasan berikut.

Apa itu threading alis?

Threading alis adalah cara menghilangkan bulu alis dengan menggunakan benang. Threading dilakukan untuk memperbaiki bentuk alis dengan hasil yang lebih rapi dan bersih.

Prosedur ini biasanya tidak memakan waktu yang lama untuk membentuk alis yang diinginkan.

Selain itu, hasil pencabutan rambut dengan benang juga akan cenderung terlihat lebih alami karena alis dihilangkan satu per satu.

Meskipun threading lebih praktis, prosedur ini sangat sulit untuk dilakukan. Jika ingin melakukan threading alis, Anda harus pergi ke klinik kecantikan yang memiliki terapis kecantikan terlatih.

Sebelum Anda mulai melakukan perawatan ini, pastikan bahwa benang yang digunakan masih baru dan bersih.

Pastikan juga tangan terapis Anda sudah bersih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan penyakit tertentu.

Prosedur threading alis 

prosedur threading alis

Threading alis dilakukan dengan menggunakan benang gulungan. Pertama-tama, tali diikat menjadi lingkaran.

Kemudian, lingkaran tersebut diputar beberapa kali hingga berbentuk menyerupai jam pasir. Terapis kecantikan akan meletakkan benang tersebut di atas rambut yang perlu disingkirkan.

Gerakannya seperti menggunting kertas dengan satu tangan membuka lingkaran sedangkan satu tangan lainnya bergerak menutup.

Teknik ini harus dilakukan secara cepat dan melintasi alis. Teknik menggunting dengan benang ini termasuk sulit, sehingga orang-orang yang melakukannya harus dilatih secara khusus.

Perawatan ini paling cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebab threading tidak membuat kulit jadi tertarik atau meregang seperti waxing.

Threading juga dapat menjangkau rambut-rambut yang pendek sehingga hasilnya akan lebih rapi.

Setelah melakukan prosedur ini, biasanya ahli kecantikan akan mengaplikasikan losion atau krim. Threading alis dapat bertahan antara 2 hingga 3 minggu.

Berapa biaya threading alis?

Biaya threading alis bisa berbeda-beda di setiap klinik kecantikan. Namun, rata-rata biaya threading alis berkisar antara Rp45.000 – Rp375.000.

Risiko efek samping threading alis

Threading alis bisa dibilang cara yang aman untuk mencabut alis supaya bentuknya menjadi lebih rapi.

Meski begitu, tetap ada kemungkinan munculnya efek samping berikut setelah melakukan perawatan.

Berikut ini beberapa risiko efek samping yang mungkin terjadi setelah melakukan prosedur pencabutan alis ini.

1. Infeksi

Menggunakan benang yang tidak bersih saat melakukan prosedur ini dapat mentransfer bakteri ke kulit, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Menurut studi dalam Indian Journal of Dermatology, terdapat laporan kasus moluskum kontagiosum ada sejumlah orang yang melakukan threading alis.

Moluskum kontagiosum adalah infeksi kulit menular yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna merah di kulit. 

Oleh sebab itu, pastikan terapis kecantikan menggunakan benang yang bersih untuk mengurangi kemungkinan infeksi bakteri.

Jika area alis mengalami infeksi, kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Rasa nyeri

Rasa sakit atau nyeri di sekitar alis merupakan efek samping threading alis yang paling umum. Ini karena pencabutan alis membuat kulit menjadi lunak dan lebih sensitif.

Intensitas nyeri atau sakit selama maupun setelah prosedur akan berbeda-beda pada setiap orang. Efek samping ini biasanya tidak berlangsung lama dan akan hilang sendiri.

Selain terasa tidak nyaman, rasa nyeri saat bulu mata dicabut juga dapat membuat mata Anda berair.

Gangguan ini bisa muncul setelah melakukan prosedur ini maupun jika Anda mencabut alis sendiri di rumah.

3. Kulit menjadi merah

Setelah prosedur selesai dilakukan, area sekitar alis Anda akan menjadi merah dan lebih sensitif.

Ketika alis ditarik dari kulit, tubuh akan mendeteksi hal tersebut sebagai ‘kerusakan’ sehingga menimbulkan berbagai reaksi.

Salah satu reaksi tubuh yaitu meningkatkan aliran darah menuju kulit di sekitar alis. Tujuannya untuk membantu alis pulih lebih cepat setelah rasa sakit atau nyeri akibat threading.

Efek samping ini juga akan hilang dengan sendirinya. Biasanya area sekitar alis Anda akan tampak memerah selama beberapa jam setelah prosedur.

4. Pembengkakan

cara mengatasi mata bengkak

Ketika suatu area tubuh mengalami kerusakan, aliran darah menuju area tersebut akan meningkat. Begitu pun setelah threading alis, aliran darah menuju alis akan meningkat supaya ada lebih banyak sel darah putih yang mencapai folikel alis.

Folikel rambut merupakan lubang kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut serta tempat keluarnya minyak dan keringat.

Perpindahan sel darah putih menuju folikel akan membantu perbaikan folikel yang rusak setelah threading.

Namun, meningkatnya aliran darah ke suatu jaringan tubuh bisa membuat area tersebut bengkak dan memerah.

Efek samping ini bisa berlangsung selama beberapa menit hingga jam dan akan membaik dengan kompres dingin.

Jika pembengkakan berlangsung terus-menerus selama berhari-hari disertai titik-titik kecil berwarna putih, atau muncul bercak gelap di sekitar wajah, segera periksakan ke dokter spesialis kulit.

5. Rambut tumbuh ke dalam

Rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair) terjadi ketika alis putus di bawah kulit selama pemangkasan. Efek samping threading alis yang satu ini lebih sering terjadi pada orang dengan alis yang tebal.

Dalam kasus ingrown hair, kulit tumbuh di atas pori-pori dan menjebak rambut sehingga menimbulkan benjolan merah. Jerawat juga bisa muncul jika bakteri terperangkap di bawah rambut.

Rambut yang tumbuh ke dalam tidak selalu dapat dicegah. Namun, mendekatkan pencabutan ke akar rambut dan melakukan threading ke arah yang sama dengan  tumbuhnya rambut bisa mengurangi risikonya dengan

Threading alis merupakan prosedur pencabutan alis dengan menggunakan benang. Sebelum menjalani perawatan ini, pastikan Anda telah memahami keunggulan, risiko, dan perawatan alis yang harus Anda lakukan setelahnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 02/02/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan