Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Menghilangkan Bau Miss V dengan Daun Sirih, Bisakah?

Cara Menghilangkan Bau Miss V dengan Daun Sirih, Bisakah?

Bau tak sedap pada vagina memang kerap mengganggu dan bikin nggak pede, kan? Nah, banyak orang mengatakan jika salah satu cara menghilangkan bau pada kemaluan wanita, yaitu dengan menggunakan daun sirih.

Benarkah hal tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait hal ini, simak penjelasannya sebagai berikut.

Benarkah bisa menghilangkan bau miss V dengan daun sirih?

Khasiat daun sirih (betel leaf) sudah digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Bahkan, daun sirih telah dikenal sebagai tanaman dengan segudang manfaat.

Selain manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tanaman merambat yang satu ini juga populer untuk mengatasi berbagai masalah terkait kemaluan wanita atau vagina (miss V).

Lalu, apakah daun sirih bisa menghilangkan bau tidak sedap pada vagina? Sejauh ini, tidak ada penelitian yang secara langsung menyebutkan bahwa daun sirih bisa menghilangkan bau pada kemaluan wanita.

Namun, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa daun sirih memiliki fungsi antibakteri.

Jika digunakan dengan benar, daun sirih diyakini dapat membunuh berbagai faktor penyebab keputihan tak normal, seperti bakteri, jamur, virus, dan protozoa.

Bukan cuma itu, kandungan fenol (karvacrol) dan fenilpropana (eugenol dan kavikol) dalam minyak atsiri daun sirih berfungsi sebagai antiseptik (bakterisida dan fungisida) yang sangat kuat.

Air rebusan daun sirih juga diyakini ampuh menghilangkan gatal pada vagina dan membantu menjaga keseimbangan pH (keasaman) vagina agar terhindar dari jamur Candida albicans penyebab keputihan.

Hasil penelitian dalam jurnal Journal of Vocational Health Studies pun menunjukkan adanya penurunan gejala keputihan setelah penggunaan rebusan daun sirih merah.

Bahkan, penggunaan rebusan daun sirih merah direkomendasikan sebagai salah satu bentuk terapi non-farmakologis atau obat tradisional dalam mengurangi gejala keputihan.

Adapun keputihan yang tak normal dan berbau bisa terjadi akibat pertumbuhan bakteri di vagina yang berlebih (bacterial vaginosis).

Ini artinya, daun sirih mungkin saja dapat Anda gunakan untuk membantu mengatasi penyebab keputihan dan bau tak sedap pada vagina tersebut.

Namun, hal ini tidak menjamin dapat efektif pada semua orang.

Cara yang paling tepat, yaitu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina atau berkonsultasi kepada dokter bila bau yang muncul cukup mengganggu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara menghilangkan bau pada kemaluan wanita dengan daun sirih

daun sirih mengobati mimisan

Meski belum pasti efektif, Anda mungkin bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai cara menghilangkan bau pada kemaluan wanita dengan daun sirih.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • 7 lembar daun sirih ukuran sedang, dan
  • air bersih sebanyak 1 liter.

Langkah-langkahnya:

  1. Ambil 7 lembar daun sirih lalu potong kecil-kecil dan cuci bersih.
  2. Rebus 1 liter air bersih.
  3. Masukkan daun sirih ke dalam air yang sudah direbus selama 15 menit.
  4. Dinginkan hasil rebusan daun sirih hingga mencapai suhu suam-suam kuku atau hangat.
  5. Gunakan air rebusan daun sirih ini untuk membersihkan vagina.
  6. Pastikan membersihkan vagina dari arah depan ke belakang.
  7. Biarkan sebentar.
  8. Bilas vagina Anda dengan air bersih.

Ulangi cara membersihkan vagina dengan daun sirih ini setiap hari setelah mandi atau saat akan tidur pada malam hari.

Anda juga bisa meminum rebusan ini dua kali sehari atau menggunakan airnya untuk membersihkan vagina.

Ekstrak daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai salep karena memiliki sifat antibakteri. Selain salep, ekstraknya juga sering digunakan untuk produk sabun sirih.

Namun, perlu diingat bahwa bahan yang terkandung bukan hanya ekstrak daun sirih.

Dalam proses pembuatannya, produsen akan menambahkan bahan kimia lainnya. Tujuannya untuk mengawetkan agar tidak cepat basi dan meningkatkan nilai jual.

Hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menghilangkan bau miss V dengan daun sirih

penyebab bau vagina

Cara menghilangkan bau pada vagina dengan daun sirih seperti yang dijelaskan di atas tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Apabila dilakukan terlalu sering akan ada sejumlah efek samping yang mengintai, di antaranya sebagai berikut.

  • Membahayakan bakteri baik yang mengatur keasaman di vagina.
  • Kadar pH alami vagina akan terganggu.
  • Daun sirih harus diolah dengan benar. Jika tidak, hal ini akan mengganggu kesehatan vagina.
  • Vagina merupakan area sensitif, sehingga membersihkan vagina dengan daun sirih bisa menimbulkan reaksi alergi.
  • Membersihkan secara perlahan untuk menghindari vagina lecet atau ruam.
  • Vagina akan terluka jika menggunakan air rebusan yang masih panas.

Kesimpulan

Meski belum terbukti efektif menghilangkan bau, kandungan antibakteri daun sirih diyakini dapat membantu membersihkan bakteri penyebab berbagai masalah kesehatan pada vagina. Daun sirih juga dipercaya dapat menghilangkan mikroba berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada area sekitar vagina.


Pernah alami gangguan menstruasi?

Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Administrator. (n.d.). Betel leaves the solution for Leucorrhea. Halaman Utama – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat. Retrieved 14 Juni 2022, from https://sulbar.litbang.pertanian.go.id/eng/index.php/do-you-know/141-daun-sirih-obati-keputihan

Antibacterial activity of betle leaf (Piper betle L.) extract on inhibiting staphylococcus aureus in conjunctivitis patient. (n.d.). PubMed Central (PMC). Retrieved 14 Juni 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7076289/

Aktivitas Antifungi Ekstrak Daun sirih Hijau (Piper betle L.) Terhadap candida tropicalis. (n.d.). IPB Repository. Retrieved 14 Juni 2022, from https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/70462

Efektivitas Detoksi Daun Sirih Merah (Piper Crocantum) Terhadap Gejala Penurunan Fluor Albus pada Anak Perempuan SMA. Retrieved 17 June 2022, from https://doi.org/10.20473/jvhs.V5.I3.2022.146-151

Bacterial vaginosis – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 17 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bacterial-vaginosis/symptoms-causes/syc-20352279

Vaginal odor Causes. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 17 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-odor/basics/causes/sym-20050664#:~:text=Sweating%20also%20can%20cause%20a,can%20lead%20to%20vaginal%20odor

Vaginal odor When to see a doctor. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 17 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-odor/basics/when-to-see-doctor/sym-20050664

(n.d.). Repository Poltekkes Pontianak – Repository Poltekkes Pontianak. Retrieved 17 June 2022, from https://repo.poltekkes-pontianak.ac.id/13/1/The%20Effect%20Of%20Green%20Betel%20Leaf%20Decoction%20%28Betle%20Piper%20L%29%20On%20Vaginal%20pH%20Levels.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui Jul 01
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto