home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waspada Bahaya Memakai Pantyliner Setiap Hari

Waspada Bahaya Memakai Pantyliner Setiap Hari

Pantyliner merupakan salah satu produk kewanitaan yang biasanya dipakai saat darah haid sedang sedikit. Namun, ada juga wanita yang menggunakannya sehari-hari. Lantas, apakah bahaya memakai pantyliner setiap hari? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

Apa itu pantyliner?

pakai pantyliner

Pantyliner adalah produk kewanitaan yang berbentuk mirip pembalut tetapi ukurannya lebih kecil dan daya tampungnya lebih sedikit.

Saat ini sudah banyak wanita yang pakai pantyliner setiap hari karena alasan tertentu seperti keputihan atau flek yang seringkali muncul di luar jadwal menstruasi.

Namun, ternyata Anda perlu berhati-hati jika memutuskan untuk menggunakan pantyliner setiap hari. Pasalnya ada sejumlah risiko yang mungkin akan Anda hadapi. Untuk lebih jelasnya, yuk baca penjelasan berikutnya ya.

Apakah bahaya memakai pantyliner setiap hari?

Faktanya, ada cukup banyak wanita yang mengaku memakai pantyliner setiap hari. Oleh karena itu, perdebatan soal penggunaan produk yang satu ini pun kerap muncul terkait ada tidaknya bahaya memakainya setiap hari.

Menurut dr. Jessica Shepherd, seorang spesialis kandungan dan kebidanan, memakai pantyliner setiap hari tidak bahaya asalkan rutin diganti paling lama setiap 4 jam.

Seperti halnya pembalut, sebenarnya pantyliner sendiri bersifat aman bagi kesehatan vagina. Namun, yang perlu Anda hindari adalah penggunaannya yang terlalu lama dan jarang diganti.

Pasalnya, jarang mengganti pantyliner akan mendatangkan berbagai risiko kesehatan, antara lain sebagai berikut.

1. Iritasi pada vagina

Salah satu bahaya memakai pantyliner setiap hari dan jarang diganti adalah berisiko menyebabkan iritasi pada vulva atau bibir vagina yang bersentuhan dengan produk tersebut.

Ini biasanya terjadi karena pantyliner yang dijual di pasaran biasanya tidak terbuat dari 100% katun yang lembut dan aman untuk kulit.

Akibatnya, gesekan dengan pantyliner yang terjadi selama seharian penuh lebih berisiko menimbulkan iritasi daripada gesekan dengan bahan pakaian dalam yang lembut.

2. Alergi pewangi dan pemutih

Melansir jurnal Environment International, berbagai produk pantyliner saat ini sudah dicampur dengan beberapa bahan pewangi yang mengandung volatile organic compounds (VOCs)

Bagi orang-orang yang peka terhadap bahan tersebut, bahkan memakai pantyliner sekali saja sudah bisa menimbulkan reaksi alergi pada area vagina seperti gatal, rasa terbakar dan kulit kemerahan.

3. Infeksi vagina

Vagina yang sehat adalah yang bisa ‘bernapas’ dan mendapat sirkulasi udara yang cukup. Pori-pori pada celana dalam sebenarnya berfungsi untuk membantunya agar cukup mendapatkan udara.

Sementara jika Anda menggunakan pantyliner, pori-pori tersebut akan tertutupi oleh bagian plastik pantyliner yang menempel pada celana dalam.

Akibatnya area kewanitaan tidak mengalami sirkulasi udara yang baik sehingga membuatnya lembap dan hangat. Area yang lembap dan hangat sangat disukai oleh bakteri dan jamur penyebab infeksi vagina.

Tips menghindari bahaya memakai pantyliner setiap hari

cara memilih celana dalam wanita

Untuk mencegah bahaya penggunaan pantyliner, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut.

  • Rutinlah mengganti pantyliner maksimal 4 jam sekali.
  • Pastikan vagina Anda kering agar tidak lembab saat mengenakannya.
  • Hindari penggunaannya sepanjang hari, lepaslah sesekali untuk memberi kesempatan vagina untuk ‘bernapas’
  • Pilihlah jenis yang tidak mengandung pewangi atau zat kimia berbahaya lainnya.
  • Kenakanlah celana dalam berbahan katun untuk mencegah lembab di area kewanitaan.
  • Saat tidur sebaiknya lepaskan pantyliner dan pakaian dalam. Kenakanlah celana yang longgar, rok atau sarung agar vagina lebih mudah terkena udara.
  • Untuk mencegah infeksi, bersihkan vagina dengan pembersih khusus kewanitaan yang mengandung povidone-iodine supaya jamur, bakteri, dan parasit lainnya tidak bertengger di vagina.

Jadi, memakai pantyliner setiap hari tidaklah bahaya, asalkan tetap menjaga kebersihannya. Namun, penggunaan setiap hari tanpa alasan yang jelas sebaiknya tetap dihindari agar vagina bisa bernapas.

Berkonsultasi ke dokter jika Anda mengalami keputihan berlebih dan flek

Biasanya, wanita mengenakan pantyliner setiap hari untuk menyerap keputihan berlebih dan bercak darah yang seringkali terjadi di luar masa menstruasi. Padahal tindakan ini bukanlah solusi terbaik.

Jika Anda mengalami masalah di area kewanitaan, sebaiknya hubungi dokter untuk memberikan diagnosis dan anjuran yang lebih tepat terhadap masalah Anda.

Kelebihan cairan vagina dan bercak darah yang tidak teratur bisa jadi ciri-ciri penyakit tertentu seperti infeksi atau kanker rahim.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lin, N., Ding, N., Meza-Wilson, E., Manuradha Devasurendra, A., Godwin, C., Kyun Park, S., & Batterman, S. (2020). Volatile organic compounds in feminine hygiene products sold in the US market: A survey of products and health risks. Environment International, 144, 105740. doi: 10.1016/j.envint.2020.105740

How to choose safe period products in a new femcare market. (2019). Retrieved 6 May 2021, from https://www.madesafe.org/the-ultimate-guide-to-period-products/

What’s the difference between a panty liner and a pad? Which one is better?. (2017). Retrieved 6 May 2021, from https://youngwomenshealth.org/

Vaginal discharge. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-discharge/basics/definition/sym-20050825

Is it safe to wear a panty liner every day? | Women’s Health. Retrieved 6 May 2021, from https://www.sharecare.com/health/womens-health/is-safe-wear-panty-liner

Foto Penulis
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani pada 4 minggu lalu
x