home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Darah Haid Hitam dan Menggumpal, Normal atau Tidak?

Darah Haid Hitam dan Menggumpal, Normal atau Tidak?

Darah haid hitam terkadang dialami seorang wanita yang sedang menstruasi. Normal atau tidak ya? Apakah ini tanda penyakit? Agar tidak bingung, yuk simak penjelasan berikut!

Darah haid hitam, apakah normal?

Siapa yang tidak cemas saat melihat darah menstruasi berwarna hitam dan kental, padahal sebelumnya tidak pernah begitu.

Menurut American Academy of Obstetricians and Gynecologists, siklus haid dan warna darah haid bisa menjadi salah satu petunjuk terhadap kondisi reproduksi pada wanita.

Kabar baiknya, Anda tak perlu khawatir pada haid hitam pekat karena hal tersebut pada dasarnya normal, kok.

Rachel Peragallo Urrutia, M.D, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari University of North Carolina, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa warna darah haid hitam berasal dari darah merah yang mengalami sedikit penggumpalan.

Penyebab darah haid hitam

Sebenarnya warna darah yang hitam pekat ataupun cokelat adalah hal yang wajar terjadi saat menstruasi. Biasanya ada beberapa kondisi yang menyebabkannya, antara lain sebagai berikut.

1. Darah lambat keluar dari tubuh

Dalam kondisi tertentu, darah haid memakan waktu yang cukup lama untuk dikeluarkan. Akibatnya darah cukup lama tertinggal dalam rahim.

Semakin lama darah berada di rahim, maka warnanya akan semakin gelap. Hal inilah yang menjadi penyebab darah haid hitam.

Biasanya kondisi ini terjadi pada remaja perempuan yang baru mengalami haid sehingga aliran darahnya masih belum lancar. Kondisi ini dapat pula terjadi pada masa menjelang menopause.

2. Penggunaan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi biasanya berpengaruh pada warna darah haid. Entah berubah warna menjadi lebih terang atau lebih gelap.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini normal terjadi akibat perubahan hormonal yang dipengaruhi oleh alat kontrasepsi tersebut.

3. Pengaruh darah nifas

Setelah melahirkan, wanita mengeluarkan banyak darah yang disebut darah nifas. Umumnya darah nifas berwarna merah gelap hingga coklat hitam, sebagian di antaranya menggumpal.

Setelah melewati masa nifas, bisa jadi masih tersisa sejumlah darah di dalam rahim yang belum keluar selama masa nifas. Darah ini baru keluar bersamaan dengan darah menstruasi.

Akibat terlalu lama di dalam rahim, darah ini biasanya berwarna hitam gelap dan menggumpal. Secara umum, kondisi ini normal jadi Anda tidak perlu khawatir.

Mungkinkah darah haid hitam pertanda penyakit?

Secara umum, warna darah haid yang gelap itu normal dan tidak berbahaya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya penyakit tertentu yang menjadi penyebab darah haid hitam.

Darah menstruasi berwarna hitam atau coklat gelap bisa jadi diakibatkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Endometriosis

Keluarnya bercak hitam yang disertai perdarahan hebat bisa menjadi salah satu dari sekian banyak gejala endometriosis.

Bercak hitam tersebut merupakan penggumpalan darah yang terjadi di dalam rahim. Ketika darah ini keluar, maka seringnya menyebabkan nyeri hebat di sekitar perut dan pinggang.

2. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID) juga bisa menjadi salah satu penyebab darah haid hitam.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh seks yang tidak aman dengan pengidap gonorrhea, klamidia, atau penyakit menular seksual lainnya.

Salah satu gejalanya berupa keluarnya cairan mirip keputihan atau menstruasi, tapi warnanya cenderung kehitaman.

3. Keguguran

Darah haid hitam atau bercak dan perdarahan yang berwarna kehitaman juga bisa jadi menandakan bahwa Anda mengalami keguguran diam-diam.

Keguguran diam-diam terjadi ketika janin mati tapi tidak dikeluarkan oleh tubuh selama 4 minggu atau lebih. Sementara itu, tubuh ibu tidak mengalami gejala tertentu seperti sakit perut hebat.

Kebanyakan kasus keguguran diam-diam baru ditemukan setelah wanita tersebut melakukan USG. Kebanyakan, janin yang mati tersebut keluar berupa darah menstruasi yang berwarna hitam dan menggumpal.

Kapan harus ke dokter?

Pada dasarnya, warna darah haid hitam dan menggumpal adalah kondisi yang wajar. Jadi Anda tidak perlu panik dan stres. Apalagi jika hal ini berlangsung hanya sesekali saja.

Hal yang perlu Anda waspadai adalah jika darah berwarna hitam tersebut disertai dengan gejala-gejala lainnya, seperti:

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut selama haid, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Physical Changes after Child Birth. Cleveland Clinic. (2018). Retrieved 23 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9682-pregnancy-physical-changes-after-delivery.

Cleveland Clinic. (2018). Retrieved 23 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/locations/fairview-hospital/specialties/wellness-center.

Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign. Acog.org. (2021). Retrieved 23 March 2021, from 

Cleveland Clinic. (2018). Retrieved 23 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/locations/fairview-hospital/specialties/wellness-center.

Abnormal Menstruation (Periods): Types, Causes & Treatment. Cleveland Clinic. (2019). Retrieved 23 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods.

Physical Changes after Child Birth. Cleveland Clinic. (2018). Retrieved 23 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9682-pregnancy-physical-changes-after-delivery.

How to Decode Your Vaginal Discharge. Health Essentials from Cleveland Clinic. (2020). Retrieved 23 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/vaginal-discharge-mean/.

Symptoms of pregnancy: What happens first. Mayo Clinic. (2019). Retrieved 23 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853?pg=2&reDate=22122017.

Menorrhagia (heavy menstrual bleeding) – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2020). Retrieved 23 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menorrhagia/symptoms-causes/syc-20352829.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 27/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita