Normalnya, Berapa Banyak Darah yang Akan Keluar Selama Nifas?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Pada masa nifas, baik itu setelah melahirkan dengan cara normal atau caesar, darah akan keluar dari vagina. Menurut Queensland Health, perdarahan ini adalah hal normal. Namun, bisa juga menandakan masalah serius bila perdarahan yang keluar sangat banyak. Sebenarnya, seberapa banyak normalnya darah yang keluar selama nifas?

Idealnya, berapa banyak darah yang keluar selama nifas?

Saat Anda hamil, pembuluh darah mengalir di antara rahim dan plasenta. Setelah melahirkan, pembuluh darah tersebut akan terbuka sehingga menyebabkan perdarahan.

Setelahnya, rahim pun akan mengalami proses pemulihan pada masa nifas. Masa nifas terhitung sejak ibu melahirkan, hingga 6 minggu setelahnya.

Pada proses pemulihan, rahim akan menyusut kembali ke ukuran sebelum hamil (proses involusi).  Menyusutnya rahim membuat tubuh perlu mengeluarkan darah dari luka yang ada di dalamnya. Selain keluarnya banyak darah selama nifas, rahim juga akan berkontraksi selama 7 hingga 10 hari.

Nah, darah yang keluar selama nifas disebut dengan lochia (lokia). Jumlah darahnya lebih banyak daripada menstruasi yang biasanya Anda alami. Perdarahan nifas pada hari-hari awal mengharuskan Anda mengganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali. Perdarahan yang banyak ini umumnya terjadi dalam 1 atau 2 hari.

Saat Anda berdiri pertama kali setelah melahirkan, darah bisa juga mengalir ke kaki. Namun, tenang, jangan dulu panik. Ini terjadi karena darah sebelumnya terkumpul di vagina ketika duduk dan berbaring. Ketika posisi tubuh Anda berdiri tegak, darah yang terkumpul otomatis akan mengalir ke bawah melewati kaki Anda.

cara pakai pembalut

Jumlah darah yang keluar selama nifas, normalnya akan berkurang setiap harinya. Dalam beberapa minggu, sekitar 4 hingga 6 minggu, darah akan berubah menjadi bercak dan akhirnya berhenti. Pada beberapa wanita, perdarahan bisa berhenti lebih cepat, jadi Anda tidak perlu cemas jika mengalaminya.

Selain banyaknya darah yang keluar selama nifas, warna darah juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Dari warna merah terang, menjadi cokelat, kemudian kekuningan, dan akhirnya menjadi keputihan biasa. Itu artinya, rahim Anda sudah selesai dari proses pemulihan setelah melahirkan.

Tak hanya warna, Anda mungkin juga menemukan adanya darah menggumpal yang ikut keluar. Biasanya gumpalan itu akan keluar 24 jam setelah melahirkan dengan ukuran beragam. Ukurannya akan semakin kecil atau bahkan hilang dalam beberapa hari.

Jumlah darah selama nifas yang mulai berkurang, bisa saja meningkat dan warnanya berubah jadi lebih gelap. Ini dapat terjadi ketika Anda melakukan aktivitas yang berat atau terlalu banyak bergerak. Agar darah kembali normal, Anda perlu beristirahat lebih banyak.

Lantas, seperti apa perdarahan selama nifas yang tidak normal?

dokter kandungan

Perdarahan yang tidak normal ditandai dengan jumlah darah yang berlebihan keluar dari vagina. Kondisi ini bisa terjadi 24 jam setelah melahirkan, atau dalam kurun waktu 12 minggu setelah melahirkan. Namun, seberapa banyak darah nifas yang dianggap tidak normal?

Nah, untuk mengetahui banyaknya darah nifas yang tidak normal, perhatikan berapa kali Anda perlu mengganti pembalut. Bila Anda harus mengganti pembalut lebih dari satu setiap jamnya, bisa dikatakan perdarahan nifas yang Anda alami tidak normal.

Selain perdarahan yang berlebihan, gejala lain yang harus diwaspadai, meliputi:

  • Darah nifas semakin hari tidak berkurang, malah semakin banyak
  • Demam dan tubuh merasa kelelahan
  • Darah yang keluar berbau busuk
  • Ukuran darah menggumpal lebih besar dari bola golf, atau tidak mengecil ukurannya dan tidak juga menghilang seiring waktu.

Keluar darah yang berlebihan selama masa nifas adalah kondisi serius. Bila Anda mengalami salah satu dari gejala yang disebutkan, langkah terbaik adalah segera periksa ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Saat pandemi COVID-19, ibu hamil perlu mengikuti prosedur tindakan pencegahan sampai proses melahirkan selesai. Apa saja yang perlu siapkan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/05/2020 . 5 menit baca

Masih Bisakah Menjalani Persalinan Normal Setelah Miomektomi?

Operasi pengangkatan fibroid rahim (miomektomi) memang tidak mengangkat rahim sepenuhnya. Akan tetapi, masih bisakah melahirkan normal setelah miomektomi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Melahirkan, Kehamilan 26/03/2020 . 4 menit baca

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir untuk Kehamilan IVF (Bayi Tabung)

Setiap kehamilan pasti punya tanggal HPL. Apabila hamil lewat bayi tabung atau IVF, bagaimana cara menghitung hari perkiraan lahir yang benar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Melahirkan, Kehamilan 16/12/2019 . 4 menit baca

Melahirkan Lebih Lancar, Ini Berbagai Teknik Persalinan yang Meringankan Rasa Sakit

Rasa sakit saat melahirkan kerap menjadi momok bagi calon ibu. Namun, Anda bisa meringankan rasa nyeri dengan menerapkan metode melahirkan berikut.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Melahirkan, Kehamilan 05/12/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mengantar istri melahirkan ke rumah sakit

Ayah, Ini Tips Mengantar Ibu Hamil ke Rumah Sakit untuk Kelahiran

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . 4 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
asi tidak keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . 10 menit baca