home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Air Kelapa Saat Haid, Termasuk untuk Atasi Nyeri

5 Manfaat Air Kelapa Saat Haid, Termasuk untuk Atasi Nyeri

Air kelapa adalah minuman pelepas dahaga favorit sejuta umat. Namun, banyak wanita yang enggan minum air kelapa saat haid karena disebut bisa memicu keputihan. Mitos lainnya juga mengatakan bahwa mengonsumsi minuman ini saat haid justru membuat aliran darah makin deras. Benarkah begitu? Apakah ada manfaat minum air kelapa saat haid?

Bolehkah minum air kelapa saat haid?

Manfaat air kelapa untuk jantung

Air kelapa adalah cairan bening yang berada di dalam buah kelapa muda atau hijau. Cairan ini sering menjadi alternatif minuman sehat karena kandungan elektrolit di dalamnya.

Adapun elektrolit merupakan mineral penting, seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium, yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh.

Bukan cuma mineral, kandungan vitamin dalam air kelapa juga cukup beragam, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, C, dan folat.

Tak hanya itu, air kelapa juga tergolong minuman yang bebas lemak dan kolesterol serta rendah kalori dan gula.

Melansir American Society for Nutrition, secangkir air kelapa mengandung sekitar 10 gram (g) gula alami yang menyumbang hingga 45 kalori.

Hal yang paling penting, air kelapa juga mengandung fitoestrogen, yaitu zat alami pada tumbuhan yang memiliki struktur yang mirip dengan estrogen pada tubuh manusia.

Estrogen merupakan salah satu hormon pada wanita yang berperan penting dalam siklus menstruasi.

Karena ragam kandungannya tersebut, mengonsumsi air kelapa saat haid tentu boleh dilakukan.

Bahkan, minum air kelapa bisa mendatangkan sejumlah manfaat pada tubuh wanita, termasuk saat haid atau menstruasi.

Ragam manfaat minum air kelapa saat haid

Perlengketan rahim

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda boleh jika minum air kelapa muda atau hijau saat haid.

1. Mengatur siklus menstruasi

Banyak yang menyebut air kelapa dapat menghentikan atau memperpanjang menstruasi. Namun, hal ini tidaklah tepat.

Faktanya, fitoestrogen pada air kelapa justru dapat membantu mengatur siklus menstruasi sehingga membuat haid menjadi lebih teratur.

Hal ini justru bisa membantu wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

2. Meredakan nyeri haid

Bukan hanya mengatur siklus menstruasi, minum air kelapa muda juga membantu meredakan nyeri saat haid (dismenore) serta gejala sebelum menstruasi (premenstrual syndrome/PMS).

Kabar baiknya, hal tersebut telah terbukti dalam beberapa penelitian.

Salah satu penelitian mengenai hubungan minum air kelapa dengan nyeri haid dipublikasikan di Jurnal Kedokteran Brawijaya tahun 2020.

Berdasarkan penelitian tersebut, kandungan magnesium pada air kelapa hijau dapat membantu mengurangi nyeri dismenore dan gejala PMS.

3. Menghidrasi tubuh

Sudah tak asing lagi jika kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berolahraga atau saat sakit ringan.

Hal serupa pun bisa bermanfaat pada wanita yang sedang haid. Pasalnya, tubuh yang kehilangan banyak cairan saat haid dapat memperparah rasa nyeri.

Sebaliknya, menghidrasi tubuh saat haid bisa membantu meredakan intensitas nyeri hingga mengurangi penggunaan obat untuk nyeri haid.

4. Mencegah anemia defisiensi besi

Manfaat minum air kelapa saat haid lainnya adalah mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

Jenis anemia ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi berlebihan (menorrhagia) karena kehilangan banyak darah.

Nah, salah satu cara mengantisipasinya adalah memenuhi asupan zat besi saat haid. Adapun air kelapa mengandung zat besi, serta vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh.

5. Meringankan diare dan sembelit

Tak hanya nyeri dan kram perut, terkadang wanita kerap mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare saat haid.

Hal ini wajar terjadi karena perubahan hormon pada tubuh wanita ketika datang bulan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air kelapa saat haid. Sebab, air kelapa mengandung serat yang bisa membantu meredakan masalah pencernaan.

Selain itu, elektrolit dalam air kelapa juga bisa membantu menghidrasi tubuh saat kehilangan cairan akibat diare.

Apakah minum air kelapa bikin darah menstruasi makin deras?

tanda ovulasi

Air kelapa tidak berhubungan dengan penyebab darah haid berlebihan atau deras.

Volume darah menstruasi yang berlebih umumnya terjadi karena ketidakseimbangan hormon.

Alhasil, lapisan dinding rahim berkembang menjadi lebih tebal dan aliran darah menstruasi lebih deras dari biasanya.

Meski pada beberapa kasus, darah menstruasi yang berlebihan bisa menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius. Pada kondisi ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk cek ke dokter.

Sebaliknya, seperti penjelasan di atas, minum air kelapa justru bisa membantu wanita yang mengalami menstruasi berlebihan karena kandungan zat besi dan vitamin C di dalamnya.

Mungkinkah makin banyak keputihan karena minum air kelapa?

Selain itu, keputihan tidak terjadi karena minum air kelapa saat haid. Cairan keputihan sebenarnya adalah hal normal pada semua wanita, tanpa dipicu oleh apapun.

Cairan ini secara alami diproduksi oleh tubuh untuk membantu menjaga vagina tetap bersih serta melindungi dari infeksi vagina.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum air kelapa bermanfaat untuk memperlancar haid apalagi memicu keputihan atau lendir pada darah.

Minum air kelapa saat menstruasi justru memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Adakah efek samping minum air kelapa muda saat haid?

air kelapa untuk diare

Air kelapa sangat aman untuk wanita minum kapanpun, termasuk saat menstruasi. Namun sebaiknya, Anda tidak minum air kelapa secara berlebihan.

Ini karena minum air kelapa secara berlebihan bisa menyebabkan hiperkalemia atau kelebihan kalium dalam darah.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan kalium dalam air kelapa cukup tinggi, yaitu mencapai 600 miligram (mg) dalam satu cangkir (setara 240 gram).

Selain itu, penderita penyakit ginjal kronis pun sebaiknya tidak minum air kelapa secara berlebihan.

Jika masih ada pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut, sebaiknya sampaikan pada dokter.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Phytoestrogens. Jean Hailes. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.jeanhailes.org.au/health-a-z/healthy-living/nutrients/phytoestrogens#why-phytoestrogens-may-be-beneficial-for-women.

Cot.food.gov.uk. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://cot.food.gov.uk/sites/default/files/cot/phytoreport0503.pdf.

Coconut water: Is it super hydrating?. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812.

Coconut Water. American Society for Nutrition. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://nutrition.org/coconut-water/.

What are Electrolytes? | Cedars-Sinai. Cedars-sinai.org. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.cedars-sinai.org/blog/electrolytes.html.

Nuts, coconut water (liquid from coconuts). USDA. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170174/nutrients.

Iron and vitamin C: the perfect pair?. MSU Extension. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.canr.msu.edu/news/iron_and_vitamin_c_the_perfect_pair.

Menorrhagia (heavy menstrual bleeding) – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menorrhagia/symptoms-causes/syc-20352829.

Prevent risk of anemia in menstrual women with iron – Unair News. Unair News. (2021). Retrieved 25 August 2021, from http://news.unair.ac.id/en/2020/03/03/prevent-risk-of-anemia-in-menstrual-women-with-iron/.

Iron Deficiency Anemia and Heavy Periods: What’s the Connection?. HealthyWomen. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.healthywomen.org/created-with-support/iron-deficiency-anemia-heavy-periods.

Why You Get Diarrhea During Your Period. Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://health.clevelandclinic.org/why-you-get-diarrhea-constipation-or-both-during-your-period/.

Vaginal discharge. nhs.uk. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/vaginal-discharge/.

Is coconut water healthy?. Wexnermedical.osu.edu. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://wexnermedical.osu.edu/blog/is-coconut-water-healthy.

Stanfordhealthcare.org. (2021). Retrieved 25 August 2021, from https://stanfordhealthcare.org/content/dam/SHC/programs-services/cancer-nutrition/docs/diarrhea-during-cancer-treatment-nutrition-tips.pdf.

Levine, et al. (2020). Urinary Phytoestrogens and Relationship to Menstrual Cycle Length and Variability Among Healthy, Eumenorrheic Women. Journal of the Endocrine Society. 4 (2): bvz003. https://doi.org/10.1210/jendso/bvz003.

Patiiha, N. (2021). The Effect of Coconut Water on Dysminorre Pain in Adolescents. Indonesian Journal of Health Development. 3(1), 231-238. https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/49.

Torkan, B., Mousavi, M., Dehghani, S. et al. (2021). The role of water intake in the severity of pain and menstrual distress among females suffering from primary dysmenorrhea: a semi-experimental study. BMC Women’s Health. 21(40). https://doi.org/10.1186/s12905-021-01184-w.

Nugroho, F. A., Putri, O. M., & Sariati, Y. (2020). Non-pharmacological Randomised Control Trial: Green Coconut (Cocos nucifera L.) Water to Reduce Dysmenorrhea Pain. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 31(1):53-57. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jkb.2020.031.01.11.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 31/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto