home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapas atau Cotton Bud Tersangkut di Telinga? Begini Cara Mengeluarkannya

Kapas atau Cotton Bud Tersangkut di Telinga? Begini Cara Mengeluarkannya

Banyak yang masih memakai cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam. Padahal, penggunaan cotton bud hanya dianjurkan untuk telinga bagian luar. Mengangkat kotoran di telinga bagian dalam dengan cotton bud justru berisiko membuat kapas pembersih ini tersangkut. Jika terjadi, Anda perlu berhati-hati melepaskan cotton bud sehingga tidak melukai jaringan sensitif di dalam telinga. Ikutilah cara mengeluarkan kapas pembersih atau cotton bud dari telinga dalam ulasan ini.

Bagaimana cara mengeluarkan kapas atau cotton bud dari telinga?

Mengeluarkan kapas dari telinga

Kapas pembersih atau cotton bud yang tertinggal di dalam telinga tentunya dapat mengganggu fungsi pendengaran.

Anda bisa mengalami sejumlah gangguan, mulai dari rasa tidak nyaman dan nyeri, iritasi telinga, hingga pecahnya gendang telinga.

Lebih jauh, robeknya gendang telinga bisa membuat bagian dalam telinga rentan mengalami infeksi. Kondisi ini bisa menimbulkan akibat fatal seperti hilangnya kemampuan mendengar.

Maka dari itu, kapas pembersih yang membuat telinga tersumbat perlu segera dikeluarkan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengeluarkan cotton bud yang tersangkut dari telinga dengan aman.

1. Cabut cotton bud jika memungkinkan

Saat menyadari kapas pembersih tertahan di dalam telinga, pastikan Anda tidak panik dan banyak bergerak karena bisa membuat cotton bud masuk lebih dalam.

Perhatikan kondisi cotton bud, apakah benar-benar masuk ke dalam telinga atau menyangkut sebagian.

Jika kapas pembersih tidak sepebuhnya masuk dan ujungnya masih mencuat di telinga luar, Anda bisa mencabutnya secara perlahan menggunakan pinset.

Namun, jangan sembarangan mencoba cara mengeluarkan cotton bud dengan pinset, kayu, jari, kayu tipis, atau benda lainnya jika cotton bud tidak terlihat dari lubang telinga luar.

Pada kondisi ini, memasukkan benda lain ke dalam telinga justru dapat mendorong cotton bud semakin masuk ke dalam telinga sehingga justru sulit untuk dikeluarkan.

2. Keluarkan cotton bud dengan memiringkan kepala

Melansir US National Library of Medicine, salah satu cara efektif mengeluarkan benda asing dari telinga, termasuk kapas pembersih, adalah dengan memanfaatkan gravitasi.

Jadi, cobalah miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang tersumbat oleh cotton bud hingga mengarah ke lantai selama beberapa saat.

Hindari memukul kepala dengan keras dari sisi telinga yang berlawanan untuk membuat benda yang menyangkut keluar.

Sebaiknya goyang-goyangkan kepala secara perlahan guna melonggarkan sumbatan cotton bud di dalam telinga.

3. Masukan cairan pelunak kotoran atau minyak

Jika kapas pembersih telinga tidak juga keluar, teteskan sedikit cairan pelunak kotoran telinga atau minyak, seperti baby oil dan minyak zaitun.

Menerapkan cara mengeluarkan kapas dari telinga berguna untuk melicinkan permukaan cotton bud sehingga membantu melonggarkan sumbatan.

Lakukan cara ini sebelum Anda memiringkan kepala dan menggoyangkannya. Dengan begitu, cotton bud yang tersangkut di telinga bisa lebih mudah terdorong ke luar.

Namun ingatlah, pastikan Anda tidak berlebihan saat meneteskan cairan pelunak atau minyak zaitun karena justru bisa memperparah sumbatan.

5. Gunakan air hangat untuk mengairi cotton bud

Selain meneteskan cairan pelunak atau minyak, membasahi telinga dengan air hangat juga bisa membantu mengeluarkan cotton bud dari telinga.

Untuk mencoba cara ini, gunakanlah alat pembersih telinga yang berbentuk seperti suntikan dan terbuat dari karet guna meneteskan air hangat di lubang telinga yang tersumbat cotton bud.

Hindari juga meneteskan terlalu banyak air ataupun memasukkan alat pembersih telinga terlalu dalam sehingga mendorong cotton bud masuk lebih dalam.

Cara mengeluarkan kapas pembersih yang tersangkut dari telinga ini boleh dilakukan asalkan diketahui tidak ada tanda-tanda iritasi atau robeknya gendang telinga.

6. Atasi rasa sakit dengan kompres hangat dan pereda nyeri

Agar benar-benar berhasil mengeluarkan cotton bud dari telinga, Anda mungkin harus mencoba cara di atas beberapa kali.

Selama itu, telinga mungkin sudah mengalami luka sehingga menimbulkan rasa sakit atau gangguan pendengaran.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meletakkan kompres hangat di belakang telinga atau dekat bagian telinga yang tersumbat cotton bud.

Suhu hangat dari kompres dapat memperlebar pembuluh darah sehingga melancarkan suplai oksigen di bagian telinga yang tersumbat.

Hal ini membuat otot menjadi rileks dan mengurangi nyeri.

Alternatif lainnya dalam mengatasi sakit akibat telinga tersumbat adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

Kapan perlu ke dokter THT?

Dokter pemeriksaan THT

Apabila masih gagal mengeluarkan kapas pembersih dari telinga dengan cara di atas, Anda sebaiknya segera menemui dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Cotton bud memang bisa sulit dikeluarkan, terutama ketika terdapat bagian benda ini yang menyangkut di telinga tengah.

Area ini sangat sensitif dan tekanan dari benda asing bisa menimbulkan rasa sakit yang kuat.

Oleh karena itu, jangan membiarkan kapas pembersih tertahan lebih lama di dalam telinga, terutama bila muncul gejala seperti keluarnya cairan dari telinga dan penurunan fungsi pendengaran.

Pada penanganan medis, dokter akan menggunakan peralatan khusus untuk melihat kondisi bagian dalam telinga dan mengeluarkan cotton bud dengan aman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

U.S. National Library of Medicine. (2021). Ear emergencies: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 11 May 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/000052.htm

Mayo Clinic. (2021). Foreign object in the ear: First aid Retrieved 11 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709

McGovern Medical School. (2021). How to pop your ears – Otorhinolaryngology – Head & Neck Surgery. Retrieved 11 May 2021, from https://med.uth.edu/orl/online-ear-disease-photo-book/appendix/how-to-pop-your-ears/

ENT Health. (2021). Earwax (Cerumen Impaction). Retrieved 11 May 2021, from https://www.enthealth.org/conditions/earwax-cerumen-impaction/

Cleveland Clinic. (2021). Ear Care: Cleaning, Harm Prevention, Hearing Loss Symptoms. Retrieved 11 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/13076-ear-care-tips

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 2 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Abduraafi Andrian
x