Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pilihan Cara Aman Mengeluarkan Benda Asing dari Telinga

Pilihan Cara Aman Mengeluarkan Benda Asing dari Telinga

Telinga yang kemasukan benda asing tentunya sangat mengganggu. Kondisi ini membuat tidak nyaman bahkan terasa nyeri. Namun, Anda perlu berhati-hati bila ingin mengeluarkannya. Jangan sampai justru membuat telinga Anda terluka. Lalu, bagaimana cara mengeluarkan benda asing dari telinga? Simak tips-tipsnya di artikel berikut, ya!

Bagaimana cara mengeluarkan benda asing dari telinga?

alergi dan sakit telinga

Pada keadaan tertentu, telinga Anda bisa saja dimasuki oleh sesuatu, entah itu kemasukan air saat Anda berenang, serangga, biji-bijian, butiran, atau kerikil kecil.

Kalau sudah begitu, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman. Gejalanya bisa berupa telinga gatal, nyeri, pendengaran terganggu, bahkan infeksi.

Gejala infeksi telinga meliputi nyeri, telinga berdarah, tidak mendengar atau pendengaran teredam, keluar cairan dari telinga, kemerahan atau bengkak pada saluran telinga, dan demam.

Namun demikian, Anda sebaiknya tidak menggunakan sembarang cara sebab bisa jadi hal itu malah semakin memperburuk kondisi telinga Anda

Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan bila ada benda asing di telinga? Simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Hindari memasukkan alat apapun

Saking terganggunya, Anda mungkin akan berusaha melakukan berbagai macam cara untuk mengeluarkan benda asing dari telinga.

Mulai dari mencongkelnya dengan cotton buds, ujung jari, korek api, atau bahkan jarum. Padahal tindakan tersebut berisiko melukai telinga Anda.

Di samping itu, pada saat memasukkan alat ke rongga telinga, benda asing yang ingin Anda keluarkan justru dapat semakin terdorong ke dalam.

2. Miringkan kepala

Bila ukurannya tidak terlalu besar, benda yang terjebak di dalam telinga akan lengket pada cairan telinga. Setelah itu, ia mungkin akan keluar dengan sendirinya bersama kotoran telinga.

Namun, jika ia tidak keluar sendiri, cobalah memiringkan kepala dengan posisi lubang telinga di sebelah bawah. Tujuannya agar gaya gravitasi membantunya terdorong keluar.

Anda juga bisa mencoba bantuan gravitasi pada saat tidur, yaitu dengan cara berbaring dengan posisi sisi telinga yang kemasukan benda asing menghadap ke lantai.

Hindari menggoyang-goyangkan kepala atau menepuk-nepuknya karena bisa jadi gerakan seperti itu malah membuat benda tersebut semakin masuk ke bagian dalam telinga.

Efek samping operasi telinga

3. Coba keluarkan bila lokasinya di telinga bagian luar

Cobalah mengecek telinga Anda menggunakan senter kecil. Perhatikan benda apa yang masuk ke dalam telinga dan posisinya.

Bila ia dapat terlihat dengan jelas, tidak keras, dan dapat dijepit dengan mudah, cobalah menariknya dengan pinset secara perlahan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa cara ini hanya bisa membantu mengeluarkan benda asing yang berada di telinga bagian luar.

Bila benda tersebut berada di bagian telinga yang cukup dalam, sebaiknya Anda tidak menerapkan cara ini.

4. Gunakan minyak hangat bila itu serangga

Bila benda asing yang masuk ke telinga adalah serangga, Anda perlu memastikan bahwa ia mati terlebih dahulu agar ia tidak bergerak-gerak saat berusaha dikeluarkan.

Pasalnya, bila serangga itu masih bergerak, ia dapat semakin masuk ke bagian dalam telinga dan menyebabkan luka yang lebih banyak di rongga telinga Anda.

Anda bisa meneteskan minyak hangat (bukan panas) melalui lubang telinga Anda dan menunggu sampai serangga tersebut diam. Setelah itu, cobalah keluarkan dengan pinset.

Melansir Mayo Clinic, cara ini cukup efektif untuk mengeluarkan serangga tetapi tidak dianjurkan untuk mengeluarkan benda asing lainnya dari telinga Anda.

5. Irigasi dengan air hangat

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan air hangat yang disemprotkan ke dalam telinga.

Anda bisa menggunakan spuit yang telah dilepas jarumnya. Pilihlah yang berukuran cukup besar misalnya 10 cc agar bisa menampung air hangat yang cukup untuk mengirigasi telinga.

Dengan menggunakan spuit tersebut, semprotkan air hangat ke dalam telinga sambil menaruh mangkok kecil di bawah telinga untuk menampung air dan kotoran yang mungkin keluar.

Cara ini bisa membantu Anda mengeluarkan benda asing dari telinga. Namun sebelumnya, pastikan bahwa gendang telinga dalam keadaan baik dan tidak berlubang.

Bila gendang telinga berlubang, air yang disemprotkan berisiko masuk ke bagian telinga yang lebih dalam sehingga dapat menyebabkan infeksi pada telinga bagian tengah.

periksa telinga

6. Periksakan ke dokter

Anda mungkin sudah mencoba berbagai cara untuk mengeluarkan benda asing dari telinga seperti yang dijelaskan di atas, tapi ternyata tidak berhasil.

Hal ini bisa jadi karena posisinya yang terlalu dalam sehingga cukup berisiko bila dikeluarkan sendiri.

Oleh karena itu, mintalah bantuan dokter spesialis THT untuk mengeluarkannya.

Dokter juga bisa memeriksa kondisi telinga Anda apakah terdapat infeksi akibat keberadaan benda asing di telinga Anda dan mengupayakan pengobatannya.

Sambil menunggu tindakan dokter, sebaiknya Anda mematuhi hal-hal berikut.

  • Melindungi telinga dari benturan,
  • Tidak menghalangi cairan yang mengalir dari telinga,
  • Tidak mencoba mengeluarkan cairan dari dalam telinga, serta
  • Tutupi dengan perban yang bersih jika telinga mengeluarkan darah.

Melansir situs Australian Health Direct, bila Anda merasa kesakitan, cobalah minum obat pereda nyeri untuk mengatasinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foreign object in the ear: First aid. (2020). Retrieved 18 January 2022, from https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709

default – Stanford Children’s Health. (2021). Retrieved 18 January 2022, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=foreign-bodies-in-the-ear-nose-and-airway-90-P02035

Heim, S., & Maughan, K. (2007). Foreign Bodies in the Ear, Nose, and Throat. Retrieved 18 January 2022, from https://www.aafp.org/afp/2007/1015/p1185.html

Lotterman, S., & Sohal, M. (2021). Ear Foreign Body Removal. Retrieved 18 January 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459136/

Objects in the ear. (2020). Retrieved 18 January 2022, from https://www.healthdirect.gov.au/objects-in-ear

Ear emergencies. (2020). Retrieved 18 January 2022, from https://ufhealth.org/ear-emergencies

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui Jan 26
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita