8 Kegunaan Baby Oil untuk Orang Dewasa

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang punya bayi, baby oil mungkin sudah jadi salah satu perawatan wajib yang tak boleh terlewat. Namun, tahukah Anda bahwa baby oil tak hanya baik untuk bayi? Minyak serba guna ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai hal. Mulai dari perawatan kecantikan hingga pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), baby oil ternyata sangat berkhasiat. Ini dia beragam manfaat baby oil untuk orang dewasa.

Baby oil terbuat dari apa?

Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak berbau maupun berwarna. Minyak ini diambil dari proses penyulingan minyak bumi. Setelah itu, minyak akan dimurnikan dan disuling kembali. Sebelum dijual, baby oil kemudian diberi tambahan zat pewangi. Baby oil aman untuk digunakan bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Manfaat baby oil untuk orang dewasa

Meskipun penggunaan baby oil pada awalnya ditujukan untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya minyak ini juga baik untuk orang dewasa. Berikut adalah kegunaan baby oil untuk orang dewasa yang mungkin belum Anda tahu.

1. Pelembap

Untuk Anda yang punya kulit sangat kering, baby oil lebih ampuh daripada pelembap atau losion biasa. Tak hanya untuk kulit, minyak ini juga bisa dipakai untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.

2. Minyak pijat

Baby oil bisa dipakai sebagai pengganti minyak pijat Anda. Minyak ini terasa lembut di kulit dan wanginya juga menenangkan. Selain itu, baby oil juga bisa membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka sehingga kehangatan tubuh akan tetap terjaga selama Anda dipijat.

3. Pengganti krim cukur

Jangan sembarangan menggunakan sabun atau krim cukur karena bisa membuat kulit iritasi. Sementara itu, baby oil bisa membantu membuat kulit lebih licin dan lembap dibandingkan dengan sabun atau krim cukur pada umumnya. Oleskan baby oil sebelum dan sesudah Anda mencukur. Hasilnya pun kulit jadi lebih mulus setelah dicukur.

4. Menghapus makeup atau noda di kulit

Sedang mencari makeup remover yang ampuh tapi tidak keras di kulit? Baby oil adalah solusinya. Minyak ini aman digunakan bagi Anda yang punya kulit wajah sensitif serta ampuh menghapus sisa kosmetik. Selain itu, Anda juga bisa pakai baby oil untuk menghapus noda di kulit. Misalnya kalau tangan Anda kena coretan spidol atau tinta.

5. Mengatasi tumit pecah-pecah

Baby oil bisa mengatasi masalah tumit yang kering sampai pecah-pecah. Oleskan baby oil pada tumit sebelum tidur dan biarkan selama semalaman penuh. Minyak ini akan membuat tumit jadi lebih kenyal dan lembut secara alami.

6. Menyamarkan kantung mata

Salah satu khasiat ampuh baby oil untuk orang dewasa adalah menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak. Teteskan baby oil secukupnya pada kantung mata dan pijat ringan dengan jari Anda selama kira-kira 2 menit. Kemudian bersihkan sisa-sisa minyak dengan tisu atau kain lembut.

7. Mencegah lecet karena sepatu baru

Sepatu baru membuat tumit atau jemari kaki lecet? Cegah dengan mengoleskan baby oil pada kaki sebelum mengenakan sepatu baru Anda. Dengan begitu, kaki Anda jadi terlindungi dari gesekan yang bisa bikin lecet.

8. Melepas plester

Melepas plester atau perekat luka dari permukaan kulit Anda bisa terasa begitu menyakitkan. Untuk membantu plester supaya lebih mudah copot, perlahan-lahan oleskan baby oil sembari mencabut sedikit-sedikit plester di kulit. Cara ini lebih efektif dan tidak sakit daripada menggunakan bantuan air.  

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit