home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Kegunaan Baby Oil untuk Orang Dewasa

8 Kegunaan Baby Oil untuk Orang Dewasa

Bagi Anda yang punya bayi, baby oil mungkin sudah jadi salah satu perawatan wajib yang tak boleh terlewat. Namun, tahukah Anda bahwa baby oil tak hanya baik untuk bayi? Minyak serba guna ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai hal. Mulai dari perawatan kecantikan hingga pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), baby oil ternyata sangat berkhasiat. Ini dia beragam manfaat baby oil untuk orang dewasa.

Baby oil terbuat dari apa?

Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak berbau maupun berwarna. Minyak ini diambil dari proses penyulingan minyak bumi. Setelah itu, minyak akan dimurnikan dan disuling kembali. Sebelum dijual, baby oil kemudian diberi tambahan zat pewangi. Baby oil aman untuk digunakan bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Manfaat baby oil untuk orang dewasa

Meskipun penggunaan baby oil pada awalnya ditujukan untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya minyak ini juga baik untuk orang dewasa. Berikut adalah kegunaan baby oil untuk orang dewasa yang mungkin belum Anda tahu.

1. Pelembap

Untuk Anda yang punya kulit sangat kering, baby oil lebih ampuh daripada pelembap atau losion biasa. Tak hanya untuk kulit, minyak ini juga bisa dipakai untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.

2. Minyak pijat

Baby oil bisa dipakai sebagai pengganti minyak pijat Anda. Minyak ini terasa lembut di kulit dan wanginya juga menenangkan. Selain itu, baby oil juga bisa membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka sehingga kehangatan tubuh akan tetap terjaga selama Anda dipijat.

3. Pengganti krim cukur

Jangan sembarangan menggunakan sabun atau krim cukur karena bisa membuat kulit iritasi. Sementara itu, baby oil bisa membantu membuat kulit lebih licin dan lembap dibandingkan dengan sabun atau krim cukur pada umumnya. Oleskan baby oil sebelum dan sesudah Anda mencukur. Hasilnya pun kulit jadi lebih mulus setelah dicukur.

4. Menghapus makeup atau noda di kulit

Sedang mencari makeup remover yang ampuh tapi tidak keras di kulit? Baby oil adalah solusinya. Baby oil aman digunakan untuk kulit wajah dan ampuh menghapus sisa kosmetik, terutama untuk Anda yang punya kulit sensitif. Selain itu, Anda juga bisa pakai baby oil untuk menghapus noda di kulit. Misalnya kalau tangan Anda kena coretan spidol atau tinta.

5. Mengatasi tumit pecah-pecah

Baby oil bisa mengatasi masalah tumit yang kering sampai pecah-pecah. Oleskan baby oil pada tumit sebelum tidur dan biarkan selama semalaman penuh. Minyak ini akan membuat tumit jadi lebih kenyal dan lembut secara alami.

6. Menyamarkan kantung mata

Salah satu khasiat ampuh baby oil untuk orang dewasa adalah menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak. Teteskan baby oil secukupnya pada kantung mata dan pijat ringan dengan jari Anda selama kira-kira 2 menit. Kemudian bersihkan sisa-sisa minyak dengan tisu atau kain lembut.

7. Mencegah lecet karena sepatu baru

Sepatu baru membuat tumit atau jemari kaki lecet? Cegah dengan mengoleskan baby oil pada kaki sebelum mengenakan sepatu baru Anda. Dengan begitu, kaki Anda jadi terlindungi dari gesekan yang bisa bikin lecet.

8. Melepas plester

Melepas plester atau perekat luka dari permukaan kulit Anda bisa terasa begitu menyakitkan. Untuk membantu plester supaya lebih mudah copot, perlahan-lahan oleskan baby oil sembari mencabut sedikit-sedikit plester di kulit. Cara ini lebih efektif dan tidak sakit daripada menggunakan bantuan air.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is Baby Oil Good for Your Skin? http://www.newhealthadvisor.com/Is-Baby-Oil-Good-for-Your-Skin.html Diakses pada 1 Februari 2017.

25 new uses of baby oil (that don’t involve a baby). http://www.kidspot.com.au/25-new-uses-for-baby-oil-that-dont-involve-a-baby/ Diakses pada 1 Februari 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 08/02/2017
x