home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Gaya Bercinta yang Patut Anda Coba Bersama Pasangan

Berbagai Gaya Bercinta yang Patut Anda Coba Bersama Pasangan

Apakah Anda bisa menebak jika ditanya apa gaya bercinta yang paling disukai pasangan? Mencapai klimaks bersama tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda berdua. Gaya atau posisi bercinta yang bervariasi bisa dilakukan untuk menambah keintiman dan warna dalam hubungan seks Anda berdua. Maka dari itu, simak berbagai penjelasan soal gaya bercinta berikut ini.

Macam-macam gaya bercinta untuk seks yang tahan lama

Tak sedikit orang yang kurang memahami variasi gaya saat bercinta. Akibatnya, hubungan di ranjang terasa hambar karena posisi yang dilakukan hanya itu-itu saja.

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena artikel kali ini akan memaparkan apa saja posisi seks yang nikmat tiada tara sekaligus bikin tahan lama. Simak daftarnya di bawah ini:

1. Spooning atau menyamping

Suami istri paruh baya mengalami perubahan gairah seksual

Posisi bercinta yang pertama ini, selain bisa menambah keintiman Anda dan pasangan, juga bisa bikin kegiatan memadu kasih Anda berjalan lebih lama, lho.

Posisi menyamping, atau yang biasa juga disebut dengan nama posisi spooning, akan menyatukan Anda dan pasangan di atas ranjang, namun tidak memerlukan banyak tenaga yang bisa memperpendek durasi bercinta.

Menurut sebuah artikel dari Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, posisi seks yang satu ini memicu kenaikan hormon oksitosin di dalam tubuh.

Hormon ini tak hanya membantu meringankan stres, namun juga mendukung interaksi sosial yang positif. Oleh karena itu, posisi spooning adalah pilihan yang tepat untuk menambah keintiman Anda dan pasangan.

Posisi ini bisa dilakukan dengan cara kedua pasangan menyamping dalam satu arah, sambil memeluk dan melakukan penetrasi.

2. Misionaris

posisi seks untuk orgasme

Salah satu posisi seks yang intim ini memang merupakan posisi standar dan dasar dalam melakukan penetrasi vaginal.

Posisi ini memudahkan pasangan untuk terhubung melalui sentuhan, tatapan, suara, dan kenyamanan di antara kedua pasangan.

Jika Anda bosan dengan posisi misionaris yang itu-itu saja, Anda bisa melakukan sedikit modifikasi agar seks bersama pasangan jadi lebih berkesan.

Pada posisi ini, wanita berbaring dan pria di atas untuk penetrasi (penis ke vagina). Lingkarkan kedua kaki wanita di pinggul pria.

Wanita juga bisa mengangkat kedua kakinya ke bahu pria. Metode ini banyak diminati pria karena memberikan sensasi “sempit” ketika penetrasi.

Tak hanya itu, posisi ini juga bisa menambah rasa pijatan pada penis pria ketika berada di dalam vagina wanita

Agar sesi bercinta semakin panas, Anda juga bisa menggoda pasangan dengan cara berbisik manis di telinga wanita, mencium mesra, bernapas di leher pasangan, dan bahkan dari ujung kepala hingga kaki Anda saling terhubung.

Posisi misionaris memang dirasa pas untuk memperlama durasi bercinta yang nikmat dan menyenangkan.

3. Gaya bercinta duduk mendekap

seks pada penyembuhan luka

Gaya bercinta yang satu ini akan membuat Anda merasa saling terikat dan memperlama kegiatan bercinta antara dua insan.

Untuk melakukannya, pria dalam keadaan duduk sambil kedua kakinya dibuka lebar. Pria boleh bersandar di tempat kepala tempat tidur atau di tembok agar lebih rileks.

Wanita kemudian duduk di atas kedua paha pria. Secara perlahan, turunkan bagian pinggang wanita dan atur penetrasi dari bawah ke atas.

Posisi ini memungkinkan wanita memegang kendali dalam mengatur kecepatan saat penetrasi. Agar tidak jatuh, wanita bisa memeluk atau memegang erat bahu pria.

Tips agar waktu bercinta jadi lama adalah dengan fokus pada tatapan dan rasa kasih sayang yang Anda hadirkan saat berhubungan seks.

Jangan lupa juga, lakukan posisi seks ini dengan gerakan lamban dan hadirkan belaian lembut antara satu sama lain agar hubungan seks menjadi menyenangkan untuk Anda berdua.

Bagi pria, godalah wanita Anda dengan bisikan romantis dan ciuman mesra ketika ia melakukan penetrasi.

4. Doggy style

nafsu seks ibu hamil

Siapa yang tidak tahu posisi seks ini? Gaya berhubungan intim yang mengharuskan wanita dalam posisi merangkak atau berbaring telungkup ini memang banyak digemari.

Pada posisi ini, pusat kendali penetrasi ada di pria. Nah, agar sama-sama merasa nyaman, atur ritme penetrasi serileks mungkin.

Dengan posisi wanita merangkak atau berbaring, hal ini akan menimbulkan rasa penetrasi yang dalam dan luar biasa oleh wanita. Tidak dipungkiri juga, kalau wanita bisa mencapai orgasme jika melakukan doggy style.

Dengan begitu, setidaknya kedua pasangan akan mencapai orgasme bersamaan, meski dalam waktu yang agak lama dan bisa memperkuat keintiman serta batin di antara Anda dan pasangan.

Sesekali, cobalah tempat baru untuk melakukan posisi ini. Ya, tak melulu di atas kasur, Anda dan pasangan bisa melakukan posisi ini di sofa atau tepian meja.

Dijamin, sensasi yang diberikan tidak kalah nikmat.

Namun, ingatlah untuk tidak terlalu bersemangat saat bercinta dengan gaya ini.

Pasalnya, terdapat sebuah studi dari International Journal of Impotence Research yang menyatakan bahwa posisi doggy style cukup berisiko tinggi menyebabkan cedera pada penis.

Mencoba variasi baru sah-sah saja, asalkan tetap memperhatikan keamanan Anda dan pasangan, ya.

5. Gaya bercinta woman on top

berapa kali seks untuk menurunkan berat badan

Dengan gaya bercinta ini, pria bisa mengambil posisi pasif dan membawa tubuh serileks mungkin. Dengan santai seperti itu, pria dapat bertahan lama dan membiarkan pasangan mengambil alih kendali.

Contohnya, Anda bisa bercinta dengan posisi woman on top, di mana posisi ini bisa membuat pria tahan lama dan membiarkan wanita mengelola “tubuh” suami sepenuhnya.

Posisi woman on top dapat dilakukan dengan wanita yang duduk di atas pria yang terlentang di tempat tidur.

Wanita kemudian mulai masuk dari atas dan mengatur ritme bercinta yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan.

6. Cow girl

Minyak Zaitun pelumas untuk seks

Gaya bercinta ini mirip dengan posisi woman on top, tapi bisa dipastikan beda sensasinya.

Untuk memulai posisi hubungan suami istri ini, buat posisi pasangan pria duduk santai di kursi atau tepi tempat tidur sementara si wanita memunggunginya sambil perlahan duduk mengangkang di atas pangkuan pria.

Cari posisi duduk atau jongkok yang nyaman buat diri Anda sendiri.

Setelahnya Anda yang wanita bisa masuk dari atas, sementara menumpu kedua lengan pada bahu, lutut pasangan, atau pada sandaran tangan kursi untuk mengatur kedalaman dan kecepatan penetrasinya.

Pertama-tama coba penetrasi dangkal terlebih dulu dengan sedikit mengangkat bokong Anda naik turun. Setelah dirasa nyaman, Anda bisa menyesuaikan intensitas penetrasi sesuai keinginan Anda.

Bonusnya, posisi reverse cowgirl ini dapat memberikan wanita orgasme yang lebih hebat karena sudut penetrasinya bisa lebih intens merangsang klitoris.

7. Bersandar di dinding

posisi seks menantang

Gaya bercinta berdiri dengan cara bersandar di punggung juga tak kalah menarik untuk Anda coba.

Dalam posisi ini, wanita berdiri dengan posisi menempel menghadap dinding, dan pria melakukan penetrasi dari belakang.

Secara perlahan, atur kecepatan dan intensitas dorongan selama penetrasi. Posisi ini juga memudahkan tangan pasangan bergerak ke dalam untuk mengeksplorasi bagian klitoris wanita.

Ditambah lagi, posisi ini juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah persendian.

Menurut situs Creaky Joints, gaya bercinta sambil berdiri mengurangi tekanan pada bahu serta area panggul.

8. The spoon

Posisi bercinta ini dilakukan sambil berbaring di kasur. Anda dan pasangan menghadap ke sisi yang sama, dengan posisi suami di belakang istri.

Dengan posisi ini, Anda berdua bisa lebih santai karena tubuh masing-masing ditopang oleh kasur.

Posisi ini juga memungkinkan Anda berdua untuk mengobrol satu sama lain dengan santai.

Pasalnya, posisi kepala suami yang sangat dekat dengan telinga istri, sehingga suami bisa berbicara tanpa membutuhkan energi dan bahkan berbisik.

Setelah bercinta pun Anda berdua bisa langsung berpelukan sampai jatuh tertidur. Pas sekali untuk menutup hari Anda yang begitu sibuk, bukan?

9. Seks oral

pakai kondom saat seks oral

Seks oral adalah salah satu cara bercinta yang bisa dilakukan tanpa melepas pakaian. Jika bosan melakukan seks oral di tempat tidur, Anda bisa coba melakukannya di atas meja.

Anda bisa duduk di tepi meja dan pasangan berlutut di depannya. Pastikan meja yang Anda gunakan cukup tinggi dan kokoh serta bersih dari segala kotoran.

Setelah itu, turunkan pakaian dalam Anda dan mintalah pasangan untuk mulai menstimulasi area bawah sana.

Posisi ini memungkinkan pasangan untuk menggunakan bibir, lidah, dan tangan Anda untuk memanjakan bagian intim Anda.

Pasangan Anda juga akan lebih leluasa bergerak mencoba berbagai manuver, berbeda dengan seks oral di tempat tidur. Secara bergantian, lakukan cara ini ketika Anda ingin mengeksplor area intim pasangan.

10. Posisi seks anal

Seks anal merupakan gaya bercinta ketika pria memasukkan penisnya ke dalam anus pasangannya. Beberapa wanita menikmati hubungan seksual ini, sedangkan yang lainnya tidak.

Posisi bercinta ini tidak dapat menyebabkan wanita hamil sebab anus tidak terhubung ke sistem reproduksi.

Anda perlu menggunakan pengaman jika ingin mencoba bercinta dengan gaya ini.

Pasalnya, seks anal tanpa kondom berisiko tinggi untuk menularkan infeksi menular seksual, seperti klamidia, kencing nanah, herpes, hingga HIV.

Selain itu, anus tidak menghasilkan pelumas cukup untuk penetrasi yang nyaman. Oleh karena itu, gaya bercinta ini mungkin membutuhkan banyak pelumas tambahan.

11. Posisi kneeling wheelbarrow

variasi posisi doggy style

Gaya bercinta selanjutnya disebut dengan kneeling wheelbarrow atau posisi seperti mendorong gerobak.

Pada posisi ini pria dalam posisi berlutut dan wanita berada dengan posisi berdiri terbalik.

Maksudnya, letakkan kepala wanita di depan telapak kaki sang pria, sementara kakinya dilingkarkan ke atas pundak sang pria atau mengapit kepala.

Posisi hubungan seksual ini cenderung berbahaya dan membuat banyak pasangan was was. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika ingin mencoba.

12. Masturbasi bersama

seks anal

Ini adalah posisi berhubungan intim bebas stres yang mudah dan menyenangkan. Masturbasi sering kali tidak dikategorikan sebagai posisi berhubungan intim.

Ini mungkin karena banyak orang tidak menganggap aktivitas tersebut sebagai seks ‘nyata’ kecuali ada penetrasi yang terlibat.

Padahal, masturbasi bersama adalah cara yang bagus untuk belajar tentang hasrat dan kesenangan masing-masing sekaligus menikmati orgasme yang memuaskan.

Pasalnya, Anda masing-masing “mengurus” diri Anda sendiri, tidak akan ada tekanan untuk tampil sempurna.

Carilah gaya bercinta yang paling nyaman dan aman untuk masing-masing. Jangan sampai keinginan untuk mencoba posisi baru ini justru menjadi hambatan untuk Anda berdua dalam menikmati seks.

Memvariasikan seks tak hanya bisa dilakukan dengan mengubah-ubah gaya bercinta.

Anda bisa mencoba cara lainnya yang juga menantang, seperti melakukan seks di luar kamar tidur seperti sofa, dapur, atau bahkan di kamar mandi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Brown, NL. (2013). Safer Oral Sex Practices – Sutter Health. Retrieved January 27, 2020, from https://www.sutterhealth.org/pamf/health/teens/sexual/safer-oral-sex-practices

Andersen, CH. (2018). 6 Sex Positions Worth Trying When You Have Arthritis – CreakyJoints. Retrieved January 27, 2020, from https://creakyjoints.org/sex-and-intimacy/sex-positions-arthritis/

Premature ejaculation – Mayo Clinic. (2020). Retrieved January 27, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/diagnosis-treatment/drc-20354905

Magon, N., & Kalra, S. (2011). The orgasmic history of oxytocin: Love, lust, and labor. Indian journal of endocrinology and metabolism, 15 Suppl 3(Suppl3), S156–S161. https://doi.org/10.4103/2230-8210.84851

Krejčová, L., Kuba, R., Flegr, J., & Klapilová, K. (2020). Kamasutra in Practice: The Use of Sexual Positions in the Czech Population and Their Association With Female Coital Orgasm Potential. Sexual Medicine, 8(4), 767-776. https://doi.org/10.1016/j.esxm.2020.07.003

Barros, R., Schulze, L., Ornellas, A., Koifman, L., & Favorito, L. (2017). Relationship between sexual position and severity of penile fracture. International Journal Of Impotence Research, 29(5), 207-209. https://doi.org/10.1038/ijir.2017.24

What anal sex? What are the risks of it?. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/ask-experts/whats-anal-sex-what-are-the-risks-of-it

Masturbation | Facts About Male & Female Masturbation. (2021). Retrieved 16 February 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/sex-pleasure-and-sexual-dysfunction/masturbation

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 01/12/2020
x