Benarkah Badan Gemuk Mengurangi Kualitas Seks?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering dengar berbagai risiko kelebihan berat badan bagi kesehatan. Namun, yang tak banyak dibicarakan orang-orang adalah bagaimana obesitas atau kelebihan berat badan berpengaruh pada kehidupan seks pasangan. Untuk mengetahui seperti apa dampak obesitas atau kelebihan berat badan pada seks, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengaruh berat badan pada seks

Hubungan antara kelebihan berat badan dan performa seksual sudah banyak diteliti para ahli. Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa kira-kira sejumlah 30% dari orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengeluhkan adanya masalah seksual. Berikut adalah beberapa masalah yang dilaporkan orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Laki-laki

Pada laki-laki yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, salah satu efek samping yang dialami adalah disfungsi ereksi (impotensi). Seorang ahli reproduksi dari Sekolah Kedokteran New York University, dr. Andrew McCollough menjelaskan bahwa disfungsi ereksi terjadi pada laki-laki yang kelebihan berat badan karena tingginya risiko penyempitan arteri. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak pada pembuluh darah di sekitar area penis.     

Perempuan

Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas juga mengalami masalah aliran darah yang tidak lancar, seperti halnya laki-laki. Kelebihan lemak tubuh bisa menghambat arteri yang mengalirkan darah pada daerah panggul. Akibatnya, klitoris dan vagina pun jadi sulit bereaksi terhadap rangsangan seksual.

Berat badan mempengaruhi kepercayaan diri saat bercinta

Selain gairah seks yang menurun, sebagian orang dengan berat badan berlebih atau obesitas juga mengalami masalah kepercayaan diri ketika berhubungan seks dengan pasangannya. Pasalnya, selama ini wanita dengan tubuh seksi dan ramping selalu menjadi simbol seks. Sementara, orang bertubuh gemuk sangat jarang ditampilkan sebagai sosok yang sensual.

Pengaruh media ini bisa membuat banyak orang dengan berat badan berlebih hilang kepercayaan diri. Muncul kekhawatiran bahwa pasangannya tak akan bergairah ketika bercinta dengan orang yang tubuhnya gemuk. Kekhawatiran ini sulit hilang, bahkan jika pasangannya tak merasa keberatan sama sekali. Akibatnya, hasrat untuk bercinta pun jadi lebih mudah padam.

Tips meningkatkan gairah dan kualitas seks jika Anda gemuk

Masalah seks bisa terjadi pada siapa saja dengan bentuk tubuh seperti apa pun. Tubuh yang ramping dan seksi tak menjamin gairah dan kualitas seks yang memuaskan. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengendalikan berat badan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menurunkan berat badan yaitu stamina bertambah, tubuh semakin lentur dan lincah, hingga peredaran darah lebih lancar. Hal-hal tersebut tentu bisa membuat kehidupan seks Anda dan pasangan jadi lebih memuaskan.

Cara lain untuk menambah gairah seks bagi pasangan dengan berat badan berlebih atau obesitas adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri. Belajarlah untuk mencintai diri sendiri dan mulai menjalani gaya hidup sehat. Jika masalah kepercayaan diri terasa begitu membebani, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis atau konselor pernikahan.

Kalau segala cara sudah ditempuh tapi tak membuahkan hasil juga, jangan ragu untuk menemui dokter Anda. Berkonsultasi dengan dokter bisa membantu Anda mencari akar masalahnya dan mengusahakan solusi yang terbaik.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan minuman manis penyebab impotensi

Betulkah Makanan dan Minuman Manis Bisa Bikin Pria Impoten?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit