5 Kandungan Skin Care yang Bikin Kulit Makin Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak seperti kulit normal, merawat kulit berminyak membutuhkan strategi khusus. Pasalnya, Anda perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih produk perawatan kulit. Direktur Bedah Kosmetik dan Penelitian Klinis di Mount Sinai, New York, dr. Joshua Zeichner menyatakan bahwa memakai produk perawatan kulit yang tidak tepat pada kulit berminyak justru bisa menyebabkan iritasi atau memunculkan jerawat. Untuk itu, ada berbagai bahan dalam produk perawatan kulit yang sebaiknya dihindari bila memiliki kulit berminyak.

Bahan yang perlu dihindari jika memiliki kulit berminyak

Sebelum membeli produk perawatan kulit tertentu, ada baiknya untuk membaca dan melihat dengan jelas bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Berikut berbagai kandungan bahan yang perlu dihindari saat Anda memiliki kulit berminyak:

1. Minyak mineral

Manfaat Petroleum Jelly Vaseline

Minyak mineral adalah turunan dari petroleum atau bahan bakar fosil yang biasa disebut dengan minyak bumi. Minyak ini memiliki nama lain yaitu paraffin oil atau petroleum oil. Sementara itu, pertolatum atau petroleum jelly adalah turunan mineral oil yang memiliki struktur lebih padat seperti lilin.

Minyak mineral pada dasarnya cocok digunakan jika Anda memiliki kulit yang sangat kering. Namun, jika Anda memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari penggunaan bahan yang satu ini karena akan membuat kulit semakin berminyak. Akibatnya, pori-pori wajah akan tersumbat hingga menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

Sebagai gantinya, pilih produk berbahan dasar air dalam bentuk krim, gel, atau losion ringan. Selain itu, pastikan untuk mencari produk dengan tulisan nonkomedogenik pada kemasan. Nonkomedogenik artinya produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda sehingga tidak memicu jerawat.

2. Alkohol

cara pakai toner

Produk berbahan dasar alkohol seperti toner memang dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. Namun, produk ini juga terkadang bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Akibatnya, kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembut.

Akibatnya, minyak berlebih ini kemudian terperangkap di wajah. Minyak menjadi salah satu tempat favorit bakteri. Saat kulit berminyak Anda dipenuhi oleh bakteri maka bukan tidak mungkin jerawat akan tumbuh dengan subur dan mengiritasi wajah.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menggunakan berbagai produk berbahan dasar alkohol. Sebaliknya, gunakan pembersih lembut seperti micellar water untuk membersihkan kulit wajah Anda.

3. Minyak kelapa

minum minyak kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat, tetapi tidak untuk kulit berminyak. Pasalnya, minyak kelapa termasuk salah satu bahan yang sangat komedogenik. Artinya, minyak kelapa mampu menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan komedo yang bisa berujung jerawat. Untuk itu, sebaiknya hindari produk perawatan kulit wajah yang mengandung minyak kelapa.

4. Silikon

memilih foundation sesuai jenis kulit

Silikon banyak digunakan pada produk-produk makeup seperti bedak atau foundation. Sayangnya, produk yang mengandung silikon hanya mempercantik riasan Anda saja. Sebaliknya, silikon bisa menutup dan menyumbat pori-pori di wajah Anda.

Wajah yang berminyak disertai pori-pori yang tersumbat membuat kulit Anda menjadi kesulitan untuk bernapas. Akibatnya, jangan heran jika setelah Anda menghapus makeup, jerawat justru akan bermunculan.

5. Paraben

Paraben adalah bahan yang banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan dan kecantikan. Penggunaan senyawa kimia yang satu ini juga pada dasarnya telah disetujui oleh Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat (yang setara dengan BPOM di Indonesia) untuk digunakan dalam sampo, produk perawatan kulit, hingga pewarna rambut.

Namun, paraben dikhawatirkan dapat memperburuk jerawat yang biasanya banyak menyerang orang dengan kulit berminyak. Pasalnya, paraben dapat meniru hormon estrogen di dalam tubuh. Jika hal ini terjadi dan hormon alami tubuh menjadi terpengaruh, bukan tidak mungkin jerawat Anda justru menjadi semakin parah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi dan Aturan Penting Merawatnya

Merawat kesehatan kulit kombinasi tentu tidak semudah merawat satu jenis kulit saja. Psstt, intip 10 cara ini bisa menjaga kulit kombinasi Anda tetap sehat!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Kulit Berminyak

%%title%% adalah masalah kulit umum di Indonesia. Cari tahu tanda, penyebab, serta cara merawat dan mencegah kulit berminyak di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit

Paraben dalam Kosmetik: Benarkah Berbahaya?

Paraben sering dianggap sebagai barang "haram" dalam kosmetik karena dianggap bisa memicu kanker. Bagaimana bukti ilmiahnya?

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 8 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Beragam Minyak dari Bahan Alami untuk Rambut yang Lebih Sehat

Sebelum Anda coba menggunakan produk perawatan rambut dari bahan kimia, Anda bisa coba cara alami ini dulu. Yuk, coba minyak rambut alami berikut ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara cuci muka yang benar

Cara Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Bebas dari Kotoran

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
manfaat semangka

6 Manfaat Semangka bagi Kecantikan: Obat Jerawat Hingga Mengurangi Minyak Wajah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 10 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Pelembap untuk Kulit Berminyak

Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit