home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Perut Kadang Terasa Mual Saat Lapar?

Kenapa Perut Kadang Terasa Mual Saat Lapar?

Mual adalah salah satu gejala yang menandakan ada masalah pada sistem pencernaan Anda. Salah satu kondisi yang menjadi penyebab mual adalah saat Anda merasa lapar. Pada beberapa orang lapar atau telat makan bisa memicu kondisi mual terjadi. Terkadang mual ini juga dirasakan saat lapar di pagi hari. Apa penyebabnya?

Penyebab perut terasa mual saat lapar

Dikutip dari Live Science, dr Christine Lee, ahli gastroenterologis di Cleveland Clinic mengatakan bahwa lapar memang bisa bikin perut terasa mual. Ini karena perut manusia akan menghasilkan asam klorida atau asam lambung yang digunakan untuk mengolah makanan agar menjadi energi dan membuat sisanya.

Apabila Anda belum makan dalam waktu lama dan merasa lapar, asam lambung dapat menumpuk di dalam perut. Asam lambung yang menumpuk dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan refluks asam. Efeknya Anda akan merasa mual seperti mau muntah.

Selain itu, ada alasan lain kenapa tubuh terasa mual saat lapar. Kondisi ini terjadi karena lapar dan mual terjadi disebabkan oleh sinyal- sinyal di dalam tubuh. Sinyal-sinyal ini diatur oleh sistem endokrin yang menggunakan aliran darah untuk berkomunikasi. Sinyal ini akan diproses tubuh menjadi hormon agar informasinya bisa sampai ke otak.

Sayangnya, menurut dr. Lee ada beberapa orang yang tubuhnya sensitif terhadap kadar hormon tinggi. Sensitivitas terhadap hormon ini dapat membuat beberapa orang mengalami mual ringan ketika mereka lapar. Namun, apabila kondisi lapar sampai menyebabkan mual parah, ini bisa menandakan adanya kelainan atau masalah kesehatan lain, bukan sekadar lapar.

Saat lapar dan mual, makanan jenis apa yang harus dimakan?

Ketika telat makan, lapar, dan muncul rasa mual mendera, Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang bisa meredakan mual. Berikut adalah contoh makanannya:

1. Makan pisang

Pisang dapat membantu memulihkan rasa mual karena kandungan kaliumnya. Rasa pisang juga cenderung hambar dan bisa menjadi makanan pembuka pada perut yang masih terasa mual. Setelah makan pisang, baru Anda bisa makan makanan padat lainnya yang lebih terasa bumbunya.

2. Sop ayam

Sop ayam adalah salah satu makanan yang dapat dimakan saat mual dan lapar mendera. Sop ayam hangat berkuah dapat ditoleransi dengan lebih baik ketika Anda sedang mual. Makanan ini juga dapat mencegah dehidrasi dan elektrolit untuk menjaga kseimbangan cairan di dalam tubuh yang sedang lapar.

3. Makan nasi

Nasi adalah pilihan terbaik untuk dimakan ketika mual karena lapar datang. Walaupun hambar, nasi mudah dicerna oleh usus dan lambung. Hal ini berlaku dibanding Anda langsung makan makanan pedas, berminyak, beraroma kuat.

Makan makanan yang pedas dan berminyak bisa menyebabkan mual semakin terasa. Selain itu, nasi juga mengandung kalori yang tinggi, pas untuk Anda yang ingin menambah energi sewaktu lapar.

4. Jangan lupa minum air mineral

Selain makan makanan di atas, Anda sementara juga bisa menangani mual saat lapar dengan minum.segelas air putih. Air putih atau air mineral dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan menghindari sakit kepala yang muncul akibat efek mual dan lapar.

Mulailah dengan meminum sedikit dalam jumlah sedikit sampai Anda merasa mual di perut mereda. Jangan minum air terlalu banyak, karena bisa membuat perut kembung dan mual jadi lebih terasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

Why nauseous when hungry  https://www.livescience.com/why-nauseous-when-hungry.htmldiakses pada 06 November 2019

Foods that help relieve nausea https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diet/foods-that-help-relieve-nausea/ diakses pada 06 November 2019

Foods that fight heartburn  https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/foods-that-fight-heartburn#2 diakses pada 06 November 2019

Foods to eat when nauseaous https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-eat-when-nauseous#section8 diakses pada 06 November 2019

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 15/01/2020
x