backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Sama-Sama Bisa Dikonsumsi, Ini Perbedaan Air Mineral dan RO

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/02/2024

Sama-Sama Bisa Dikonsumsi, Ini Perbedaan Air Mineral dan RO

Apakah Anda masih menganggap bahwa semua jenis air minum itu sama? Nyatanya, ada sejumlah jenis air yang dapat dikonsumsi seperti Reverse Osmosis (RO) dan mineral. Meskipun sama-sama dapat dikonsumsi, kedua jenis air ini tergolong berbeda. Lantas, apa perbedaan manfaat air mineral dan RO? Kenali perbedaannya berikut ini.

Apa pengertian air mineral dan RO?

Tidak semua air minum dapat disebut sebagai air mineral. Sebab, ada jenis air minum selain mineral yang juga dapat dikonsumsi, yaitu air RO.

Air RO adalah jenis air minum melalui proses pengolahan dengan menggunakan mesin Reverse Osmosis, yang berguna untuk menyaring air agar lebih sehat dan layak diminum.

Penyaringan yang menggunakan mesin Reverse Osmosis ini dapat membuang kotoran-kotoran air RO sehingga layak untuk Anda konsumsi. Hal ini tentu berbeda dengan air mineral.

Perlu Anda Ketahui

Air mineral merupakan jenis air minum yang memiliki kandungan mineral di dalamnya. Proses penyaringan air mineral pun tidak menggunakan mesin Reverse Osmosis seperti air RO.

Oleh karena perbedaan inilah, air mineral dan RO merupakan dua jenis air minum yang berbeda.

Perbedaan air mineral dan RO

Selain memahami perbedaan air mineral dan RO dari segi pengertiannya, ada sejumlah faktor lain yang perlu diketahui dalam membedakan kedua jenis air minum ini. 

Perbedaan air mineral dan RO di antaranya meliputi dari segi sumber, kandungan, dan proses pengolahannya, berikut ulasannya.

1. Sumber

Air mineral dikenal sebagai jenis air minum yang diambil dari sumber mata air pegunungan, sehingga membuatnya tinggi kandungan mineral. Padahal, tidak semua air mineral diambil dari sumber mata air alami.

Nyatanya, air mineral juga bisa terbagi menjadi dua jenis berdasarkan sumber mineralnya, yaitu:

  • air mineral dengan kandungan mineral murni dari pegunungan
  • air mineral yang diolah dengan zat mineral tambahan karena tidak memiliki cukup mineral.

Dari kedua sumber ini, air mineral yang murni dari pegunungan tentu lebih baik daripada air yang memperoleh zat tambahan mineral karena relatif mengandung mineral lebih tinggi.

Mengutip jurnal dari Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, air mineral yang diambil dari sumber alami juga bermanfaat bagi tubuh karena kandungan mineral alaminya berguna untuk menunjang kesehatan.

Sementara itu, air RO juga perlu Anda pahami dari segi sumbernya. Pasalnya, air RO hanya berfokus pada proses penyaringan yang menggunakan mesin khusus, sumbernya pun bisa lebih beragam.

Sumber air RO bisa didapat dari air ledeng (PAM), air sumur, sungai, danau, atau air alam lainnya.

2. Kandungan di dalam air mineral dan RO

Air mineral dan RO juga memiliki perbedaan dari segi kandungan yang terdapat di dalamnya. Sesuai namanya, air mineral cenderung memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi daripada air RO.

Kandungan mineral yang ada pada air mineral pun tergolong beragam, meliputi magnesium, zat besi, natrium, serta mineral lainnya.

Sementara itu, air RO lebih banyak mengandung senyawa H20 atau murni air saja. Hal ini dikarenakan proses penyaringan atau filtrasi air RO, membuat kandungan mineral turut berkurang bersamaan dengan kotoran-kotorannya.

Oleh karena itu, meski sama-sama dapat diminum, air RO tidak memiliki kandungan mineral yang sama dengan air mineral.

3. Pengolahan sebelum dapat dikonsumsi

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya pada penjelasan terkait pengertian kedua jenis air minum ini, air mineral dan RO memiliki perbedaan dari segi proses pengolahannya.

Air RO melewati proses penyaringan dengan menggunakan mesin Reverse Osmosis yang membuatnya lebih layak untuk dikonsumsi.

Tahukah Anda?

Air mineral diambil terlebih dahulu dari sumber mata air terpilih lalu disaring untuk dihilangkan dari bakteri atau mikroorganisme yang bisa membahayakan tubuh.

Pilihlah jenis air minum yang tepat

Meski memiliki sejumlah perbedaan yang saling signifikan, baik air mineral maupun air RO, sama-sama layak dan aman untuk Anda konsumsi.

Sebab, keduanya sama-sama telah melewati beragam proses penyaringan agar tidak membahayakan tubuh.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan beragam manfaat dari air minum agar tubuh lebih bugar, air mineral bisa jadi pilihan tepat. Pastikan Anda memilih air mineral yang terjamin kualitasnya.

Pilihlah air mineral yang diproses secara murni dari pegunungan alami supaya kandungan mineralnya bisa mendukung kesehatan tubuh Anda.

Jangan salah pilih, karena hanya AQUA yang 100% murni air mineral pegunungan dan berasal dari 19 gunung terlindungi di Indonesia.

aqua

AQUA juga telah disaring secara alami oleh berlapis-lapis bebatuan kaya mineral, sehingga lebih terasa dingin alami walau tidak didinginkan dan mengandung mineral yang baik untuk kesehatan Anda.

Selalu konsumsi air putih yang cukup setiap harinya agar kebutuhan cairan terpenuhi dan tubuh tetap bugar!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan