home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Obat Maag PPI, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Mengenal Obat Maag PPI, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Penghambat pompa proton atau proton pump inhibitor (PPI) adalah jenis obat maag untuk meredakan asam lambung. Obat ini membantu mengatasi keluhan akibat infeksi bakteri H. pylori, tukak lambung, serta gangguan pencernaan lainnya terkait asam lambung.

Seperti jenis obat maag lainnya, ada aturan minum yang perlu dipatuhi agar obat PPI dapat bekerja secara optimal dengan efek samping yang lebih kecil. Berikut berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang obat yang satu ini.

Apa itu obat proton pump inhibitor?

obat untuk sakit kepala sebelah kiri

Proton pump inhibitor (PPI) adalah golongan obat yang bekerja langsung pada sel-sel lambung untuk menurunkan produksi asam. Ada lima jenis obat yang termasuk dalam golongan ini, yaitu omeprazol, lansoprazol, rabeprazol, pantoprazol, dan esomeprazol.

Omeprazol adalah obat pertama yang disetujui digunakan secara klinis pada 1988 di Eropa dan dua tahun berikutnya di Amerika. Omeprazol pun dengan cepat menandingi ketenaran obat H2 blocker (cimetidin, ranitidin) dalam mengatasi gejala terkait asam lambung.

Tahun 1996, omeprazol dengan merek dagang Losec menjadi obat terlaris di dunia. Pada 2004, lebih dari 800 juta pasien di seluruh dunia telah diobati dengan obat ini.

Cerita sukses omeprazol tidak membuat para kompetitor tinggal diam. Sederet obat golongan PPI baru pun dikembangkan oleh industri farmasi yang berbeda, yaitu lansoprazol, pantoprazol, rabeprazol, esomeprazol, dan dekslansoprazol.

Dari semuanya, apakah ada yang lebih baik satu dibanding lainnya? Pada 2003, terbit hasil studi meta-analisis untuk membandingkan berbagai obat PPI. Hasilnya, tak ada perbedaan yang berarti untuk pengobatan GERD dan infeksi bakteri H. pylori.

Meski begitu, esomeprazol sedikit lebih unggul dibanding omeprazol. Ini disebabkan karena esomeprazol hanya menggunakan bentuk aktifnya saja, sedangkan omeprazol menggunakan campuran bahan aktif dan tidak aktif.

Kegunaannya bagi sistem pencernaan

pengobatan trikomoniasis

Obat golongan proton pump inhibitor umumnya digunakan untuk gangguan kesehatan yang berkaitan dengan produksi asam lambung berlebih. Namun, kegunaan PPI tidak berhenti sampai di situ.

Pada umumnya, PPI digunakan untuk mengobati dan/atau mencegah berbagai kondisi berikut.

  • Tukak pada lambung dan usus dua belas jari.
  • Mengurangi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang bisa menyebabkan nyeri dan sensasi panas pada ulu hati (heartburn). Ini adalah gejala utama dari gastroesophageal reflux disease (GERD).
  • Infeksi bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan luka pada lambung.
  • Pengobatan dan pencegahan akibat tukak yang disebabkan jenis obat pereda nyeri antiradang (NSAID).
  • Pada kondisi lainnya yang perlu ditangani dengan mengurangi produksi asam lambung.
  • Sindrom Zollinger-Ellison, yaitu suatu kondisi langka saat terdapat tumor pada pankreas. Tumor yang disebut gastrinoma ini menghasilkan banyak hormon gastrin yang memicu produksi asam lambung berlebih.
  • Terapi perawatan pada GERD kambuhan, terutama pada esofagitis (peradangan kerongkongan) tingkat II dan III.
  • Penyakit komplikasi GERD seperti esophageal strictures, Barrett’s esophagus, dan gejala di luar kerongkongan atau nyeri dada.

Cara kerja obat PPI

fungsi lambung

Sel-sel lambung secara alamiah memproduksi asam lambung guna membantu proses pencernaan. Akan tetapi, produksi asam lambung yang berlebihan bisa menyebabkan peradangan serta iritasi pada lambung, kerongkongan, dan usus.

Obat maag jenis PPI bekerja dengan cara menghambat reaksi kimia antara hidrogen, kalium, serta enzim adenosin trifosfatase. Sistem yang dikenal juga sebagai ‘pompa proton’ ini terdapat pada sel-sel penyusun dinding lambung yang memproduksi asam.

Terhambatnya pompa proton membuat asam lambung tidak dapat keluar ke lapisan lumen lambung. Dengan begitu, produksi asam lambung pun menurun secara drastis sehingga gejala gangguan pencernaan turut berkurang.

Berkat cara kerjanya, obat PPI tidak hanya ampuh untuk meredakan GERD. Obat ini juga diandalkan untuk mengatasi tukak lambung dan usus (peptic ulcer disease) serta kerusakan kerusakan kerongkongan yang disebabkan oleh paparan asam lambung.

Jenis obat yang tersedia

obat maag

Obat proton pump inhibitor terdiri dari obat resep dan non-resep. Di banyak negara, omeprazol dapat dibeli dengan bebas tanpa resep dokter. Akan tetapi, pada kemasan tertulis maksimal pemakaian 14 hari dan hanya untuk indikasi heartburn atau maag.

Beberapa merek lansoprazol dan pantoprazol juga tersedia di apotek. Sementara itu, rabeprazole hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Hal yang sama pun berlaku bila Anda tidak cocok menggunakan obat non-resep

Apabila obat non-resep tidak memberikan hasil, dokter dapat memberikan obat PPI resep. Anda pun perlu menghentikan konsumsi obat sebelum satu bulan. Segeralah berkonsultasi kepada dokter agar Anda bisa mendapatkan pilihan pengobatan lain.

Efek samping obat PPI

maag saat puasa obat Omeprazole

Bisa dikatakan bahwa proton pump inhibitor merupakan obat maag yang sangat ditoleransi dengan baik dan aman. Meski begitu, PPI tidak berbeda dengan obat-obatan lain yang memiliki risiko efek samping.

Efek samping yang biasanya muncul adalah:

Meski relatif aman, proton pump inhibitor mungkin tidak cocok untuk beberapa orang. Omeprazole yang dinilai aman sekalipun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit hati, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Selain itu, perlu diketahui bahwa produksi asam lambung yang menurun drastis bisa memudahkan perkembangbiakan bakteri. Contoh bakteri tersebut yaitu Clostridium difficile penyebab diare dan bakteri penyebab pneumonia pada paru-paru.

Pemakaian jangka panjang PPI juga bisa mengganggu penyerapan beberapa zat gizi seperti magnesium, kalsium, vitamin B12, dan zat besi. Oleh sebab itu, penggunaan obat PPI sebaiknya selalu dilakukan dalam pengawasan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Proton Pump Inhibitors. (2020). Retrieved 20 January 2021, from https://patient.info/digestive-health/indigestion-medication/proton-pump-inhibitors

Proton-pump inhibitors. (2011). Retrieved 20 January 2021, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/proton-pump-inhibitors

Proton Pump Inhibitors (PPIs). (2020). Retrieved 20 January 2021, from https://www.aboutgerd.org/medications/proton-pump-inhibitors-ppis.html

Zollinger-Ellison syndrome. (2020). Retrieved 20 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/zollinger-ellison-syndrome/symptoms-causes/syc-20379042

Farrell, B., Pottie, K., Thompson, W., Boghossian, T., Pizzola, L., Rashid, F. J., Rojas-Fernandez, C., Walsh, K., Welch, V., & Moayyedi, P. (2017). Deprescribing proton pump inhibitors: Evidence-based clinical practice guideline. Canadian family physician Medecin de famille canadien, 63(5), 354–364.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Sarmoko, Apt.
Tanggal diperbarui 07/02/2021
x