home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sudah Mau Bersin tapi Gagal, Apa Penyebabnya?

Sudah Mau Bersin tapi Gagal, Apa Penyebabnya?

Sebelum bersin, Anda akan merasakan sensasi gatal menggelitik pada hidung. Untuk melegakannya, Anda akan bersin. Namun, pernahkah Anda merasakan beberapa kali gagal bersin padahal hidung sudah sangat gatal? Kira-kira, apa penyebabnya seseorang tidak jadi bersin?

Penyebab Anda tiba-tiba tidak jadi bersin

Bersin memang mengganggu, terutama jika terjadi berulang kali. Ini terjadi karena saraf memberi tahu otak untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu hidung dan tenggorokan.

Biasanya, bersin disebabkan oleh kondisi hidung gatal. Ini bisa dipicu oleh banyak hal, seperti masalah pernapasan, menghirup debu, atau rempah-rempah tertentu. Setelah bersin, biasanya hidung Anda akan jadi lebih lega.

Namun, tidak semua hidung gatal akan berakhir dengan bersin. Malah bisa jadi, Anda tidak jadi bersin sama sekali.

Kira-kira, apa yang menyebabkan Anda gagal bersin?

1. Anda menjepit hidung

bersin melihat cahaya terang

Dilansir oleh Web MD, Neil Kao, MD, spesialis alergi dan asma menyebutkan salah satu hal yang bisa membuat Anda gagal bersin adalah menjepit hidung. Menurutnya, mencoba bernapas melalui mulut dan menjepit ujung hidung dengan tangan ketika ingin bersin, dapat menghentikan bersin.

Tindakan disengaja tersebut kemungkinan dapat mengurangi aktivitas saraf yang bertugas mengirimkan perintah pada otak untuk bersin. Meski kadang berhasil menghentikan bersin, tindakan ini tidak disarankan oleh para ahli medis.

Pasalnya, menahan bersin dengan memegang hidung dan menutup mulut dapat mematahkan tenggorokan bagian belakang. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang tidak bisa berbicara atau menelan, dan Anda akan menahan sakit yang luar biasa.

Selain itu, menahan bersin dengan cara tersebut juga bisa menyebabkan komplikasi berbahaya. Salah satu contoh komplikasi yang bisa terjadi yakni pneumomediastinum (terperangkapnya udara di daerah mediastinum), perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang), dan pecahnya aneurisma otak (membengkaknya pembuluh darah di otak).

2. Anda mungkin mengalami masalah THT

Selain dihentikan secara sengaja, tidak jadi bersin ternyata menjadi gejala dari masalah THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Kondisi ini bisa menjadi pertanda sakit flu, infeksi telinga, sinusitis, rhinitis alergi, dan sakit tenggorokan.

Semua kondisi tersebut bisa memicu hidung gatal yang bisa membuat Anda bersin atau hanya sekadar sensasi hidung gatal berair saja tanpa bersin.

Cara aman untuk meredakan hidung gatal dan bersin

gurah

Terjebak dengan kondisi hidung gatal dan gagal bersin, pasti membuat Anda terganggu. Namun, menahan bersin juga bukan hal yang baik. Jadi, harus bagaimana?

Supaya terbebas dari hidung gatal dan terus bersin, Anda bisa mengikuti beberapa tips aman berikut ini.

1. Minum banyak air putih

Minum banyak air putih dapat melembapkan kembali kondisi hidung yang kering karena infeksi. Dengan begitu, gejala hidung gatal yang membuat Anda gagal bersin akan mereda.

Selain air putih, Anda bisa membuat teh hangat dengan seiris lemon. Uap hangat dari minuman ini bisa membantu membersihkan sinus dan melegakan pernapasan.

2. Hindari pemicu

Penyebab seseorang mengalami hidung gatal dan gagal bersin adalah alergi. Untuk itu, menghindari pemicunya bisa membebaskan Anda dari kondisi tersiksa akibat tidak jadi bersin.

Contohnya, menggunakan masker saat keluar rumah atau saat membersihkan rumah. Jangan lupa pasang humidifier agar udara dalam ruangan tetap lembap.

3. Minum obat

Untuk meredakan gejala, jangan lupa minum obat secara rutin. Pastikan Anda memiliki persediaan obat sesuai saran dokter di rumah.

Ini memudahkan Anda untuk mengatasi hidung gatal dan bersin-bersin akibat alergi atau rhinitis alergi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sneezing. https://medlineplus.gov/ency/article/003060.htm. Accessed on May 28th, 2019.

Why is my nose tingling inside? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321664.php. Accessed on May 28th, 2019.

What’s An ENT? https://www.enthealth.org/whats-an-ent/. Accessed on May 28th, 2019.

Sneezing: Myths, Causes, and Surprising Facts. https://www.webmd.com/allergies/features/11-surprising-sneezing-facts#1. Accessed on May 28th, 2019.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 28/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x