backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

Gagal Bersin Bikin Hidung Gatal? Ini 10 Cara agar Bisa Bersin

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 28/02/2024

Gagal Bersin Bikin Hidung Gatal? Ini 10 Cara agar Bisa Bersin

Ingin bersin atau bangkis tetapi tidak jadi bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa gatal pada hidung yang kerap mengganggu akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman menjalankan sisa hari tersebut. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara agar Anda dapat bersin dengan sendirinya.

Berbagai cara agar bisa bersin

Susah bersin mungkin bisa membuat Anda frustrasi, terutama ketika ingin membersihkan saluran hidung atau hidung sedang tersumbat.

Daripada kelamaan frustrasi, coba tips-tips di bawah ini agar Anda terlepas dari gangguan tersebut.

1. Menggunakan tisu

fakta bersin

Selain untuk membersihkan cairan yang keluar dari hidung Anda, tisu juga dapat memicu agar Anda bisa bersin. Begini caranya.

  1. Gulung tisu menjadi satu titik yang runcing.
  2. Masukkan sisi yang tajam tersebut ke dalam lubang hidung.
  3. Lalu goyangkan sedikit.

Cara ini dapat merangsang saraf trigeminal yang mengirimkan pesan ke otak Anda agar bisa terjadi bersin. Tidak jarang ketika Anda melakukan ini muncul sensasi menggelitik yang melanda di sekujur tubuh Anda.

Nah, Anda juga harus berhati-hati agar tidak terlalu dalam memasukkan ujung tisu ke lubang hidung supaya tidak melukai rongga hidung.

2. Menghadap ke cahaya yang terang

Salah satu cara agar Anda bisa bersin, yaitu melihat ke cahaya yang sangat terang. Sebenarnya, kondisi ini disebut dengan bersin fotik dan biasanya diturunkan oleh keluarga Anda.

Walaupun cara ini tidak efektif bagi semua orang, tidak ada salahnya untuk mencoba agar bisa menghilangkan gangguan pada hidung Anda ini.

Sebelum menatap cahaya, Anda harus menutup mata terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mata Anda tidak langsung terpapar cahaya dan membuat gangguan pada mata Anda.

Apa yang menyebabkan bersin?


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bersin, di antaranya sebagai berikut.
  • Alergi: terhadap serbuk sari, debu, atau bulu hewan.
  • Infeksi: flu atau pilek.
  • Iritan: asap rokok, parfum, polusi udara.
  • Benda asing. 

3. Mencium rempah

Mulai dari lada hitam, gilingan cabai, hingga ketumbar sebenarnya efektif untuk membuat Anda bersin.

Senyawa piperin dalam berbagai jenis lada dapat mengiritasi selaput lendir hingga menyebabkan Anda bersin.

Jika di rumah terdapat toples berisi rempah-rempah yang sudah ditumbuk atau digiling, Anda bisa membuka dan menghirupnya. Memasak menggunakan rempah sejenis capsaicin pun dapat memicu bersin.

4. Mengonsumsi cokelat hitam

Menurut UCLA Health, kandungan kakaonya yang tinggi membuat cokelat hitam dapat dijadikan sebagai alternatif agar Anda bisa bangkis. Cara ini biasanya ampuh untuk orang yang tidak memiliki alergi terhadap cokelat.

Penggunaan cokelat hitam sebagai cara agar bisa bersin ternyata juga masuk dalam kategori bersin fotik.

Walaupun belum ada penelitian yang lebih jelas mengenai hal ini, tidak ada salahnya untuk mengunyah cokelat hitam agar rasa gatal pada hidung hilang.

5. Memijat bagian pangkal hidung

Memberikan pijatan pada pangkal hidung Anda ternyata ampuh sebagai cara untuk bersin.

Cobalah untuk menekan pangkal hidung Anda dengan gerakan ke bawah. Lakukan hal ini sampai Anda merasakan sensasi menggelitik di belakang hidung.

Eits, tetapi tidak boleh terlalu keras ya memijatnya. Cukup menekan pangkal hidung secukupnya dan cairan di hidung Anda pun bisa keluar dengan lancar.

6. Memijat langit mulut dengan lidah

langit langit mulut melepuh

Selain pangkal hidung, Anda bisa memijat langit-langit mulut dengan lidah. Hal ini dinilai cukup efektif karena memicu saraf trigeminal yang ada di langit mulut.

Anda bisa melakukannya dengan menekan ujung lidah pada mulut bagian atas. Kemudian, Anda pun harus mencari-cari tahu posisi mana yang bisa memicu Anda bangkis.

7. Mencabut bulu hidung 

Selain memijat langit mulut dengan lidah, mencabut bulu hidung juga dapat merangsang saraf trigeminal dan membuat Anda bersin. 

Anda juga bisa memikirkan hal-hal yang mungkin membuat hidung gatal agar lebih mudah bangkis. Hal ini karena lapisan hidung adalah area yang sensitif. 

8. Cabut alis

Bila Anda ragu untuk mencabut bulu hidung, Anda juga bisa mencoba mencabut sehelai alis Anda menggunakan pinset guna membantu Anda bersin. 

Sebab mencabut alis dapat mengiritasi ujung saraf di wajah dan merangsang saraf hidung. Bagian dari saraf ini melintasi alis, sehingga Anda mungkin dapat langsung bersin. 

9. Pergi ke tempat yang sejuk 

Seseorang mungkin akan lebih mudah atau sering bersin saat berada di tempat yang dingin. Oleh karena itu, bila Anda mencari cara agar bisa bersin, pergilah ke tempat yang sejuk atau dingin. 

Hal ini karena lapisan saluran hidung juga dapat berpengaruh saat Anda menghirup udara dingin. Ini dapat mengiritasi saraf dan menyebabkan Anda bangkis. 

10. Mengonsumsi sesuatu yang bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang bersin pada beberapa orang.

Minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida, yang bisa merangsang iritasi pada hidung dan menyebabkan bangkis pada beberapa individu yang peka terhadap rangsangan tersebut. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk membuat Anda bangkis. Perlu diingat, respons terhadap setiap individu mungkin akan berbeda-beda. 

Oleh karena itu, bila seseorang mengalami kesulitan bersin atau memiliki masalah kesehatan yang mencegahnya, sebaiknya berkonsultasi kepada profesional medis untuk saran lebih lanjut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 28/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan