home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Uang termasuk salah satu benda paling kotor karena dihuni berbagai jenis bakteri. Dengan alasan tersebut, Anda disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan baik setelah memegang uang lembaran ataupun koin. Sayangnya, meski sudah paham dan mengerti akan hal ini, orang-orang seringkali lupa atau menghiraukan kewajiban untuk mencuci tangan setalah melakukan kontak langsung dengan uang. Bakteri atau kuman pada uang kertas dan koin dapat menempel di tangan, lalu kemungkinan besar masuk ke dalam tubuh secara disadari atau tidak saat Anda memegang mata, hidung, atau mungkin mulut.

Jenis dan risiko penyakit dari bakteri pada uang kertas dan koin

mysophobia, takut kotor, phobia kuman

Mengingat uang telah berpindah dari satu tangan ke tangan lain, tidak heran jika terdapat ratusan hingga ribuan bakteri dan kuman pada uang. Penelitian menunjukkan bahwa dalam selembar uang kertas membawa 3.000 jenis bakteri. Sebagian besar bakteri yang ditemukan merupakan jenis yang biasa terdapat pada kulit manusia, dan sisanya mirip dengan bakteri yang ada dalam mulut.

Meski jumlah dan jenis bakteri pada uang kertas dan koin dari setiap negara berbeda, Anda dapat menjadikan beberapa penelitian dari luar sebagai bayangan mengenai betapa kotornya uang yang setiap hari Anda pegang.

Uang kertas

Dr. Ted Pope dan peneliti lain memprakarsai sebuah studi tentang uang kertas yang dikumpulkan dari penjual makanan dan toko kelontong. Dr. Ted mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah bakteri yang dikenal dapat menyebabkan keracunan makanan dan pneumonia pada manusia.

Dr. Ted dan kolega juga mengidentifikasi sebanyak 93 bakteri pada uang kertas yang mereka peroleh. Lima lembar uang di antaranya terdapat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi atau pneumonia pada orang sehat.

Dari total 59 lembar uang yang digunakan sebagai bahan penelitian, ditemukan beberapa bakteri seperti:

  • Staphylococcus
  • Streptococcus
  • Enterobacter
  • Escherichia vulneris

Semua bakteri tersebut dikenal dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, terutama infeksi pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Uang koin

Meski uang koin sekarang ini mungkin lebih jarang Anda gunakan daripada uang kertas, bakteri pada recehan, menurut Shirley Lowe dari University of California, memiliki jumlah bakteri yang hampir sama banyak.

Shirley menyatakan, “Studi yang telah saya lakukan tak hanya menemukan jumlah bakteri yang sama, tetapi juga 18 persen dari koin yang digunakan dalam penelitian terdapat organisme yang termasuk patogen (mikro-organisme yang berpotensi menyebabkan penyakit).”

Di sisi lain, Shirley mengklaim bahwa sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini. Hal ini berdasarkan alasan karena belum ditemukan kasus penyakit menular akibat bakteri dari uang. Organisme yang ditemukan pada uang memang berpotensi menyebabkan penyakit. Akan tetapi, jumlah bakteri yang ditularkan dari uang kertas dan koin harus signifikan dan hal tersebut sangat jarang terjadi.

Kebersihan tangan tetap harus dijaga

mitos bakteri penyakit

Namun, meski bakteri pada uang kertas atau koin cukup jarang menyebabkan tertular penyakit, bukan berarti Anda melupakan pentingnya untuk menjaga kebersihan pribadi, terutama tangan. Jika berhalangan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, Anda dapat selalu sedia dan menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, hindari memegang area sekitar wajah, terutama bagian sekitar mulut, hidung, dan mata sebelum Anda mencuci tangan atau memastikan tangan sudah bebas dari bakteri.

Tidak ada yang tahu dari mana dan siapa saja yang telah melakukan kontak dengan uang yang sering Anda gunakan setiap hari. Bahkan uang dipercaya termasuk benda yang lebih kotor dari toilet. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu mencuci tangan ketika sempat atau ingat. Kebersihan pribadi hanya dapat dijaga dari diri Anda sendiri.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fletcher, B. (2017, September 8). Here’s what germs you could find on your £10 note. Retrieved March 26, 2020, from https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/news/a28828/germs-on-coins-notes/

Angelakis, E., Azhar, E. I., Bibi, F., Yasir, M., Al-Ghamdi, A. K., Ashshi, A. M., … Raoult, D. (2014, April 8). Money as a Potential Vector of Transmissible Disease. Retrieved March 26, 2020, from https://www.medscape.com/viewarticle/821787_5

Paper Money Carries Thousands of Types of Bacteria. (2014). Retrieved March 26, 2020, from https://www.webmd.com/a-to-z-guides/news/20140422/paper-money-carries-bacteria

How dirty is your money? (2011, September 14). Retrieved March 26, 2020, from https://www.health24.com/Lifestyle/Health-and-your-money/How-dirty-is-your-money-20120721

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 05/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x