15 Fakta Menarik Tentang Orang Kidal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sepuluh persen dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka harus hidup menyesuaikan diri dengan kebanyakan gadget, alat tulis kantor, perlengkapan memasak, dan berbagai benda lainnya yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang bertangan kanan.

Otak dan tubuh orang kidal beroperasi secara berbeda daripada orang tangan kanan (dan pada orang ambidextrous, yang kedua tangannya merupakan tangan dominan untuk tugas yang berbeda). “Kidal atau tidak, tampaknya ditentukan dalam tahap sangat awal dalam perkembangan janin, ketika banyak hal-hal lain tentang masa depan Anda sedang ditentukan juga,” kata Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat.

Berikut adalah 15 fakta aneh tapi menarik yang belum banyak diketahui tentang orang-orang kidal:

1. Orang-orang kidal yang terkenal sepanjang sejarah termasuk Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, Obama, dan Jimi Hendrix.

2. Hari Orang Kidal Sedunia dirayakan setiap 13 Agustus sejak tahun 1996.

3. Mengikuti dominasi tangan, orang kidal cenderung biasa mengunyah makanan di sebelah kiri, sedangkan orang-orang bertangan kanan akan mengunyah di sebelah kanan.

4. Orang-orang kidal umurnya lebih pendek tiga tahun daripada yang bertangan kanan. Lebih dari 2.500 orang kidal terbunuh setiap tahun akibat menggunakan peralatan sehari-hari yang dimaksudkan untuk orang yang dominan tangan kanan. Waduh!

5. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi prematur lebih mungkin lahir kidal.

6. Faktor genetik hanya menempati sebanyak 25% kasus dari total peluang orang lahir kidal.

7. Orang kidal lebih rentan terhadap stress pascatrauma (PTSD) daripada mereka yang bertangan kanan, menurut sebuah studi.

8. Otak orang kidal bekerja lebih cepat saat berolahraga atau bermain game komputer.

9. Menurut legenda, Lucifer dan penyihir memiliki tangan dominan kiri. Mungkin ini sebabnya banyak ritual keagamaan yang mengharuskan menggunakan tangan kanan, termasuk pelabelan tangan kanan sebagai “tangan baik”.

10. Di masa lalu, kidal sering dikaitkan dengan penyimpangan perilaku, gejala neurosis, pemberontakan, dan aktivitas kriminal. Bahkan, kata “left” (kiri/tangan kiri) dalam bahasa inggris berakar dari “lyft” dalam bahasa Anglo-Saxon, yang artinya rusak atau lemah.

11. 40 persen orang yang mengidap skizofrenia adalah orang-orang kidal, walaupun orang kidal hanya menempati 10% dari total populasi. Banyak pula tokoh kriminal terkenal yang bertangan kiri, contohnya Osama bin Laden, The Boston Strangler, dan Ted Bundy.

12. Untungnya, orang kidal kini terbukti jauh lebih cerdas daripada yang bertangan kanan! Orang-orang yang memiliki IQ lebih dari 140 lebih banyak yang bertangan kiri, menurut sebuah studi dari St. Lawrence University. Buktinya, Da Vinci, Michelangelo, Einstein, dan Newton adalah orang-orang kidal.

13. Orang kidal lebih mudah merasa malu. Sebuah uji perilaku yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan keterkaitan antara kekidalan dengan rasa malu. Menurut studi ini, banyak partisipan bertangan kiri yang melaporkan bahwa mereka lebih mudah merasa cemas dalam membuat kesalahan, dan lebih sensitif terhadap kritik. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan orang-orang kidal adalah orang yang ragu-ragu.

14. Orang kidal lebih cepat marah. Kebanyakan orang kidal menunjukkan proses emosional yang tidak seimbang antara otak kanan dan kiri mereka, salah satu akibatnya adalah sering bad mood.

15. Orang kidal minum alkohol lebih sering daripada mereka yang bertangan kanan, menurut hasil penelitian dari 12 negara yang melibatkan 25.00 partisipan. Tetapi bukan berarti mereka rentan terhadap penyalahgunaan alkohol, lho!

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada empat tipe kepribadian jika dibedakan berdasarkan watak, salah satunya adalah melankolis. Apa yang membedakan tipe ini dengan yang lain?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental 26 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Banyak orang yang mengonsumsi obat penambah tinggi badan yang dianggap bisa membuat mereka tinggi. Tapi, benarkah klain tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Mitosnya, kondisi luka gatal pertanda mau sembuh. Benarkah demikian? Mari simak tentang fakta luka pada artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
alat reproduksi wanita

Mengenal Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
ENTP

Mengenal Kepribadian ENTP, Ekstrovert Visioner yang Berjiwa Pemimpin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 27 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit