backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

5

Tanya Dokter
Simpan

Hidung Tersumbat Saat Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Roby Rizki · Tanggal diperbarui 05/01/2024

Hidung Tersumbat Saat Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cuaca merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Saat cuaca dingin, banyak orang mengeluhkan mengalami hidung tersumbat. Lantas, apa penyebab hidung tersumbat saat dingin dan bagaimana cara mengatasinya? 

Penyebab hidung tersumbat saat dingin

Mengalami hidung tersumbat ketika cuaca dingin dapat menjadi tanda bahwa hidung sedang menjalankan tugasnya.

Pada dasarnya, hidung bertugas untuk menyaring, memanaskan, dan melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Ketika udara dingin masuk ke dalam hidung, selaput hidung akan mengeluarkan air dan lendir untuk mempertahankan kondisi ideal dalam hidung, serta menambah kelembapan dan kehangatan. 

Semakin dingin dan kering kering udara, semakin banyak air dan lendir yang diproduksi, sehingga dapat menyebabkan hidung tersumbat

Namun, hidung tersumbat dapat menjadi pertanda penyakit. Berikut ini beberapa penyebab lain hidung tersumbat saat dingin. 

1. Alergi

rhinitis vasomotor

Salah satu penyebab hidung tersumbat saat cuaca dingin adalah alergi rinitis (hay fever).

Reaksi alergi ini biasanya muncul dan bertambah parah pada musim tertentu, misalnya ketika musim hujan. Itu sebabnya kondisi ini dikenal dengan istilah alergi musiman atau seasonal allergy.

Saat musim hujan, biasanya tanaman akan mulai tumbuh lebih subur, kemudian memproduksi serbuk sari dalam jumlah yang lebih tinggi.

Serbuk sari ini akan terbawa angin dan melayang di udara, kemudian masuk ke hidung dan menyebabkan munculnya reaksi alergi seperti hidung tersumbat.

Selain serbuk sari, jamur cenderung lebih aktif dan tumbuh subur ketika musim hujan. Pengidap alergi jamur pun kemungkinan akan mengalami reaksi alergi berupa hidung tersumbat.

2. Sinusitis

Jika hidung mampet saat dingin disertai dengan sensasi tertekan di wajah, hal ini dapat menjadi pertanda Anda mengalami sinusitis. Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan pada sinus. 

Sinus sendiri merupakan rongga kosong yang terdapat pada tulang pipi, sekitar mata, dan belakang mata. Fungsi dari sinus adalah untuk menjaga kehangatan, kelembapan dan menyaring udara pada rongga hidung.

Lalu apa hubungannya dengan cuaca dingin? Ketika cuaca dingin, hidung akan mengeluarkan air dan lendir untuk menjaga kondisi hidung tetap ideal. 

Penumpukan cairan di hidung ini memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan menyebabkan iritasi pada sinus.

Perbedaan sinusitis dan rinitis


Meskipun memiliki gejala yang mirip, sinusitis berbeda dari rinitis. Rinitis merupakan alergi yang memicu peradangan selaput lendir hidung bukan pada area sinus. Namun, rinitis yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan sinusitis.

3. Flu

Hidung tersumbat karena cuaca dingin juga bisa menjadi pertanda penyakit flu. Pada dasarnya, flu memang bisa terjadi kapan saja. Namun, Anda lebih mungkin terserang flu saat cuaca dingin.

Studi dalam jurnal Open Forum Infectious Diseases mengungkapkan bahwa cuaca dingin dapat meningkatkan risiko seseorang terkena influenza atau flu. 

Hal ini karena menghirup udara dingin dan kering dapat mengganggu bagian hidung yang berfungsi menyaring udara, sehingga virus dapat masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, udara dingin dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah terserang penyakit. Orang-orang juga cenderung berkumpul di dalam ruangan ketika cuaca dingin, sehingga virus dapat menyebar dengan lebih cepat. 

4. Rinitis vasomotor

Rinitis vasomotor atau rinitis nonalergi merupakan kondisi berupa peradangan pada rongga hidung. Gejala kondisi ini tidak jauh berbeda dengan rinitis alergi yakni hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Namun, berbeda dari alergi rinitis yang disebabkan oleh alergi, penyakit ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. 

Akan tetapi, kondisi ini umumnya terjadi akibat rangsangan tertentu seperti udara yang dingin dan kering, makanan pedas, polusi, atau obat-obatan.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat dingin

berapa kali cuci hidung sehari

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat

1. Menggunakan humidifier

Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Kelembapan udara yang baik dapat menjaga kesehatan saluran pernapasan. Kondisi saluran hidung pun menjadi lebih lembap, terutama saat udara dingin dan kering. 

2. Minum banyak air

Anda sebaiknya memperbanyak minum air ketika mengalami hidung tersumbat. Minum air putih dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat rongga hidung.

3. Menghirup uap hangat

Cara lainnya mengatasi hidung tersumbat saat dingin adalah dengan menghirup uap hangat. Tuangkan air hangat ke dalam baskom, lalu dekatkan wajah Anda ke dalam baskom untuk menghirup uap hangat yang keluar.

Menghirup uap hangat diketahui dapat membantu mengencerkan ingus yang menyumbat hidung. 

4.  Minum obat

Jika hidung tersumbat terjadi karena reaksi alergi, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat antihistamin atau obat alergi lainnya. 

Namun, jika tidak disebabkan oleh alergi, Anda dapat meredakan hidung tersumbat dengan mengonsumsi obat pilek yang dijual di apotek, seperti dekongestan yang dapat membantu melegakan pernapasan.

5. Irigasi hidung

Irigasi hidung atau cuci hidung juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat dingin.

Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan alat neti pot atau tabung jarum suntik yang telah diisi oleh larutan saline. Larutan ini dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung. 

6. Menggunakan nasal spray

Nasal spray atau obat semprot hidung juga dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Obat semprot hidung dijual bebas di apotek tanpa memerlukan resep dari dokter. 

Namun, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba nasal spray karena jika tidak digunakan dengan benar justru dapat memperparah kondisi alergi. 

7. Menggunakan bahan alami

Rempah alami seperti jahe, bawang putih, dan cabai juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat saat dingin. 

Hal ini karena rempah-rempah tersebut mengandung senyawa yang dapat mengurangi lendir pada rongga hidung dan melancarkan saluran pernapasan. 

Anda bisa menggunakan rempah-rempah tersebut sebagai bahan makanan atau mengolahnya menjadi minuman seperti teh jahe untuk membantu mengobati sinusitis

Nah, itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi hidung tersumbat yang terjadi akibat cuaca dingin. Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik dan disertai dengan munculnya demam, sebaiknya segera konsultasikan diri kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Roby Rizki · Tanggal diperbarui 05/01/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan