9 Penyebab Sakit Kepala Nyut-nyutan di Belakang Mata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sakit kepala yang terjadi di belakang mata bisa menjadi gejala adanya masalah mata atau sesuatu yang lebih serius. Umumnya orang yang mengeluh sakit kepala di belakang mata atau kedua matanya merasakan sensasi berdenyut, mata terasa kencang, panas, perih, dan nyeri yang sangat tajam. Banyak penyebab yang membuat orang bisa mengalami sakit kepala di belakang mata. Berikut penjelasan yang lebih lanjut penyebab sakit kepala di belakang mata.

1. Mata kering

Mata kering umumnya terjadi bagi mereka yang lebih banyak bekerja di depan komputer. Orang yang mengalami mata kering biasanya merasakan gatal, panas, dan nyeri tajam pada matanya. Jika kekeringan mata berlangsung lama maka akan mengakibatkan keluarnya air mata berlebihan sebagai respon iritasi untuk melindungi diri dari pengeringan lebih lanjut.

Anda bisa menggunakan obat tetes air mata agar mata kembali lembab, namun Anda harus segera konsultasi ke dokter jika mengalami keluhan yang lebih parah.

2. Gangguan refraksi

Saat Anda mengalami gangguan refraksi seringnya akan menyebabkan kelelahan mata dan ketidaknyamanan di area mata. Sakit kepala di belakang mata biasanya disebabkan akibat adanya astigmatisme, rabun dekat dan rabun jauh.

3. Skleritis

Skleritis adalah penyakit radang selaput putih (sklera mata). Biasanya orang yang mengalami skleritis mengalami kemerahan, nyeri, dan sensasi panas di bagian mata. Rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat dapat meningkatkan risiko terkena skleritis. Jika Anda mengalami mata merah disertai rasa sakit yang intens, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata.

4. Orbital inflammatory syndrome

Orbit adalah bagian tulang tengkorak yang berongga, tempat mata dan struktur sekelilingnya berada. Penyakit orbita dapat timbul dari dalam orbita itu sendiri atau sebagai bagian dari penyakit sistemik yang mempengaruhi beberapa jaringan atau organ tubuh. Peradangan bisa terjadi di daerah ini, namun penyebab pastinya masih sulit ditentukan. Rasa sakit dan ketidaknyamanan terjadi ketika mata melirik ke kanan-kiri atau atas-bawah dan saat area sekitar mata di sentuh.

5. Kelumpuhan saraf kranial

Saraf kranial adalah saraf yang muncul dari otak melewati lubang-lubang di tengkorak. Saraf ini berfungsi untuk mengumpulkan dan mengirim informasi antara otak dan bagian tubuh lainnya. Bila satu atau lebih saraf mengalami inflamasi dan terluka maka bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti penglihatan ganda, kelopak mata terkulai, perubahan ukuran pupil dan bahkan rasa sakit yang signifikan di daerah mata. Diabetes adalah salah satu penyebab paling umum kelumpuhan saraf kranial.

6. Neuritis optik

Neuritis optik adalah kondisi mata yang mana lapisan mielin pada saraf optik meradang sehingga mempengaruhi saraf optik dan berpotensi menyebabkan kebutaan. Seseorang yang mengalami neuritis optik biasanya mengalami gejala seperti sakit mata , penurunan ketajaman penglihatan, buta warna, dan sakit kepala yang intens. 

 7. Migrain

Penderita migrain sering mengeluh mengalami rasa sakit di belakang mata dan sakit kepala sebelah yang terasa berdenyut mulai dari intensitas sedang sampai parah. Pada sebagian orang, serangan migrain ini muncul hanya beberapa kali saja, namun ada juga penderita lain yang mengalai migrain secara berulang atau terhitung sering. Jika Anda mengalami migrain, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, obat tekanan darah, antidepresan, obat antikejang, dan yang terpenting adalah istirahat.  

8. Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan di dinding sinus. Namun tahukah Anda jika ada juga sejumlah rongga sinus di wajah dan kepala yang berpusat di sekitar mata? Nah, sakit kepala di belakang mata ini merupakan sensasi umum yang sering terjadi akibat sinusitis. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya alergi atau infeksi. Anda bisa menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. 

9. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster mengakibatkan rasa sakit luar biasa, bersifat tetap, intensif, tidak berdenyut di dalam kepala atau di belakang mata pada satu sisi kepala. Pria mengalami jenis sakit kepala ini lebih sering dari pada wanita, namun riwayat keluarga juga ikut berperan.

Gejala yang paling umum terjadi jika seseorang mengalami sakit kepala cluster adalah serangan sakit kepala yang muncul secara tidak menentu dan susah ditebak. Kadang beberapa bulan bisa bebas tanpa sakit kepala, tapi kadang muncul secara periodik selama beberapa waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gegar Otak

Gegar otak adalah kondisi yang bisa menyebabkan seseorang hilang ingatan. Penasaran dengan kondisi ini? Yuk, baca selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Otak dan Saraf 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Deviasi Septum Nasal

DefinisiApa itu deviasi septum nasal? Deviasi septum nasal, atau yang disebut juga dengan deviasi septum nasi, adalah kelainan hidung yang terjadi saat septum bergeser menjauh dari garis tengah hidung. Septum adalah ...

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Nyeri Kronis

Nyeri kronis adalah jenis penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga menahun. Simak Info Selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 29 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala belakang

Sakit Kepala Belakang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 16 menit
penyebab mata berair

9 Penyebab Mata Anda Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit