5 Rekomendasi Buah Terbaik untuk Pengidap dan Penyintas Stroke

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/01/2020
Bagikan sekarang

Bagi orang yang pernah mengalami stroke ataupun penyakit jantung, perbaikan pola makan sangat penting untuk mencegah kambuhnya penyakit di kemudian hari. Selain makanan pokok sehari-hari, penderita stroke perlu memperbanyak konsumsi buah yang menyehatkan untuk jantung.

Beragam buah yang baik untuk penderita stroke

Stroke diawali dengan pembentukan plak pada pembuluh darah. Proses ini dapat dipercepat oleh paparan radikal bebas dari lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat. Seiring waktu, plak akan menghambat aliran darah menuju otak dan memicu stroke.

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ketiganya melindungi Anda dari risiko stroke dengan melawan radikal bebas dan menjaga fungsi jantung. Di antara banyaknya jenis buah, berikut adalah yang paling dianjurkan untuk penderita stroke:

1. Beragam jenis berry

blueberry, raspberry, dan blackberry

Berry (buah buni sangat kaya akan antioksidan dan fitokimia. Fitokimia adalah senyawa kimia yang ditemukan pada bahan pangan nabati dan memiliki manfaat tertentu bila dikonsumsi. Bagi penderita stroke, senyawa ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Setiap jenis berry memiliki manfaat tersendiri. Blackberry dan raspberry misalnya, mengandung antioksidan polifenol yang melindungi pembuluh darah dari radikal bebas. Sementara itu, blueberry dan stroberi mengandung zat yang membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

2. Buah-buahan sitrus

Jenis buah lain yang bermanfaat untuk penderita stroke adalah buah-buahan sitrus. Kelompok buah ini terdiri dari jeruk manis, jeruk nipis, jeruk limau gedang (grapefruit), jeruk sunkist, lemon, dan buah-buahan sejenisnya dengan ciri khas yang sama.

Antioksidan dan serat pada buah-buahan sitrus dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Berkat manfaat ini, buah-buahan sitrus dinilai dapat melindungi jantung dan menurunkan risiko stroke.

3. Apel

buah apel

Apel telah sering dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Klaim ini bukan tanpa alasan, mengingat apel mengandung banyak serat yang berguna menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Buah ini dianjurkan untuk penderita stroke karena mengandung flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Melansir studi dalam The Journal of Nutrition, flavonoid bahkan bisa mengurangi risiko stroke hingga sebesar 20 persen.

4. Pisang

Pisang mengandung mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung, yakni kalium. Asupan kalium dapat menurunkan tekanan darah, dan risiko penyakit jantung menurun hingga 27 persen bagi orang-orang yang mencukupi kebutuhan kaliumnya setiap hari.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium serta antioksidan berupa dopamin dan katekin. Magnesium dibutuhkan untuk menjaga fungsi normal jantung, sedangkan dopamin dan katekin melindungi pembuluh darah dari radikal bebas dan peradangan.

5. Tomat

tomat apakah penyebab asam urat manfaat sayuran merah

Sering dianggap sebagai sayur, tomat justru merupakan buah yang dianjurkan untuk penderita stroke. Tomat mengandung antioksidan yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, asam folat, beta karoten, serta yang menjadi keunggulannya, likopen.

Likopen dalam tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah peradangan pada pembuluh darah, serta menjaga tekanan darah normal. Ketiganya adalah faktor yang penting dalam menurunkan risiko stroke.

Setiap jenis buah sejatinya bermanfaat bagi penderita stroke. Namun, kelima buah di atas lebih dianjurkan karena tinggi akan antioksidan, vitamin, mineral, serta senyawa sejenisnya yang bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah.

Agar sistem peredaran darah senantiasa sehat, lengkapi asupan buah Anda dengan konsumsi makanan ramah jantung dan berolahraga. Tidak lupa, pastikan kadar kolesterol dan berat badan terpantau secara rutin.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penderita Diabetes Lebih Rentan Terkena Stroke, Benarkah?

Diabetes seolah menjadi "undangan" untuk berbagai penyakit lain. Salah satunya adalah stroke. Bagaimana stroke akibat diabetes bisa terjadi? Apakah hubungan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

Kenali Berbagai Gejala Stroke Ringan, Ketika dan Setelah Serangan Stroke

Meskipun sulit untuk memprediksi munculnya stroke, tapi Anda dapat mengetahui gejala stroke saat serangan, setelah serangan atau hanya gejala stroke ringan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Daftar Pantangan Makanan untuk Penderita Stroke

Penting bagi Anda untuk mematuhi berbagai pantangan makanan penderita stroke agar penyakit ini tidak kambuh lagi. Yuk, simak daftarnya di sini!

Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Tips Jitu Meningkatkan Fungsi Otak Setelah Terserang Stroke

Stroke menyebabkan otak mengalami kerusakan permanen. Simak tips sederhana berikut untuk meningkatkan kerja otak dan mempercepat pemulihan setelah stroke

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Direkomendasikan untuk Anda

makanan berpengaruh pada stroke

Konsumsi Makanan Tertentu Dapat Berpengaruh pada Jenis Stroke Berbeda

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
diet vegetarian menurunkan risiko stroke

Diet Vegetarian Dapat Menurunkan Risiko Jenis Stroke Tertentu

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020
proses penyembuhan stroke

Setelah Terserang Stroke, Kapan Proses Pemulihannya Mulai Bisa Dilakukan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/02/2019
stroke akibat diabetes

Mencegah Terjadinya Stroke Akibat Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 17/09/2018