6 Suplemen untuk Kesehatan Jantung

Oleh

Suplemen dapat membantu tulang, otot, dan banyak bagian lain dari tubuh Anda. Bagaimana dengan jantung? Penelitian menunjukkan bahwa beberapa suplemen mungkin membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan tekanan darah, dan hal-hal lain yang menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung. Tidak diketahui apakah suplemen juga bisa membantu mencegah serangan jantung, stroke, dan masalah lainnya.

Berikut adalah enam nutrisi yang bisa menjadi tambahan yang baik untuk gaya hidup jantung sehat Anda.

Serat and sterols untuk jantung

Fiber. Alias serat, ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan kacang-kacangan, serat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh Anda dari makanan. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya 25 sampai 30 gram serat setiap hari. Lebih baik untuk mendapatkan dosis harian serat dari makanan Anda, tapi suplemen juga bisa jadi pilihan.

Ada bukti yang jelas bahwa blond psyllium husk (umum ditemukan di suplemen serat) dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat”. Ia ini juga dapat meningkatkan HDL alias kolesterol “baik”.

Sterols dan stanols.  Temukan komponen ini dalam makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, atau Anda dapat membelinya sebagai suplemen. Mereka mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh dari makanan. Sterol dan stanol juga ditambahkan ke banyak makanan, seperti beberapa margarin, jus jeruk, dan yogurt. Para ahli merekomendasikan 2 gram sehari untuk membantu menurunkan kolesterol LDL.

Suplemen lain yang dapat memberi manfaat

Coenzyme Q10 (CoQ10). Tubuh Anda secara alami membuat sedikit enzim ini, juga dikenal sebagai ubiquinone dan ubiquinol. Sebagai suplemen, CoQ10 dapat membantu menurunkan tekanan darah, baik digunakan sendiri atau bersama dengan obat.

Penelitian lain telah menemukan bahwa menambahkan suplemen ini ke dalam pengobatan gagal jantung dapat membantu orang merasa lebih baik dari hari ke hari.

Pil CoQ10 juga populer sebagai pengobatan untuk efek samping dari obat penurun kolesterol yang disebut statin. Mengapa? Karena obat ini kadang-kadang dapat menurunkan jumlah CoQ10 yang dibuat oleh tubuh. Beberapa dokter menyarankan untuk menambahkan suplemen CoQ10 untuk menebus kekurangan ini, berharap itu akan meringankan masalah seperti nyeri otot dan kelemahan otot. Tapi hasil penelitian menunjukkan hasil yang berbeda-beda.

Minyak ikan. Penuh asam lemak omega-3, dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak yang tidak sehat dalam darah Anda) hingga 30%. Minyak ikan juga dapat memperbaiki tekanan darah. Tapi tidak jelas apakah suplemen minyak ikan yang dijual bebas dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Pilihan terbaik Anda mungkin adalah makan ikan dengan asam lemak omega-3. The American Heart Association merekomendasikan bahwa semua orang dewasa makan setidaknya dua porsi 3,5 ons ikan seminggu.

Bawang Putih. Tidak hanya membuat makanan apapun tambah lezat, bawang juga dapat merendahkan kolesterol dan sedikit mengurangi tekanan darah. Bawang juga dapat memperlambat penumpukan plak di arteri Anda, menurunkan risiko penggumpalan darah. Penelitian menunjukkan bahwa baik bawang putih dalam makanan dan maupun suplemen memiliki efek yang baik bagi tubuh Anda.

Teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa baik ekstrak dan minuman teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, dan meningkatkan kadar HDL.

Pemakaian suplemen yang aman

Jangan meminum suplemen hanya karena berlabel “heart healthy.” Tidak semuanya terjamin baik bagi kesehatan Anda, dan bisa berbahaya jika Anda mengonsumsi suplemen terlalu banyak.

Perhatikan apa kegunaan suplemen tersebut, dan pastikan Anda benar-benar membutuhkannya. Tanyakan kepada dokter Anda yang produk mana yang paling mungkin berguna. Jika Anda memiliki kondisi jantung atau memiliki risiko tinggi untuk serangan jantung, Anda harus mengikuti saran dokter. Terlalu berisiko untuk mencoba mengobati kondisi kesehatan yang serius pada diri Anda sendiri dengan suplemen yang dijual bebas.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca