4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Puasa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali untuk kulit. Ini disebabkan karena sistem tubuh Anda menyesuaikan diri terhadap berkurangnya asupan makanan setiap hari. Lantas, apa saja manfaat puasa untuk kesehatan kulit?

Manfaat puasa untuk kesehatan kulit

Meski tak akan langsung tampak saat itu juga, manfaat puasa nyatanya bisa tetap dirasakan untuk kulit. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan sistem kerja tubuh yang berdampak pada kulit.

Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit, antara lain:

1. Mencegah penuaan dini

kulit sehat

Kulit Anda membutuhkan nutrisi agar sel-sel penyusunnya senantiasa sehat dan aktif membelah diri.

Seiring pertambahan usia, pembuluh darah yang menyalurkan darah kaya nutrisi dan oksigen menuju seluruh tubuh menjadi semakin sensitif dan rentan mengalami kerusakan akibat penuaan.

Berpuasa membuat Anda kekurangan kalori dan sumber energi utama berupa glukosa. Tubuh pun menyesuaikan diri dengan melepaskan sejenis molekul yang disebut keton.

Pada suatu penelitian, diketahui bahwa keton turut merangsang pembelahan sel yang menyusun dinding pembuluh darah.

Pembelahan sel adalah tanda bahwa sel-sel Anda masih muda dan sehat. Ini berarti kulit Anda juga akan terhindar dari penuaan dini.

Meski demikian, penelitian ini baru dilakukan kepada hewan. Masih diperlukan banyak penelitian pendukung untuk memastikan manfaat puasa untuk kulit manusia.

2. Menjaga kulit tetap sehat

cek jenis kulit

Setiap tahun, sekitar 1 kilogram racun memasuki tubuh Anda lewat makanan, kafein, obat-obatan, dan sumber lainnya.

Tubuh harus membuang racun-racun tersebut melalui proses detoksifikasi yang melibatkan organ-organ seperti hati, ginjal, sistem pencernaan, dan kulit.

Nah, proses detoksifikasi yang terjadi saat puasa ternyata juga membawa manfaat bagi kulit Anda.

Selama berpuasa, racun yang masuk ke dalam tubuh Anda akan berkurang sehingga organ-organ tubuh dapat melakukan detoksifikasi dengan lebih optimal. Tubuh yang bebas dari racun akan tercermin dari kulit yang sehat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

luka terbuka kena air

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southern California, Los Angeles, menemukan bahwa puasa berpotensi memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian tersebut, berpuasa selama 2-4 hari dapat membuang sel imun yang sudah tua dan merangsang pembentukan sel yang baru.

Tubuh menggunakan berbagai mekanisme untuk menghemat energi saat berpuasa. Salah satunya dengan menguraikan sel-sel pada sistem kekebalan tubuh yang sudah rusak atau tidak lagi dibutuhkan.

Energi tubuh yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan juga dialihkan untuk proses tersebut.

Inilah salah satu manfaat tidak langsung dari puasa untuk kesehatan kulit Anda.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baru dan sel-sel tubuh yang aktif membelah, tubuh Anda telah memiliki dua faktor kunci yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

4. Mengatasi masalah kulit

Puasa diyakini memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Sebuah penelitian mengenai dermatitis pada hewan menunjukkan bahwa puasa jangka-pendek selama 48 jam dapat mengurangi pembengkakan akibat dermatitis kontak. Penyakit ini biasanya timbul akibat paparan langsung dengan pemicunya.

Studi lain turut menunjukkan bahwa berpuasa selama 11 hari cukup efektif untuk meredakan gejala urtikaria. Gejala penyakit ini muncul kembali setelah partisipan penelitian berhenti berpuasa selama 3 hari.

Para peneliti menduga bahwa pengaruh ini terjadi karena tubuh tidak menghabiskan energi untuk mencerna makanan selama berpuasa.

Tubuh justru lebih fokus untuk memulihkan diri dan sistem kekebalan tubuh guna melawan reaksi alergi yang memicu berbagai penyakit kulit.

Kebanyakan penelitian yang menyatakan manfaat puasa untuk kulit memang masih perlu dikaji lebih lanjut. Walaupun begitu, berpuasa tetap memberikan banyak manfaat kesehatan bagi organ lain pada tubuh Anda.

Agar manfaatnya bagi kulit lebih optimal, jangan lupa memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan air saat sahur dan berbuka puasa.

Perbanyaklah makan makanan yang merangsang pembentukan kolagen untuk kulit sehat dan lembut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca