Gagal Ginjal dan Pertumbuhan Anak Anda

Oleh

Gagal ginjal tidak terbatas pada satu kelompok umur. Seorang bayi dapat lahir dengan ginjal yang tidak bekerja dengan baik dan perlu dialisis sejak hari kelahiran. Anak-anak lain mungkin mengalami gagal ginjal selama beberapa masa kecil mereka. Sama seperti orang dewasa yang emosi mengenai yang kita bicarakan, begitu juga anak-anak.

Ketika seorang anak memiliki gagal ginjal dan menerima perawatan dialisis atau transplantasi, lebih mudah untuk terlalu melindungi mereka.

Kita berpikir anak-anak kita telah menderita begitu banyak sehingga kita, merasa mengerti, dan ingin memastikan bahwa tidak ada hal buruk yang pernah terjadi pada mereka.

Namun, dalam rangka untuk tumbuh dan matang, anak-anak perlu merasa cukup kebebasan untuk mencoba, mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan mereka. Jika Anda terlalu protektif, anak Anda mungkin lebih membenci Anda daripada berterima kasih. Jika anak Anda ingin mencoba suatu kegiatan atau olahraga yang Anda khawatirkan, bicaralah dengan dokter sebelum memutuskan. Mungkin ternyata dengan anak Anda dapat berpartisipasi, bisa mendapatkan kepercayaan diri dan harga diri dalam melakukannya. Di sisi lain, dokter mungkin mengatakan kegiatan tersebut tidak sesuai. Dalam hal ini, Anda setidaknya akan memiliki ahli medis yang mendukung Anda ketika Anda mengatakan tidak.

Apakah gagal ginjal mempengaruhi pertumbuhan anak?

Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak Anda dipengaruhi oleh gagal ginjal tergantung pada usia anak ketika gagal ginjal terjadi. Secara umum, anak-anak dengan penyakit ginjal kronis cenderung lebih kecil tubuhnya dibandingkan anak-anak lain, dan mereka mungkin akan lebih lama untuk berkembang secara seksual. Selain itu, anak-anak yang menjalani dialisis cenderung tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan transplantasi ginjal. Jika gagal ginjal terjadi pada tahun-tahun remaja, perkembangan seksual dapat melambat atau bahkan terhenti. Misalnya, seorang gadis remaja mungkin tidak memiliki periode menstruasi. Perkembangan seksual tertunda dapat menjengkelkan atau bahkan menyedihkan untuk remaja. Ia mungkin merasa berbeda dari teman dan kehilangan kepercayaan diri dan harga diri.

Jika Anda adalah orangtua dari seorang anak dengan gagal ginjal, cobalah untuk peka terhadap isu-isu yang melibatkan seksualitas, terutama selama tahun-tahun remaja. Cobalah untuk tidak melindungi anak Anda dari tantangan dan petualangan dalam tumbuh. Remaja perlu bebas untuk mengeksplorasi masalah fisik, emosional, dan seksual, untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat.

Perlu melakukan dialisis dapat sangat menyedihkan untuk remaja dengan gagal ginjal. Ketika teman-teman mereka mulai membuat rencana nyata untuk masa depan, mereka mungkin merasa seperti masa depan mereka berakhir. Mereka juga mungkin takut jika teman-teman mereka mencari tahu tentang kondisi mereka, mereka akan menolak mereka dan untuk remaja, kehilangan teman-teman dapat tampak lebih buruk daripada kematian.

Sangat penting untuk membantu anak remaja Anda memahami bahwa gagal ginjal tidak mengubah hidup mereka dan tidak berarti bahwa hidup ini tidak layak dijalani. Dengan tetap berpegang pada perawatan dialisis, obat dan diet yang diresepkan untuk mereka, remaja dengan penyakit ginjal dapat dan mencapai hal-hal yang ia impikan.

Mereka mampu menyelesaikan sekolah, kuliah, dan bergerak maju ke karir memuaskan. Lainnya menikah dan membesarkan anak-anak, dan yang paling menarik, mampu untuk menjaga teman-teman lama dan mendapat teman-teman baru.

Selain psikolog, program dialisis anak-anak memiliki spesialis yang dapat membantu anak atau  remaja bicara tentang keprihatinan, ketakutan, dan perasaannya. Spesialis ini juga dapat membantu untuk membuat  anak Anda bicara pada remaja lainnya yang menjalani jenis dialisis yang sama. Remaja dapat belajar banyak tentang bagaimana menghadapi teman-teman mereka, dan mereka akan dibantu oleh kontak sosial.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca