Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Catat, Ini 5 Merek Susu BBLR untuk Bayi Prematur yang Bagus dan Aman Dikonsumsi

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Catat, Ini 5 Merek Susu BBLR untuk Bayi Prematur yang Bagus dan Aman Dikonsumsi

Kondisi bayi berat badan lahir rendah (BBLR), mengharuskan setiap orangtua untuk memilih susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus agar mendukung perkembangan si kecil. Pasalnya, berbeda dengan bayi yang lahir secara normal, bayi kelahiran prematur umumnya memiliki berat badan rendah sehingga membutuhkan asupan nutrisi khusus.

Cara kami memilih susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus

bayi prematur bertahan hidup

Menurut American Family Physician, bayi prematur usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan dengan berat badan di bawah normal, perlu diberikan susu formula khusus.

Mengutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi masuk kategori berat badan lahir rendah ketika kurang dari 2500 gram atau 2,5 kilogram.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan kebutuhan kalori harian bayi prematur mencapai 50 hingga 100 kkal/kilogram diakhir minggu pertama kehidupan.

Kebutuhan kalori tersebut biasanya meningkat menjadi 110 hingga 150 kkal/kilogram pada minggu berikutnya.

Asupan kalori tinggi sangat penting agar bayi dengan kelahiran prematur bisa mendapatkan nutrisi yang memadai.

Dalam memilih susu BBLR untuk bayi prematur, harus dipastikan adanya formula khusus guna memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Jenis susu BBLR ini umumnya mempunyai jumlah kalori dan nutrisi yang lebih banyak dibanding susu formula biasa agar mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal.

Selain kalori nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral untuk bayi harus ada pada produk susu BBLR.

Hal ini perlu diperhatikan agar susu formula tersebut bisa mendukung perkembangan bayi prematur supaya tetap dapat tumbuh dengan normal.

5 merek susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus

Bayi prematur dengan berat lahir rendah memerlukan nutrisi khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Atas pertimbangan tersebut, kami telah menemukan 5 merek susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus dan patut untuk Anda jadikan pilihan.

1. SGM BBLR

SGM BBLR adalah susu formula yang dikhususkan untuk bayi prematur dengan usia kehamilan di bawah 32 minggu atau berat di bawah 1.500 gram.

Produk susu ini tidak hanya berperan sebagai susu bayi prematur untuk menambah berat badan, tapi juga diklaim membantu mengoptimalkan fungsi otak si kecil.

Orangtua juga tak perlu mengkhawatirkan pencernaan si kecil, karena susu SGM BBLR ini diklaim tidak memberatkan sistem pencernaan bayi.

Sebelum memastikan penggunaan produk ini, Ayah dan Ibu tetap disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter atau tenaga medis lainnya.

Nomor registrasi BPOM: MD 862412039019

2. Enfamil A+ Premature

Enfamil A+ Premature bisa menjadi alternatif pilihan untuk diberikan kepada bayi Anda yang lahir prematur.

Susu formula ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi prematur dan BBLR agar dapat berkembang optimal hingga usia 12 bulan.

Produk ini dilengkapi kandungan DHA yang diklaim bermanfaat untuk perkembangan otak dan prebiotik untuk kesehatan pencernaan.

Tidak hanya itu, Enfamil A+ Premature diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil jika nutrisinya terpenuhi secara optimal.

Namun, pastikan produk ini segera dikonsumsi kurang dari 1 jam setelah pembuatan, supaya nutrisi dan kualitasnya tetap terjaga.

Nomor registrasi BPOM: ML 562409054383

3. Nutribaby Royal Premature

Rekomendasi susu BBLR untuk bayi prematur berikutnya adalah Nutribaby Royal Premature yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil hingga usia 6 bulan.

Selain itu, konsumsi Nutribaby Royal Premature juga bisa membantu mempercepat peningkatan berat badan pada bayi BBLR dan prematur.

Hal ini tentu berguna bagi buah hati Anda yang memiliki berat badan cukup rendah dan membutuhkan asupan nutrisi yang optimal.

Meski demikian, Ayah dan Ibu disarankan tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya tidak terjadi kelebihan nutrisi pada bayi.

Nomor registrasi BPOM: MD 562409122204

4. Nutricia Infatrini

Untuk bayi berusia di bawah 12 bulan dan dengan kondisi berat badan kurang yang butuh asupan nutrisi lebih banyak, susu formula tinggi kalori ini sangat direkomendasikan.

Produk susu Nutricia Infatrini ini memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap seperti:

  • laktosa,
  • minyak nabati,
  • protein whey, serta
  • prebiotik FOS dan GOS.

Uniknya, produk ini juga tersedia dalam dua jenis yaitu bubuk dan siap minum sehingga bisa disesuai dengan kebutuhan dan selera si kecil.

Untuk mencegah kelebihan nutrisi, orangtua tetap disarankan melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapat anjuran takaran yang tepat.

Nomor registrasi BPOM: MD 562412067019

5. Lactogen Premature

Lactogen Premature merupakan susu formula bayi yang ditujukan secara khusus untuk bayi prematur dan dengan kondisi BBLR.

Produk susu ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan berat badan dan mendukung asupan nutrisi dengan kandungan kalori yang tinggi.

Setiap 100 ml Lactogen Premature, terdapat kandungan kalori sebanyak 80 kalori.

Lactogen Premature ini sangat bisa menjadi alternatif pilihan Ayah dan Ibu untuk diberikan kepada buah hati.

Nomor registrasi BPOM: ML 562409146006

Itulah sejumlah rekomendasi merek susu formula yang dikhususkan untuk bayi prematur dan dengan kondisi BBLR.

Perlu diingat, susu formula ini memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang lebih banyak dibanding susu formula pada umumnya.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan takaran dan porsi yang dikonsumsi bayi agar tidak berlebihan karena berpotensi anak mengalami gizi lebih.

Ayah dan Ibu bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya mendapat anjuran yang tepat sesuai kebutuhan si kecil.

Verifying...


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Common questions about outpatient care of premature infants. (2014). Retrieved from https://www.aafp.org/afp/2014/0815/p244.html 

Feeding your preemie: Infant formula 101. (2021). Retrieved from https://handtohold.org/feeding-preemie-infant-formula-101/ 

Premature infants have lower gastric digestion capacity for human milk proteins than term infants: Journal of pediatric gastroenterology and nutrition. (2018). Retrieved from https://journals.lww.com/jpgn/Fulltext/2018/05000/Premature_Infants_have_Lower_Gastric_Digestion.25.aspx 

Pemberian ASI pada Bayi Lahir Kurang Bulan. (2013). Retrieved 14 April 2022, from https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-asi-pada-bayi-lahir-kurang-bulan

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Fenti Erlianti