Kenali Pola Makan Sehat dan Pantangan Makanan Penderita TBC

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
Bagikan sekarang

Penyakit tuberkulosis (TBC) dan gizi buruk sangat berkaitan. Gizi buruk mendorong bertahannya TBC, sementara penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gizi buruk. Penting bagi penderita TBC memerhatikan nutrisi yang masuk ke tubuhnya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Lantas, bagaimana pola makan untuk penderita TBC? Apa saja pantangan makanan atau minuman penderita TBC?

Pola makan sehat untuk penderita TBC

Penderita TBC rentan mengalami penurunan nafsu makan, malabsorbsi nutrisi, malabsorbsi mikronutrien, dan perubahan metabolisme. Bahkan, pengobatan yang dilakukan pada penderita ini pun memiliki efek samping terhadap pencernaannya, seperti mual, muntah, dan kram di bagian perut. 

Namun, penderita TBC perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tubuh tetap sehat dan kuat melawan bakteri penyebab TBC. Karena itu, penting bagi penderita TBC untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi, serta menjauhi kebiasaan yang tidak sehat. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, penderita TBC perlu makan tiga kali sehari serta memakan kudapan tiga kali sehari pula. Selayaknya orang sehat, penderita TBC pun perlu mengonsumsi makanan yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral. 

Adapun sumber karbohidrat yang dianjurkan, yaitu makanan dari biji-bijian utuh (whole grain), seperti sereal, roti, atau pasta dari gandum. Sementara lemak yang baik dapat diperoleh dari minyak nabati atau minyak zaitun. Lemak dan karbohidrat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi

Untuk memenuhi kebutuhan protein, maka dibutuhkan konsumsi  seperti ikan, unggas, kacang-kacangan, dan tahu. Susu dan produk turunannya pun baik bagi penderita TBC.  

Selain itu, diperlukan juga vitamin dan mineral bagi penderita TBC. Sayur-sayuran, terutama sayuran hijau, dan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral. 

Pantangan makanan dan minuman bagi penderita TBC

Selain kebutuhan makan sehat yang dibutuhkan, penderita TBC pun perlu menghindari beragam makanan yang membuat penyakitnya sulit untuk disembuhkan. Berikut adalah daftar pantangan makanan bagi penderita TBC. 

  • Produk makanan olahan

Makanan olahan tidak baik untuk dikonsumsi penderita TBC. Beberapa makanan yang masuk ke dalam jenis ini diantaranya, gula, roti putih, nasi putih, tepung, kue, kue kering, puding olahan, serta makanan kaleng dan yang mengandung pengawet.

  • Daging merah tinggi lemak dan kolesterol

Daging merah, seperti daging sapi dan kambing, mengandung lemak jenuh. Memakan makanan dengan lemak yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Hal ini tidak baik bagi penderita TBC. Dibandingkan dengan daging merah, penderita TBC lebih baik mengonsumsi daging putih, seperti unggas atau ikan.

  • Makanan mengandung garam berlebih

Penderita TBC perlu memperhatikan makanan yang akan dimakan. Hindari memakan makanan yang mengandung garam berlebih agar hidupnya lebih sehat.

  • Alkohol

Tidak hanya bagi penderita TBC, alkohol juga berbahaya bagi orang lainnya. Bagi penderita TBC, alkohol dapat menambah risiko kerusakan hati dari beberapa obat yang dikonsumsinya.

  • Kopi atau minuman mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein tidak baik bagi penderita TBC. Selain kopi, minuman yang mengandung kafein lainnya, seperti teh, juga tidak dianjurkan.

  • Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah minuman yang telah diinfuskan dengan gas karbon dioksida. Minuman berkarbonasi dikenal buruk untuk kesehatan, termasuk bagi penderita TBC. Salah satu minuman berkarbonasi yang dikenal banyak orang, yaitu minuman bersoda.

Selain daftar makanan dan minuman pantangan untuk penderita TBC di atas, penting menghindari beragam macam tembakau, seperti rokok. Racun yang terkandung dalam rokok berbahaya bagi tubuh, termasuk mengakibatkan tuberkolosis semakin buruk.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Merawat Orang yang Menderita Tuberkulosis di Rumah

Perawatan pasien tuberkulosis di rumah membutuhkan pengetahuan khusus agar Anda sebagai perawat tidak tertular penyakit tersebut. Ini tips-tipsnya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat Februari 9, 2020

Penyakit TBC Bisa Kambuh, Ini Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penyakit tuberkulosis (TBC) tidak hanya sulit diobati, tapi juga berisiko muncul kembali. Lalu, bagaimana cara mencegah agar TBC tidak kambuh?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Diah Ayu

Tak Mau Pesta Natal Terganggu Nyut-nyutan Karena Gigi Sensitif? Hindari 4 Makanan dan Minuman Ini

Pesta Natal merupakan "ujian" tersendiri bagi pemiliki gigi sensitif. Agar bisa lancar merayakan Natal, kenali makanan yang perlu dihindari gigi sensitif.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat Desember 25, 2019

Jangan Sampai Pengobatan Gagal, Ini 4 Tips Taat Aturan Minum Obat TBC

Jika tak mematuhi aturan minum obat TBC dengan benar, penderita bisa mengalami efek samping yang lebih merugikan. Ikuti tips ini agar tidak lupa!

Ditulis oleh Fidhia Kemala

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk pasien tuberkulosis

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Pasien TBC

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang April 24, 2020
perkembangan infeksi TB laten tuberkolosis

Mewaspadai TB Laten, Perlukah Melakukan Pengobatan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 31, 2020
mencegah tbc

Tips Sederhana Terhindar dari Penyebaran dan Penularan TBC

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang Maret 24, 2020
TB XDR

Mengenal Penyakit TB XDR dan Pengobatannya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang Maret 21, 2020