Tips Merawat Anak yang Terkena Kanker Paru

Oleh

Merawat seseorang bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda merawat anak dengan kanker paru. Anak-anak dengan kanker paru memerlukan perhatian lebih dibanding dengan pasien pada umumnya. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi Anda. Maka dari itu, Anda perlu lebih memerhatikan orang yang Anda rawat, serta diri Anda sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum merawat anak dengan kanker.

Banyak definisi dari “perawat”

Dengan Anda yang masih muda, Anda mungkin bukan satu-satunya perawat anak tersebut. Hal ini tidak berarti peran Anda tidak penting. Dukungan dan perawatan Anda berarti untuk pasien tersebut. Peran Anda dapat meliputi membuat panggilan telepon, menemani pasien pada pertemuan dengan dokter, atau memasak makanan dapat membantu pasien terbuka pada Anda.

Anda memerlukan komunikasi

Tanpa memandang usia Anda, penting untuk berkomunikasi dan mendorong pasien untuk berkomunikasi juga. Dengan berbicara dengan mereka, Anda dapat mengerti bagaimana mereka melewati kondisi ini. Pada awalnya, Anda mungkin tidak terlalu berhasil, namun lama kelamaan, sikap terbuka dan ketulusan Anda akan melulukan mereka.

Anda perlu memberi tahu dosen atau atasan Anda tentang menjadi seorang pengasuh

Merawat penderita kanker berarti Anda akan kadang-kadang terlambat atau melewatkan kelas saat pasien membutuhkan Anda. Anda perlu memberi tahu dosen atau atasan Anda, sehingga mereka dapat mendukung Anda dengan jadwal yang lebih fleksibel.

Anda perlu mendiskusikan dengan anak bagaimana Anda dapat membantunya berkomunikasi dengan tim medis

Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan tim medis saat masa perawatan pasien. Namun, memiliki kanker paru dapat membuat anak merasa sulit berbicara dengan tim dan mengekspresikan diri mereka. Anda dapat menawarkan bantuan dengan menjelaskan efek samping dari perawatan pada anak atau mendengarkan dan menuliskan informasi saat pertemuan.

Anda perlu menjaga kesehatan diri Anda sendiri

Kesehatan Anda juga penting. Anda perlu meminta bantuan apabila Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan atau jika Anda memerlukan waktu untuk diri sendiri. Anda perlu beristirahat dan mengambil beberapa waktu untuk diri Anda sendiri sehingga Anda tidak kewalahan atau stress. Mengatur tanggung jawab, komitmen dan gaya hidup adalah hal-hal yang sama pentingnya dalam memenuhi kebutuhan Anda dan merawat anak dengan kanker paru.

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam menjadi pengasuh. Anda dapat mencari cara yang pas dengan Anda dan mencoba sebisa mungkin. Hal ini mungkin adalah hal yang baru bagi Anda, jadi berikan diri Anda kesempatan untuk melakukan perubahan.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 13, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca