Tips Membantu Anak Remaja Anda Menghadapi Kanker Paru

Oleh

Dokter Anda mungkin baru saja memberi tahu bahwa anak remaja Anda memiliki kanker paru. Saat ini mungkin Anda masih mengalami shock. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa anak remaja Anda sudah cukup dewasa untuk mengerti apa yang sedang terjadi dan akan ingin dilibatkan pada setiap keputusan. Penting untuk mendukung anak remaja Anda dan membantu mereka berkomunikasi dengan dokter dan tim medis. Berikut 10 tips yang dapat membantu anak remaja Anda dan Anda berkomunikasi:

Dorong anak Anda untuk menanyakan pertanyaan

Dokter akan menjelaskan dengan lebih detail mengenai kanker paru dan pilihan perawatan untuk anak Anda. Mungkin Anda mengertinya, namun jika anak Anda tidak mengerti apa yang dikatakan dokter, minta anak Anda untuk menanyakan pertanyaan, walau pertanyaan yang sederhana. Biarkan anak Anda merasa memiliki kendali dalam kesehatannya. Hal ini juga dapat membantu Anda membangun kepercayaan pada anak Anda. Anda juga dapat mengulangi apa yang Anda mengerti kepada dokter, agar dokter mengetahui apa yang Anda dan anak Anda mengerti, sehingga dapat mengklarifikasi jika dibutuhkan.

Siapkan anak Anda mengenai hal yang perlu mereka bicarakan

Anda perlu bekerja sama dengan anak Anda untuk menyiapkan daftar pertanyaan yang ingin mereka ketahui agar mereka dapat tanyakan ke dokter. Dengan cara ini, Anda dapat membuat mereka berbicara selama kunjungan ke dokter. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan anak Anda untuk pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh dokter. Anda dapat berlatih dengan anak Anda tentang topik berikut:

  • Memberi tahu dokter dan tim medis mengenai sejarah medis anak seperti gejala yang sedang berlangsung, gaya hidup, dalam beberapa menit agar tidak memakan waktu yang lama.
  • Menanyakan pertanyaan tentang kondisi dan efeknya pada aspek kehidupan anak.
  • Memberi tahu dokter dan tim medis mengenai kebutuhan anak dalam aspek kehidupan anak dan bagaimana kondisi anak dapat mempengaruhinya.
  • Beri tahu anak bahwa tidak apa-apa jika mereka tidak mengingat semuanya

Mendengar bahwa Anda memiliki kanker paru dapat membuat anak merasa tertekan. Wajar jika anak tidak mengingat setiap detail. Terutama bagi remaja, kanker paru dapat berarti perubahan pada setiap aspek kehidupan. Anak Anda mungkin akan tidak fokus saat pertemuan dengan dokter. Anda dapat membantu anak Anda untuk mengingat detail dan mencatatnya. Simpanlah catatan, hasil tes, dan dokumen medis dengan rapi dan dalam satu folder, termasuk informasi kontak tim medis. Bawa folder ini setiap Anda mengunjungi dokter.

Pastikan anak Anda siap untuk pengobatan

Anak remaja Anda mungkin ingin merasa mandiri, namun mereka tetap membutuhkan bantuan Anda, baik mereka menyadarinya atau tidak. Tuntunan Anda dapat membantu mereka mengatasi kanker paru dan perubahannya pada masa yang sulit ini. Tanyakan pada anak apakah mereka siap untuk perawatan. Jangan lupa ingatkan mereka bahwa Anda selalu ada untuk membantunya.

  • Pastikan mereka mengikuti anjuran¬†dari dokter dan selalu memberi tahu tim medis tentang informasi dari referral tersebut.
  • Ingatkan anak untuk menjaga pola makan, olahraga, rekreasi, pengobatan dan kebersihan.
  • Awasi gejala kesehatan fisik dan emosional, serta kebutuhan dan bagaimana mendapatkan bantuan sebelum mereka mengalami krisis medis yang serius.
  • Buatlah rencana aksi apabila mereka membutuhkan pertolongan darurat, yang meliputi informasi kapan perlu berkonsultasi dengan dokter, nama rumah sakit, perawatan yang anak inginkan dan tidak.

Sulit untuk menghadapi anak remaja, lebih sulit lagi apabila anak remaja Anda memiliki kanker paru. Namun sebagai orang tua, Anda akan melakukan yang terbaik untuk menjaga mereka tetap sehat. Walau Anda memberikan kebebasan pada anak untuk bekerja dengan tim medis, Anda perlu untuk tetap berama mereka dalam setiap langkah sebagai wujud dukungan Anda.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 12, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca