Bagaimana Kanker Paru Mempengaruhi Tubuh Anda

Oleh

Kanker paru adalah jenis kanker yang mempengaruhi jaringan pada paru-paru, terutama sel yang membatasi saluran udara. Kanker paru cukup umum terjadi. Memiliki pengetahuan mengenai kanker paru-paru seperti efeknya pada paru-paru dan bagian tubuh lainnya dapat membantu Anda mencegah atau menemukan penanganan yang tepat pada kanker paru.

Apa saja gejala kanker paru?

Gejala dari kanker paru sangat jelas dan memiliki dampak yang besar pada tubuh. Beberapa gejala meliputi batuk yang semakin memburuk, nyeri dada konstan, kesulitan bernapas, batuk darah, infeksi paru-paru, dan rasa lelah. Anda juga mungkin akan mengalami kehilangan darah yang berlebih tanpa alasan yang jelas. Jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya (metastasis), akan terlihat beberapa tanda, seperti perubahan hormon.

Bagaimana kanker paru mempengaruhi bagian tubuh lainnya?

Bagaimana kanker paru dapat mempengaruhi tubuh Anda dapat dilihat dari gejala yang disebabkan oleh kanker.

  • Kanker paru pada tubuh cenderung menyebar ke kelenjar adrenal, hati, otak dan tulang.
  • Jika kanker paru menyebar ke otak, hal ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan, kejang, atau rasa lemas.
  • Kanker paru metastatis yang menyebar ke hati atau kelenjar adrenal biasanya tidak menunjukkan gejala pada saat diagnosis.
  • Apabila kanker mempengaruhi tulang, dapat menyebabkan rasa sakit akut, terutama pada tulang paha, tulang belakang dan tulang rusuk.
  • Kemoterapi atau radiasi dapat digunakan untuk menyembuhkan kanker paru-paru, namun dapat menyebabkan efek samping seperti muntah, mual, rambut rontok, masalah kulit dan kelelahan.
  • Radiasi memiliki efek yang berbeda, yaitu mempengaruhi jaringan yang sehat yang menyentuh atau bersebelahan dengan tumor. Efek samping dari perawatan ini tergantung dari bagian tubuh yang menerima radiasi.
  • Kanker paru menyebabkan batuk yang berlebihan. Tumor yang bertumbuh di dalam paru-paru menekan dada. Hal ini menyebabkan batuk parah, dan kadang pasien mengeluarkan banyak dahak dan darah.
  • Penderita kanker dapat mengalami napas berbunyi jika tumor menutupi batang tenggorokan. Bagaimana kanker paru-paru mempengaruhi tubuh tergantung pada stadium dan kecepatan penyebaran kanker. Apabila tumor menekan dada, mungkin akan terasa sakit pada dada.
  • Jika didiagnosis pada stadium awal, kanker dapat ditangani dengan operasi. Walau operasi penting, namun dapat memberi dampak pada pasien. Rasa sakit, lemas dan sesak napas sering dialami setelah operasi.

Kanker paru-paru berperan besar dalam kematian akibat kanker dibanding dengan jenis kanker lainnya. Hal inilah mengapa penting untuk mengenal kanker paru-paru dan efeknya terhadap tubuh Anda. Lindungi kesehatan Anda – berhenti merokok dan miliki gaya hidup yang sehat, serta lakukan pemeriksaan secara rutin.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca