Mengenali Tahap-tahap Stadium Kanker Paru

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 November 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Setelah diagnosis kanker paru, dokter biasanya akan memberi tahu sudah pada tahapan mana stadium kanker yang Anda miliki. Semakin tinggi tingkatan stadium kanker, maka semakin parah pula kondisi kanker Anda. Baca penjelasan lengkap mengenai tahapan stadium kanker paru pada artikel berikut ini. 

Tahapan stadium kanker paru

Stadium kanker paru dapat memberi tahu Anda mengenai letak, ukuran, dan penyebaran tumor. Selain itu, tahapan stadium dari kanker paru juga bagian penting yang harus diketahui dalam menentukan pilihan pengobatan kanker paru yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan pasien.

Terdapat perbedaan antara klasifikasi stadium small cell lung cancer dan non-small cell lung cancer.

Small cell lung cancer

Jenis kanker paru yang satu ini biasanya diklasifikasikan menjadi dua tahapan. Kanker ini cenderung menyebar secara dini dan dikelompokkan ke dalam dua tahap, yaitu stadium dini dan stadium lanjut.

  • Stadium dini: Kanker paru dibatasi pada satu sisi dada.
  • Stadium lanjut: Kanker paru telah menyebar di daerah luar dada, seperti hati, kelenjar adrenal, tulang dan otak.

Non-small cell lung cancer

Sementara itu, untuk tahapan stadium untuk jenis kanker paru yang ini, sebagian besar dokter menggunakan klasifikasi stadium TNM. Artinya, kanker diklasifikasikan berdasarkan tiga faktor, yaitu:

  • T menunjukkan ukuran tumor dan seberapa jauh tumor menyebar.
  • N menunjukkan keterlibatan tumor ke kelenjar getah bening.
  • M menunjukkan metastasis, atau penyebaran tumor ke organ tubuh lain.

Sebagai contoh kasus, jika tumor tidak ditemukan, maka statusnya menjadi T0. Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, maka statusnya menjadi N1. Berikut penjelasan lengkap untuk tahapan stadium kanker paru jenis non-small cell menurut American Cancer Society

Stadium kanker paru tahap awal (hidden cancer)

Pada tahapan ini, tumor masih belum bisa dinilai, atau sel kanker sudah mulai terlihat di dalam sampel cairan paru-paru. Namun, sel kanker tidak ditemukan saat dilakukan tes lainnya, sehingga lokasi dari tumor masih belum bisa ditentukan (TX).

Sementara itu, kanker juga diperkirakan masih belum tersebar hingga ke kelenjar getah bening (N0) atau ke organ tubuh lainnya (M0). Biasanya, pada tahapan ini, pasien masih belum mengalami gejala kanker paru.

Stadium 0

Pada tahapan stadium kanker paru ini, tumor hanya ditemukan pada lapisan terluar dari sel yang melindungi jalan pernapasan. Namun, tumor tidak memengaruhi jaringan lain dari paru-paru (Tis).

Pada tahapan ini, kanker juga masih belum menyebar hingga kelenjar getah bening (N0) atau pada bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 1A1

Pada kanker paru stadium 1A, tumor berukuran kurang lebih 3 sentimeter (cm) dan sudah masuk ke dalam jaringan paru, meski masih 0.5 cm (T1mi). Namun, sama seperti pada stadium kanker paru sebelumnya, kanker masih belum menyebar hingga kelenjar getah bening (N0) maupun organ tubuh lainnya (M0).

Namun, pada tahapan ini, ada kemungkinan kondisi lain. Sebagai contoh, ukuran tumor kurang lebih 1 cm dan belum mencapai membran yang mengelilingi paru. Biasanya, dalam tahapan ini, kanker juga tidak memengaruhi bronkus (T1a). Kanker juga belum menyebar hingga kelenjar getah bening (N0) maupun bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 1A2

Di tahapan ini, ukuran tumor sudah lebih besar dari 1 cm, akan tetapi tidak lebih dari 2 cm. Pada kanker paru stadium 1A2, tumor juga belum mencapai membran yang mengelilingi paru, dan tidak pula memengaruhi bronkus (T1B). Kanker juga belum menyebar hingga kelenjar getah bening (N0) dan bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 1A3

Pada tahapan kanker paru stadium 1A3, ukuran tumor sudah lebih dari 2 cm, tapi tidak lebih dari 3 cm. Tumor biasanya belum mencapai membran yang meliputi paru, dan tidak pula memengaruhi bronkus (T1C). Di tahapan ini, kanker belum menyebar hingga kelenjar getah bening (N0) dan bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 1B

Pada stadium ini, tumor memiliki satu atau lebih dari kondisi berikut ini (T2a):

  • Ukuran tumor lebih besar dari 3 cm tapi tidak lebih dari 4 cm.
  • Tumor sudah mencapai ke bronkus.
  • Tumor sudah mencapai ke membran yang mengelilingi paru meski tidak lebih dari 4 cm.
  • Ukuran tumor sudah menyumbat sebagian dari jalan udara pada paru-paru.

Meski begitu, kanker ini belum tersebar ke kelenjar getah bening (N0) dan bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 2A

Pada kanker paru stadium 2A, tumor sudah berukuran lebih dari 4 cm dan kurang dari 5 cm. Biasanya, tumor sudah menyebar hingga ke bronkus dan membran yang mengelilingi paru. Tumor biasanya juga telah menyumbat sebagian dari jalan udara di paru-paru.

Sama halnya dengan tahapan kanker paru sebelumnya, kanker masih belum menyebar hingga ke kelenjar getah bening (N0) dan bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 2B

Pada tahapan stadium kanker 2B tumor telah berukuran lebih dari 3 cm tapi kurang dari 5 cm. Tumor ini sudah mencapai bronkus dan membran yang mengelilingi paru. Namun, tumor ini telah menyumbat sebagian jalan udara di dalam paru, meski tidak lebih dari 5 cm.

Pada tahap ini, kanker sudah menyebar hingga kelenjar getah bening (N1) meski belum mencapai ke organ tubuh lainnya (M0).

Stadium 3A

Pada kanker paru stadium 3A, tumor berukuran lebih dari 3 cm, kurang dari 5 cm dan sudah mencapai bronkus maupun membran yang mengelilingi paru. Kanker juga sudah menyebar hingga kelenjar getah bening yang berada di sekitar membran paru, atau di ruang-ruang yang terdapat di dalam paru (N2). Kanker belum menyebar ke organ tubuh lainnya (M0).

Stadium 3B

Pada kanker paru  stadium 3B, ukuran tumor sudah lebih dari 7 cm dan sudah mencapai bagian tubuh lain seperti paru, jantung, trakea, dan masih banyak lagi. Kanker ini juga sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening atau ruang-ruang di dalam paru (N2). Meski begitu, kanker belum menyebar hingga ke organ tubuh lainnya.

Stadium 3C

Pada tahap ini, tumor sudah berukuran lebih dari 5 cm tapi tak lebih dari 7 cm. Kanker ini sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di sekitar tulang belikat (N3). Meski begitu, kanker masih belum menyebar hingga bagian tubuh lainnya (M0).

Stadium 4

Biasanya, pada tahap ini, ukuran tumor bisa tidak menentu. Bahkan, bisa jadi kanker tidak menyebar hingga ke kelenjar getah bening. Namun, kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, misalnya liver, tulang di bagian tubuh lain, hingga otak (M1C).

Oleh sebab itu, berhenti merokok jika Anda tidak ingin mengalami kondisi ini. Selain itu, lakukan pemeriksaan dini untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Jika Anda dinyatakan sehat, lakukan pencegahan terhadap kanker paru dan hindari berbagai penyebab dari kanker paru.

Apabila Anda didiagnosis mengalami kondisi ini, terapkan gaya hidup sehat untuk pasien kanker paru sebagai cara mengatasi kanker paru secara alami sembari menjalani pengobatan dari dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

5 Upaya Pencegahan Kanker Paru yang Efektif

Pencegahan kanker paru-paru bisa dilakukan dengan menghindari faktor risikonya. Apa saja cara mencegah kanker paru-paru yang efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kanker Paru, Health Centers 5 November 2019 . Waktu baca 5 menit

Kanker Lidah Stadium 4: Gejala, Harapan Hidup, dan Cara Mengobatinya

Setiap jenis kanker memiliki tahapan stadiumnya masing-masing. Begitu pula kanker lidah. Lantas, apa artinya jika Anda didiagnosis kanker lidah stadium 4?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20 Oktober 2019 . Waktu baca 6 menit

Kanker Lidah Stadium Awal: Gejala, Harapan Hidup, dan Cara Mengobatinya

Dalam banyak kasus, peluang kesembuhan kanker lidah akan lebih besar bila ciri-ciri stadium kanker yang dimiliki dalam tahap awal. Simak penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 18 Oktober 2019 . Waktu baca 6 menit

Cara Mengobati Kanker Paru Secara Alami yang Dapat Dilakukan

Ada beberapa cara mengobati kanker paru secara alami yang dianggap manjur. Tapi, apakah cara tersebut aman? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kanker Paru, Kanker 2 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

stadium kanker ovarium 4 bisa sembuh

Memahami Lebih Jauh Mengenai Stadium Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 20 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
hidup dengan sebelah paru

Manusia Hidup dengan Sebelah Paru, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit
Kanker paru

Kanker Paru

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 16 Januari 2020 . Waktu baca 11 menit
angka kematian kanker menurun

Angka Kematian Akibat Kanker Terus Menurun Setiap Tahun

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit