Cara Mengobati Kanker Paru Secara Alami yang Dapat Dilakukan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Peluang keberhasilan dari pengobatan untuk kanker paru biasanya tergantung pada jenis dan tahapan stadium kanker paru. Namun, ada pula bahan alami atau gaya hidup alami dalam proses pengobatan kanker.  Apa saja cara mengobati kanker paru secara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati kanker paru-paru? Apakah pengobatan kanker paru secara alami itu aman? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bahan alami untuk membantu pengobatan kanker paru

Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengurangi gejala kanker paru-paru. Menurut sebuah artikel yang dimuat pada Lungevity, beberapa bahan makanan ini dapat memberikan manfaat untuk pasien kanker. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan alami ini bukan obat herbal atau obat tradisional untuk mengatasi kanker paru-paru.

1. Jahe

Jika ingin membantu mengobati secara alami dengan meredakan gejala yang dirasakan pasien kanker paru-paru, Anda bisa melakukannya dengan cara menambahkan bahan alami ini ke dalam makanannya.

Sebagai contoh, menambahkan jahe ke dalam sup, teh, atau berbagai masakan lainnya. Biasanya, jahe dapat membantu meredakan gejala mual yang dialami oleh pasien kanker paru. Di samping itu, jahe juga dapat menambah cita rasa makanan yang biasanya terasa hambar bagi pasien kanker.

2. Kunyit

Anda mungkin tidak bisa menggunakan kunyit sebagai cara mengobati kanker paru-paru secara alami, tapi bukan berarti bahan ini tidak memiliki manfaat sama sekali. Ya, bahan alami ini bisa digunuakan untuk membantu meredakan gejala yang biasanya dialami oleh pasien kanker.

Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam berbagai masakan untuk pasien kanker. Selain itu, kunyit juga bisa ditambahkan ke dalam susu atau teh, bersama jahe atau madu. Tak hanya itu, sebenarnya, kunyit juga bisa digunakan sebagai pencegahan untuk kanker paru.

3. Kayu manis

Bahan yang juga mungkin tidak bisa menjadi cara pengobatan untuk kanker paru-paru secara alami tapi memiliki manfaat yang baik bagi pasien adalah kayu manis. Bahan alami ini memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan.

Artinya, kayu manis memiliki manfaat untuk pasien kanker paru baik diberikan sebelum maupun sesudah menjalani pengobatan. Anda bisa menambahkan kayu manis ke dalam otmeal, sereal, atau teh untuk mendapatkan manfaatnya.

Pengobatan alami untuk meredakan gejala kanker paru

Selain mengonsumsi bahan alami untuk membantu dalam mengobati kanker paru-paru yang dilakukan secara medis, Anda juga bisa melakukan beberapa alternatif sebagai cara untuk meredakan gejala dari kanker paru.

1. Akupunktur

Akupunktur mungkin memang tidak bisa mengobati kanker paru-paru secara alami, tapi cara ini dapat membantu Anda untuk meredakan gejala yang dialami pasien kanker paru.

Biasanya, akupunktur dilakukan dengan cara praktisi memasukkan jarum kecil ke beberapa titik pada tubuh. Metode ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin didapatkan pasien sebagai akibat dari efek samping pengobatan.

Meski begitu, belum ada bukti pasti bahwa metode ini memang benar-benar memberikan efek pada kondisi kesehatan pasien kanker.

2. Hipnosis

Salah satu metode alternatif yang juga dianggap dapat meredakan gejala kanker paru ini dilakukan oleh seorang terapis. Meski bukan metode yang dapat mengobati kanker paru secara alami, tapi hipnosis adalah salah satu latihan relaksasi yang patut dicoba.

Biasanya, pasien akan diminta untuk memikirkan hal-hal yang positif dan menyenangkan. Dengan begitu, pasien mungkin tidak akan terlalu merasa khawatir, mual, dan rasa sakit pun berkurang.

3. Pijat

Sama halnya dengan hipnosis dan akupunktur, pijat merupakan salah satu metode yang dapat membantu meredakan gejala kanker paru.

Aktivitas ini dapat membantu melepaskan rasa khawatir dan rasa sakit yang mungkin dirasakan oleh pasien kanker. Namun, aktivitas ini juga bukan cara untuk mengobati kanker paru-paru secara alami.

4. Latihan pernapasan

Anda juga disarankan untuk mencoba berbagai latihan teknik pernapasan karena dianggap baik untuk membantu pasien kanker paru meredakan gejala yang dialaminya. Ya, biasanya pasien kanker paru akan merasa kesulitan untuk bernapas.

Oleh sebab itu, meski teknik pernapasan mungkin bukan cara untuk mengobati kanker paru-paru secara alami, aktivitas ini dapat membantu pasien mengontrol ritme pernapasan sehingga otot paru menjadi lebih kuat.

Salah satu jenis latihan yang paling populer adalah pursed-lip breathing. Latihan ini dapat dilakukan kapanpun bahkan ketika pasien mengalami sesak napas mendadak. Selain memperlambat ritme napas, latihan ini juga terbukti dapat mengurangi stres.

Berikut ini langkah-langkah untuk latihan pursed-lip breathing:

  • Tarik napas melalui hidung dan keluarkan perlahan melalui mulut yang dikerucutkan.
  • Duduk dengan nyaman, lemaskan otot bahu dan leher.
  • Rapatkan kedua bibir, kecuali bagian tengah. Posisi mulut serupa seperti ketika Anda akan bersiul.
  • Tarik napas kembali melalui hidung selama dua detik.
  • Buang napas perlahan melalui mulut hingga hitungan ke empat.
  • Ulangi gerakan tarik dan buang napas selama 10 menit.

Lakukan latihan di atas kapanpun Anda merasa sesak napas. Anda akan merasa lebih baik setelah beberapa menit kemudian.

Selain aktivitas yang telah disebutkan di atas, ada beberapa perubahan pola hidup yang mungkin harus dilakukan oleh pasien kanker paru. Gaya hidup sehat untuk pasien kanker paru yang sebaiknya diterapkan adalah menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan menghindari berbagai penyebab kanker paru, termasuk berhenti merokok.

Meski begitu, setiap aktivitas yang Anda lakukan untuk mendukung pengobatan kanker paru sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan membantu menentukan apakah aktivitas tersebut aman dilakukan berdasarkan kondisi kesehatan yang Anda miliki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Terapi Ultrasound Tidak Hanya untuk Kecantikan, Tapi Bisa Kurangi Sel Kanker

Sebuah penemuan baru dari Caltech mengungkapkan bahwa terapi ultrasound dapat menghancurkan sel kanker. Apakah temuan ini benar-benar efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 19 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Kanker Paru

Kanker paru adalah kanker yang bermula di paru yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut informasi lengkap tentang kanker paru.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kanker Paru, Kanker 16 Januari 2020 . Waktu baca 12 menit

Angka Kematian Akibat Kanker Terus Menurun Setiap Tahun

Laporan tahunan terbaru menunjukkan bahwa angka kematian akibat kanker menurun dari tahun ke tahun. Apa saja jenis kanker yang termasuk di dalamnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Upaya Pencegahan Kanker Paru yang Efektif

Pencegahan terhadap kanker paru-paru bisa dilakukan dengan menghindari faktor risikonya. Apa saja cara mencegah kanker paru-paru yang efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kanker Paru, Health Centers 5 November 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati obat kanker

Cara Mengobati Kanker, Mulai dari Minum Obat Hingga Prosedur Medis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 12 menit
obat pengobatan kanker lambung perut bisa sembuh

Obat dan Jenis Pengobatan untuk Kanker Lambung (Perut)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
covid-19 bunuh diri

Begini Cara Mengatur Perawatan Kanker Selama Wabah COVID-19

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit
hidup dengan sebelah paru

Manusia Hidup dengan Sebelah Paru, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit