Setelah didiagnosis dengan HIV, hidup Anda akan berubah. Tapi bukan berarti hidup dengan HIV membuat Anda tidak lagi pantas memiliki teman baru atau menikmati indahnya hidup. Dengan tetap terus aktif mengambil peran sebagai anggota masyarakat, maka akan lebih mudah untuk orang-orang mengerti penyakit Anda dan Anda dapat kembali menjalani kehidupan normal seperti sedia kala.

Tips-tips berikut dapat membantu Anda.

Cari dukungan

Berbagilah dengan kerabat dan teman-teman tentang penyakit Anda. Hal ini dapat membantu mereka lebih mengerti dan mendukung Anda untuk melewati masa-masa sulit. Kesepian dapat menjadi penyebab utama dari depresi, biarkan orang-orang di sekitar untuk membantu Anda. Bergabung dengan organisasi sosial dengan banyak orang yang memiliki HIV adalah pilihan yang baik untuk membantu Anda kembali ke kehidupan sehari-hari dengan cepat.

Ikuti gaya hidup yang sehat

Obat bukanlah satu-satunya pilihan perawatan. Jika Anda merawat diri dengan baik, akan lebih baik untuk diri Anda. Selain itu, gaya hidup yang sehat membantu mencegah potensi komplikasi lain seperti infeksi HIV, seperti obesitas, penyakit jantung dan kanker.

Anda dapat memulai dengan pola makan seimbang dan sehat dengan banyak buah dan sayuran, gandum utuh, dan protein rendah lemak. Makanan yang baik merupakan obat yang baik, menjaga sistem imun, dan memberikan energi dengan banyak nutrisi, yang dapat mencegah risiko dari penyakit lain.

Bersamaan dengan pola makan, Anda juga harus rutin berolahraga. Diskusikan dengan dokter mengenai program yang tepat untuk Anda. Program dapat meliputi beberapa latihan ringan pada tahap awal dan tingkat yang lebih tinggi begitu kesehatan Anda membaik. Berjalan, bersepeda, berenang, aerobik dan yoga adalah pilihan terbaik untuk Anda pada tahap awal. Anda dapat mencoba angkat beban pada tahap berikutnya.

Selain itu, menjaga pikiran positif adalah hal yang paling penting. Anda tidak dapat memiliki emosi yang baik jika Anda selalu memiliki pikiran negatif. Pikiran negatif dapat membuat Anda lupa terhadap kebiasaan baik seperti berolahraga dan makan makanan yang sehat.

Keluar rumah dan bersosialisasilah

Jangan hanya mengurung diri di rumah karena hal tersebut dapat membuat Anda depresi. Pergi dengan teman-teman atau berpartisipasi dalam aktivitas dengan keluarga dapat membuat Anda lebih percaya diri. Emosi yang baik dari orang-orang dapat berdampak kepada Anda dan memberikan pikiran yang positif. Jangan biarkan diri Anda kesepian dan memiliki pikiran yang buruk. Tidak apa untuk curhat mengeluarkan segala unek-unek di hati dengan kerabat atau teman-teman yang Anda percaya. Semakin banyak orang yang mengerti Anda dan penyakit Anda, semakin Anda dapat merasa bahagia.

Kurangi risiko penularan kepada orang lain

Ingatlah HIV menyebar melalui cairan tubuh tertentu dari orang yang terinfeksi HIV: darah, air mani, praejakulasi, cairan rektum, cairan vagina, dan ASI. Selalu ingat bahwa Anda harus melindungi kerabat dan keluarga Anda dari penyebaran HIV, sehingga Anda akan lebih bertanggung jawab dan berpikir lagi sebelum melakukan sesuatu. Hal ini dapat membuat orang-orang di sekitar menghargai Anda dan membuat Anda lebih percaya diri, serta berpikir lebih positif.

Banyak orang yang hidup dengan HIV memiliki umur panjang dan bahagia dengan kehidupan sosial mereka hanya dengan berpikiran dan melakukan hal-hal positif. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan apabila Anda didiagnosis dengan HIV.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca