Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang tidak bisa disembuhkan. Jadi, kalau Anda punya kondisi ini, Anda hanya bisa mengendalikannya. Ya, tekanan darah Anda harus terus dikendalikan jika sudah terkena hipertensi, jika tidak, Anda akan berhadapan dengan risiko serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung. Salah satu pengendaliannya adalah dengan minum obat hipertensi. Terkadang memang melelahkan jika harus minum obat hipertensi terus-terusan. Lantas, apakah boleh saya berhenti atau melewatkan minum obat hipertensi jika sudah merasa baikan?

Apakah obat hipertensi harus diminum setiap hari?

Obat hipertensi ditujukan untuk membuat tekanan darah Anda terkontrol, karena itu biasanya obat ini hanya dikonsumsi satu kali sehari saja, yaitu ketika di pagi hari. Obat hipertensi memang dirancang untuk mengendalikan tekanan darah ketika Anda sedang beraktivitas yang umumnya dilakukan di siang hari. Sedangkan di malam hari, Anda tak memerlukannya karena saat tidur, tubuh akan secara otomatis menurunkan tekanan darah.

Banyak hal yang bisa bikin tekanan darah Anda jadi naik dan tak terkendali, entah itu karena makanan atau bahkan kondisi stres. Maka itu, orang dengan tekanan darah tinggi harus minum obat hipertensi agar tekanan darahnya tidak melonjak.

Ingat, jangan pernah berhenti atau mengganti obat tekanan darah tinggi Anda tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Meskipun Anda sudah merasa lebih baik dan sehat. Jika Anda tidak memeriksakan diri ke dokter, Anda tidak akan tahu bagaimana kondisi kesehatan. Jadi, bila Anda ada keluhan atau merasa ada perubahan, sebaiknya bicarakan pada dokter.

obat penambah sperma

Apa yang terjadi jika saya melewatkan minum obat hipertensi?

Masalah yang muncul ketika obat hipertensi tidak Anda minum sesuai dengan ketentuan adalah tekanan darah Anda akan tidak terkendali. Anda akan memiliki tekanan darah yang tinggi terus-terusan.

Ketika hal ini terjadi, maka akan memengaruhi kerja jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah akan tersumbat dan jantung akan kelelahan akibat beban kerjanya lebih berat saat tekanan darah naik. Kondisi ini akan menimbulkan serangan jantung, gagal jantung, bahkan gangguan kesehatan lainnya seperti gagal ginjal.  

Lalu apakah harus minum obat hipertensi seumur hidup?

Mungkin saja Anda tidak butuh lagi minum obat tekanan darah tinggi, tapi dengan catatan tekanan darah Anda memang berada dalam batas normal dan selalu stabil. Hal ini biasanya dapat tercapai jika Anda benar-benar menerapkan pola hidup yang sehat, dari olahraga rutin, mengatur makanan, dan menurunkan berat badan.

Akan tetapi, pada sebagian besar kasus, terkadang menjalani pola hidup yang sehat tak cukup membuat tekanan darahnya terkendali – melainkan hanya membantu menurunkannya saja. Maka itu, kebanyakan orang dengan hipertensi masih butuh minum obat pengendali tekanan darah tinggi.

Namun, hal ini memang tergantung dengan masing-masing kondisi tubuh. Hal yang terpenting adalah jika Anda memang ingin melepas obat, maka Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga suatu keharusan, entah Anda wajib minum obat hipertensi atau tidak. Pasalnya, menerapkan pola hidup sehat dapat menjauhkan Anda dari berbagai penyakit kronis yang mengintai para penderita hipertensi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca