11 Obat Pencahar Alami untuk Anda yang Susah BAB

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/04/2020
Bagikan sekarang

Sembelit (konstipasi) membuat Anda susah BAB atau malah jadi lebih jarang dari biasanya. Sembelit memang bukan penyakit serius, tapi gejalanya pasti sangat membuat tidak nyaman. Maka, tidak heran orang yang sedang sembelit ingin segera terbebas dari masalah pencernaan ini. Minum obat pencahar yang dijual di apotek cepat untuk mengobati sembelit, tapi banyak juga orang yang memilih mencoba obat pencahar alami. Apa saja obat pencahar alami yang direkomendasikan untuk mengatasi susah buang air besar?

Obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit

Penyebab sembelit sangat beragam, yang umumnya dipicu oleh kurang konsumsi makanan berserat dan jarang olahraga. Dari penyebab sembelit ini, Anda bisa menentukan pengobatan yang mengarahkan Anda pada obat pencahar alami.

Nah, ternyata ada alasan kenapa banyak orang mengutamakan obat pencahar alami ketimbang obat sembelit di apotek. Pertama, obat konstipasi di apotek bisa menimbulkan efek samping pada sebagian orang. Kedua, banyak yang khawatir akan ketergantungan dengan obat tersebut jika sembelit kambuh.

Alasan terakhir adalah dosis obat sembelit yang berlebihan bisa memengaruhi fungsi hati dan ginjal. Kedua organ ini bisa menurun fungsinya seiring waktu, bila ditambah dengan penggunaan obat-obatan tertentu, risiko terjadinya kerusakan akan semakin meningkat.

Melansir situs Mayo Clinic, konsumsi makanan, minuman, atau rempah-rempah tertentu bisa menjadi obat sembelit alami untuk mengatasi susah buang air besar. Lebih jelasnya, mari bahas satu per satu obat pencahar alami yang aman untuk meredakan sembelit berikut ini.

1. Air putih

kandungan air putih

Kurangnya cairan tubuh hingga menyebabkan dehidrasi bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh karena itu, minum air putih lebih sering dari biasanya saat susah buang air besar bisa menjadi obat pencahar alami.

Saat sembelit, feses yang melewati usus bergerak lebih lambat. Hal ini menyebabkan usus menyerap cairan dari feses lebih banyak. Akibatnya, feses akan semakin padat dan kering. Nah, untuk mengatasi feses yang kering ini, Anda membutuhkan lebih banyak cairan, contohnya dari air putih.

Cara kerja dari obat susah buang air besar alami ini adalah melunakkan feses dan membantu feses melewati usus dengan merangsang usus agar bergerak lebih cepat. Jadi, dorong diri Anda untuk minum air putih lebih sering saat sembelit, agar BAB jadi lebih lancar.

2. Buah-buahan

makan pisang bisa atasi sembelit

Mengatasi sembelit tidak hanya cukup dengan meningkatkan asupan air putih saja. Buah juga bisa mengatasi sembelit sehingga cocok Anda jadikan obat pencahar alami.

Beberapa buah yang bisa Anda jadikan sebagai obat pencahar alami, yaitu pisang, apel, dan pir. Buah-buahan ini mengandung air yang dapat meningkatkan asupan cairan tubuh Anda. Selain itu, buah-buahan juga mengandung nutrisi penting yang bisa membantu melancarkan BAB.

Pisang tinggi kandungan serat dan kalium yang bisa membantu melunakkan feses serta melancarkan saluran pencernaan. Obat pencahar alami ini juga mengandung bakteri probiotik baik bernama fructooligosaccharides yang bantu meredakan gejala sembelit lainnya.

Sementara itu, apel mengandung pektin dan serat yang dapat merangsang organ perut mengeluarkan feses. Dalam usus, pektin cepat dimakan bakteri usus dan setelahnya bercampur bersama feses sehingga teksturnya jadi lebih lunak. Pektin juga mempercepat gerakan usus sehingga gejala sembelit secara perlahan akan membaik.

Bila tidak ada apel atau pisang, Anda bisa memilih pir sebagai obat pencahar alami untuk meredakan sembelit. Pir juga merupakan buah yang kaya serat, nutrisi, dan air yang baik untuk pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi obat pencahar alami ini dengan banyak cara, yakni dimakan utuh bersama kulitnya, dijus, atau dibuat salad. Akan lebih baik jika buah apel dan pir ini dimakan langsung bersama dengan kulitnya agar lebih cepat mengatasi sembelit.

3. Sari cuka apel

cuka apel untuk jerawat

Seperti yang telah disebutkan di atas, apel bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami. Nah, apel yang sudah diolah menjadi cuka juga dapat membantu mengatasi sembelit.

Sari cuka apel merupakan salah satu obat pencahar alami yang membantu ketidakteraturan usus dalam membuang kotoran di perut. Bahan aktif pada apel yang bertindak sebagai obat susah buang air alami adalah kalium, pektin, asam malat, asam asetat dan kalsium.

4. Lidah buaya

jus lidah buaya

Lidah buaya sangat identik sebagai bahan alami untuk kecantikan. Ternyata, manfaat lidah buaya tidak hanya itu saja. Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami bila diolah menjadi jus.

Jus lidah buaya membantu meningkatkan asupan cairan tubuh. Selain itu, jus dari tanaman ini juga mengandung antrakuinon yang punya efek seperti obat pencahar.

Bila Anda ingin mencoba jus lidah buaya sebagai obat susah buang air besar alami, mulai dengan porsi kecil, yakni 1 cangkir atau sekitar 50 gram saja. Akan lebih baik, jika Anda konsultasi lebih dahulu pada dokter sebelum mencoba obat sembelit alami ini.

5. Teh herbal

minum teh hijau sebelum tidur

Asupan cairan saat sembelit tidak hanya terbatas minum air putih saja. Anda juga bisa menikmati teh sebagai obat pencahar alami. Namun, teh untuk mengatasi susah BAB ini bukan teh manis yang biasanya Anda buat.

Anda perlu menyiapkan rempah, seperti peppermint, dandelion, dan jahe. Ya, rempah tersebut menjadi pengganti teh celup yang biasanya Anda gunakan.

Peppermint mengandung menthol yang bisa memperlancar feses melewati usus. Sementara dandelion merangsang hati untuk menghasilkan cairan empedu yang mampu meredakan gejala sembelit. Begitu juga dengan jahe yang khasiatnya tidak berbeda jauh dengan dandelion.

Anda bisa membuat obat sembelit alami ini dengan merebus air dengan tambahan daun peppermint, dandelion, dan jahe. Setelah mendidih, sajikan dalam gelas dan nikmati selagi hangat. Agar obat pencahar alami ini bekerja lebih efektif, makan lebih dahulu sebelum minum teh.

6. Air lemon

minum air lemon

Kandungan air pada jus lemon dapat merangsang pergerakan di saluran pencernaan. Air jus lemon juga bisa membantu melembutkan feses Anda. Selain itu, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Menggunakan lemon sebagai obat pencahar alami sangat mudah. Anda cukup mengambil sari buahnya saja, bisa juga peras jus lemon segar ke dalam segelas air dan minum setiap pagi, atau tambahkan perasan lemon ke dalam teh tawar.

Minum air lemon bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dalam jangka panjang. 

7. Kismis

kismis untuk anak

Tidak hanya sebagai isian roti atau kue saja, kismis juga bisa Anda andalkan sebagai obat pencahar alami.

Kismis mengandung asam tartarat yang memiliki efek pencahar. Kismis juga kaya akan kalori, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh. Serat dalam kismis dapat membantu melancarkan pencernaan dengan melunakkan feses Anda.  

Namun, jangan makan kismis terlalu banyak karena buah kering ini tinggi gula. Tambahkanlah beberapa butir kismis dalam semangkuk yogurt untuk meraup manfaat probiotik yang menenangkan usus.

8. Kopi

kopi mencegah kanker usus besar

Bagi sebagian orang, minum kopi dapat memicu mulas karena mengaktifkan pergerakan otot usus. Mulas tersebutlah yang dapat menjadi sinyal bagi Anda untuk bisa BAB.

Kopi juga mengandung sedikit serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri usus. Namun di lain sisi, kopi juga memiliki efek diuretik, yakni membuat Anda lebih sering buang air kecil. Jadi, pastikan minum air putih yang cukup dan minum sesuai asupan. 

9. Teh hitam dan teh hijau

teh sehat untuk diabetes

Teh hitam dan teh hijau secara alami mengandung kafein sehingga bisa dijadikan obat pencahar alami. Orang yang sering minum teh di pagi hari akan lebih cepat merasakan dorongan untuk segera buang air besar.

Namun hati-hati, kafein menimbulkan efek samping negatif meningkatkan detak jantung dan insomnia pada sebagian orang. 

10. Suplemen psyllium

suplemen glukomanan

Psyllium adalah pencahar herbal yang mengandung serat alami. Psyllium dapat membantu Anda buang air besar lebih sering.

Psyllium sering digunakan untuk mengobati sembelit kronis dan dapat dikombinasikan dengan obat pencahar lainnya, baik yang alami maupun sintetis.

Untuk menggunakan psyllium, larutkan bubuk psyllium ke dalam segelas 250 ml cairan (bisa air atau jus buah tanpa gula). Minumlah langsung setelah dicampur. Sedangkan kapsul psyllium harus ditelan utuh dengan segelas air.

Saat menggunakan herbal ini, jangan lupa untuk tetap makan sehat, banyak minum air putih, dan berolahraga ringan secara teratur untuk membantu mengatasi sembelit. Mungkin Anda perlu menunggu beberapa hari untuk merasakan manfaat suplemen psyllium yang maksimal.

11. Daun senna

manfaat daun senna

Anda juga bisa mengonsumsi daun senna sebagai obat pencahar alami. Senna adalah ramuan yang berasal dari beberapa spesies berbunga berbeda dari tanaman Cassia. Senna dapat diseduh atau dihaluskan dan dimasukkan ke dalam obat kapsul.

Penggunaan herbal sena sebagai cara mengatasi susah BAB sangat tidak dianjurkan pada wanita hamil dan orang yang mengalami IBS.  

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Hati-hati, Bu, Ketahui Dampak Buruk Bayi Sering Mengejan

Ketika bayi sering mengejan akibat sembelit, perlu segera dilakukan upaya untuk kembali melancarkan pencernaan agar tidak menyebabkan dampak buruk.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020