Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Mengatasi Sembelit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mengalami susah buang air besar atau sembelit tentunya sangat tidak nyaman. Ada banyak obat yang dipercaya bisa mengatasi sembelit Anda, tapi bagaimana dengan minyak jarak? Apakah Anda sudah mencoba menggunakan minyak jarak untuk mengatasi masalah pencernaan Anda tersebut?

Ya, minyak jarak katanya dianggap cukup manjur dalam mengatasi sembelit. Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak jarak sebagai obat alami untuk atasi sembelit? Apakah aman untuk digunakan?

Apa itu minyak jarak?

Bagi Anda yang belum pernah mendengar nama minyak jarak, minyak ini adalah minyak nabati yang berasal dari pohon jarak. Warna minyak jarak biasanya kuning dan sudah banyak tersedia di pasar swalayan maupun apotek terdekat. minyak jarak mempunyai banyak kegunaan seperti menjadi bahan sabun, plastik, hingga obat-obatan.

Meskipun digunakan sebagai bahan dasar dari berbagai barang, minyak jarak adalah obat yang cukup ampuh dalam melancarkan pencernaan Anda yang bermasalah. Minyak ini bekerja seperti obat pencahar, mampu merangsang organ pencernaan dan membuat kotoran mudah untuk dikeluarkan.  Jika Anda ingin mengatasi sembelit dengan minyak jarak, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan meminumnya.

Bagaimana minyak jarak bisa mengatasi sembelit?

Ketika minyak jarak berada di dalam perut Anda, maka minyak tersebut akan langsung merangsang usus melakukan gerakan mendorong-dorong kotoran. Cara kerjanya memang hampir sama seperti obat pencahar stimulan, yang tujuan utamanya adalah meningkatkan gerakan usus.

Menurut American Academy of Family Physicians, obat pencahar stimulan sebaiknya digunakan jika sembelit tidak bisa diatasi dengan jens obat pencahar lainnya. Sebab, obat pencahar stimulan seperti minyak jarak ini dapat menyebabkan usus kehilangan kendali untuk melakukan gerakannya sendiri.

Berapa banyak minyak jarak yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit?

Minyak jarak biasanya memiliki tekstur yang kental dan sedikit susah untuk ditelan. Sementara untuk rasa, minyak ini memiliki rasa yang berbeda-beda namun hampir sama seperti rasa petroleum jelly. Karena susah untuk ditelan, beberapa orang lebih sering mencampurkannya ke dalam minuman agar rasanya pun semakin enak. Anda dapat mencoba untuk mencampurkan minyak jarak ke dalam jus buah atau susu. Sedangkan dosis satu kali penggunaan sekitar tiga sendok teh.

Tak perlu menunggu waktu yang lama, efek dari minyak jarak akan muncul setidaknya 2-3 jam. Namun dalam beberapa kasus, minyak jarak baru dapat bekerja setelah 6 jam. Karena waktu kerjanya cukup cepat, maka tidak disarankan menggunakan minyak jarak sebelum tidur.

Tapi awas, minyak jarak tak boleh digunakan oleh orang-orang berikut ini

Sebenarnya, minyak jarak cukup aman untuk digunakan, namun ada beberapa kelompok orang yang tidak boleh menggunakan minyak jarak, yaitu:

  • Ibu hamil. penggunaan minyak jarak pada ibu hamil telah dilarang oleh Food and Drug Administration, Amerika Serikat, sebab  minyak tersebut terbukti dapat memengaruhi perkembangan janin
  • Orang yang mengalami beberapa kondisi medis tertentu seperti, gejala usus buntu, perdarahan rektum, dan muntah.

Walaupun manjur, minyak jarak juga tidak dianjurkan untuk dipakai dalam jangka panjang. Selain itu, jika memang Anda mengalami sembelit kronis, sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter dan berkonsultasi obat apa yang sesuai dengan kondisi Anda saat itu.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan?

Selain rajin berolahraga, mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus dikonsumsi juga penting untuk menjaga kesehatan. Cari tahu kalori harian yang Anda butuhkan di sini.

Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu Anda tidak dianjurkan kembali beraktivitas. Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah operasi usus buntu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Propolis disebut-sebut berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala herpes, mengobati luka kulit, dan meredakan maag. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit