8 Obat Alami yang Berpotensi Menyembuhkan Diare

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Maret 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Mengalami diare rasanya tentu tidak enak. Selain membuat perut mulas tidak karuan, Anda juga capek harus bolak-balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Diare umumnya memang dapat sembuh dalam 2-3 hari dengan cukup minum air dan istirahat. Namun, tidak ada salahnya mencoba obat diare alami yang bisa menyembuhkan mencret lebih cepat. Lantas, apa saja obat herbal yang aman untuk mengobati diare? Lihat daftarnya berikut ini.

Obat diare alami racikan sendiri untuk redakan mencret di rumah

Masalah buang-buang air umumnya dapat diatasi dengan obat diare generik di apotek. Namun, mencret yang masih termasuk gejala diare ringan mungkin masih dapat ditangani dengan menggunakan obat alami di rumah.

Pengobatan alami juga kadang lebih dicari karena diyakini cenderung minim efek samping ketimbang obat kimia. Selain itu, sebagian besar bahan alami ini tergolong aman digunakan sebagai obat untuk ibu hamil saat diare.

1. Oralit buatan sendiri

Anda rentan kena dehidrasi selama diare karena tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar bersama feses. Selain cairan, nutrisi dan mineral penting yang tersimpan dalam tubuh juga bisa hilang. 

Nah, Anda bisa meracik oralit sebagai obat alami yang cepat mengatasi dan mencegah dehidrasi karena diare. Dokter Donald Kirby, MD, direktur Pusat Cleveland Clinic’s for Human Nutrition pun membenarkan oralit sebagai deretan obat alami yang ampuh untuk mengatasi mencret.

Jika Anda tidak cukup kuat untuk pergi ke apotek dan membelinya sendiri, raciklah oralit di rumah. Caranya mudah. Anda cukup larutkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam dalam 1 liter air. Aduk merata, dan minum segelas (250 ml) tiap 4-6 jam sekali.

Gula dan garam adalah mineral elektrolit yang bersifat menahan cairan. Garam dapat menahan simpanan cairan dalam tubuh, sementara gula membantu tubuh Anda menyerap garam. Dua kombinasi ini membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan yang bisa memperparah gejala diare Anda.

2. Teh jahe

Jahe merupakan rempah yang bersifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri sehingga didapuk baik sebagai obat diare alami. Selain itu, antioksidan dari jahe juga dapat menyehatkan sistem pencernaan serta meredakan rasa kembung dan mual.

Nah, untuk menenangkan perut yang melilit karena diare Anda bisa meracik teh jahe untuk diminum sebagai obat herbal. Caranya, potongan jahe menjadi beberapa irisan dan rebus bersama air.

Minum air  jahe juga dapat membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang banyak saat terkena diare.

3. Chamomile dan akar marshmallow

Dilansir dari Penn State Hershey Medical Center, ada beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat mencret alami, yakni chamomile dan akar marshmallow. Meskipun tanaman ini tidak cukup awam ketimbang jahe, Anda bisa membelinya secara online.

Chamomile mengandung zat aktif antiperadangan yang bisa menenangkan perut dari perut mual dan kembung. Begitu juga dengan akar marshmallow yang biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada lapisan perut.

Anda bisa mendapatkan manfaat chamomile dan akar marshmallow sebagai obat alami untuk menghentikan mencret dengan mengolahnya menjadi teh herbal. Pertama, Anda bisa merebus beberapa tangkai bunga chamomile kering sampai mendidih. Dinginkan sebentar, dan teh chamomile siap diminum. Supaya lebih enak, boleh tambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

Sementara untuk membuat teh akar marshmallow, Anda hanya perlu menakar 2 sendok makan akar marshmallow kering dan campurkan dalam 1 liter air. Diamkan selama seharian, saring, dan minum layaknya teh.

4. Lada putih

Anda memang pantang makan makanan yang pedas selama diare. Namun jangan salah, lada putih ternyata bisa dijadikan obat mencret alami.

Lada putih adalah biji lada yang diolah saat kondisinya sudah matang sempurna dan kemudian dikeringkan. Lada putih kering biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut, diare, dan kolera karena mengandung piperine. Piperine dilaporkan dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Chinese Medicine menemukan konsumsi biji lada putih yang disangrai secara drastis mengurangi frekuensi kesakitan diare pada bayi dan anak di bawah 2,5 tahun.

5. Air putih

Mengonsumsi cairan yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang Anda minum, setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Meski termasuk cairan, alkohol dan kafein bukan obat alami untuk diare. Keduanya mengandung kafein yang bisa membuat Anda buang air kecil lebih sering sehingga bisa memperparah gejala diare.

Obat diare alami dalam bentuk suplemen herbal

Selain racikan sendiri, ada beberapa suplemen dari tanaman herbal yang biasanya diminum untuk mengobati diare, di antaranya:

1. Suplemen psyllium husk

Suplemen lain yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai obat mencret alami adalah psyllium husk. Suplemen ini terbuat dari serat biji Plantago ovatayang zat aktifnya bersifat seperti obat diare jenis bulk laxative.

Potensi suplemen psyllium husk sebagai obat diare alami adalah menormalkan gerakan usus dan meningkatkan ketebalan feses. Selain itu, suplemen ini juga bersifat sebagai prebiotik, yakni menjadi makanan bagi bakteri baik agar berkembang sehingga jumlahnya kembali seimbang di usus dan menyehatkan sistem pencernaan.

2. Suplemen probiotik

Saat diare, sistem pencernaan Anda mengalami masalah. Kondisi ini bisa membuat jumlah bakteri baik di dalam usus lebih sedikit ketimbang bakteri jahat. Guna menyeimbangkan kembali jumlah bakteri baik di dalam usus, Anda bisa minum suplemen yang mengandung probiotik.

Suplemen probiotik adalah suplemen yang diperkaya dengan bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus. Tujuan meningkatkan jumlah bakteri dari suplemen ini bisa menjadi obat mencret alami karena bisa melawan bakteri penyebab diare yang menginfeksi usus.

Agar tubuh bisa pulih dengan cepat dari diare, pilih suplemen yang mengandung lactobacillus, acidophilus, atau bifidobacteria. Di pasaran, suplemen ini tersedia dalam bentuk bubuk atau kapsul.

3. Suplemen zinc

Selain suplemen probiotik, suplemen zinc juga bisa menjadi obat herbal pilihan untuk mengatasi diare. Suplemen zinc sulfat, zinc asetat, dan zinc glukonat dapat membantu pembentukan protein, mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melancarkan peredaran air dan elektrolit dalam usus.

Masalah pencernaan, seperti diare berkaitan dengan kurangnya kadar zinc dalam tubuh. Oleh karena itu, suplemen ini dapat membantu meredakan diare pada seseorang yang kekurangan zinc.

Konsultasi ke dokter sebelum pakai obat diare alami

Bahan alami yang disebutkan di atas memang memiliki potensi sebagai obat mencret alami dan Anda bisa bebas memilih mana obat yang tepat. Namun, perlu ditekankan bahwa penggunaan obat herbal tetap harus diawasi dokter.

Beberapa hal yang perlu digarisbawahi jika Anda ingin mengatasi diare dengan obat-obatan alami, antara lain:

  • Hindari penggunaan suplemen probiotik jika Anda sedang menggunakan obat penekan kekebalan tubuh.
  • Pastikan jika Anda tidak punya alergi dengan bahan-bahan alami yang disebutkan.
  • Akar marshmallow bisa memengaruhi kinerja obat yang mengandung lithium. Jika Anda sedang minum obat berlithium, sebaiknya hindari akar marshmallow.
  • Konsultasi ke dokter mengenai penanganan diare dengan oralit, jika Anda memiliki hipertensi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

Diarrhea, Lifestyle and Home Remedies http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/basics/lifestyle-home-remedies/con-20014025

Diarrhea, Aged 12 to Older - Home Treatment http://www.webmd.com/digestive-disorders/tc/diarrhea-age-12-and-older-home-treatment

Natural Home Remedies: Diarrhea http://www.besthealthmag.ca/best-you/home-remedies/natural-home-remedies-diarrhea/

ORS homemade https://rehydrate.org/solutions/homemade.htm diakses pada 28 juni 2019.

Salt or sugar water for diarrhea? https://www.livestrong.com/article/412714-salt-or-sugar-water-for-diarrhea/ diakses pada 28 juni 2019.

Diarrhea home remedies https://www.health.com/digestive-health/diarrhea-home-remedies? diakses pada 28 juni 2019.

Ginger for diarrhea treatment https://www.healthline.com/health/ginger-for-treatment diakses pada 28 juni 2019.

Treating diarrhea https://health.clevelandclinic.org/moms-advice-is-still-the-best-for-treating-diarrhea/ diakses pada 28 juni 2019.

How to Use Herbal Supplements for Treating Your IBS. (2009, May 16). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/herbs-and-natural-remedies-for-ibs-1944988 [Accessed on March 4th, 2020]

Zinc Supplementation in the Management of Diarrhoea. (n.d.). WHO | World Health Organization. https://www.who.int/elena/titles/bbc/zinc_diarrhoea/en/ [Accessed on March 4th, 2020]

Semeco, A. (n.d.). Psyllium: Benefits, Safety, and Dosage. Health News - Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318707#benefits [Accessed on March 4th, 2020]

Brianna Elliott, RD. (n.d.). 5 Ways Chamomile Tea Benefits Your Health. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/5-benefits-of-chamomile-tea#section2 [Accessed on March 4th, 2020]

Marshmallow: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (n.d.). WebMD - Better Information. Better Health. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-774/marshmallow [Accessed on March 4th, 2020]

White Pepper: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (n.d.). WebMD - Better Information. Better Health. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1529/white-pepper [Accessed on March 4th, 2020]

Jin, C., Jia, Y., Dong, H., Zhou, J., Sun, G., & Zhang, Y. et al. (2013). Stir-Fried White Pepper Can Treat Diarrhea in Infants and Children Efficiently: A Randomized Controlled Trial. The American Journal Of Chinese Medicine41(04), 765-772. doi: 10.1142/s0192415x13500511

Yang juga perlu Anda baca

Ada Benjolan di Ketiak Anda? Ini Beberapa Penyebabnya

Pernah meraba ketiak Anda? Apakah menemukan benjolan di sana? Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mungkin serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Pemerintah Musnahkan Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri, Apa Bahayanya?

Jamur Enoki yang diimpor dari Korea Selatan ini terbukti terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes yang menyebabkan penyakit listeria.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Berita Dalam Negeri, Berita 11 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Uang termasuk salah satu benda yang kotor dan tempat bakteri bersarang. Lalu apa jenis dan dampak kesehatan dari bakteri pada uang kertas dan koin?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Anda Mengidap Kista Ovarium? Cari Tahu Gejalanya di Sini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Minum Antibiotik

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Perut Begah Akibat Makan Kekenyangan? Ini Cara Cepat Mengatasinya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 September 2020 . Waktu baca 3 menit