6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang April 21, 2020
Bagikan sekarang

Rasa nyeri atau sakit bisa menyerang hampir seluruh persendian tubuh. Area persendian yang paling rawan biasanya adalah yang menjadi tumpuan atau poros bagi anggota gerak. Sebut saja nyeri sendi lutut, nyeri sendi tangan, dan nyeri sendi bahu. Nyeri sendi bahu, khususnya, bisa mengakibatkan seluruh lengan di sisi yang terdampak menjadi kaku sehingga sulit digerakkan. Lantas, apa penyebab sendi bahu terasa sakit dan bagaimana mengatasinya? Cari tahu di sini.

Berbagai penyebab nyeri sendi bahu

Bahu adalah salah satu sendi terbesar dan paling kompleks dalam tubuh. Sendi bahu terbentuk untuk melindungi penggabungan ujung tulang lengan atas (humerus) ke dalam tulang belikat (skapula).

Persendian bahu adalah poros utama yang menghubungkan lengan ke rangka badan. Persendian bahu memudahkan Anda untuk bergerak dan melakukan berbagai macam gerakan. Pasalnya, persendian ini merupakan salah satu sendi yang paling mudah bergerak dalam tubuh manusia.

Di sisi lain, kemudahannya dan keleluasaannya untuk memfasilitasi gerakan rentan membuat sendi bahu mengalami cedera atau gangguan tertentu. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa penyebab terjadinya nyeri sendi bahu:

1. Arthritis

Arthritis adalah peradangan penyebab nyeri sendi yang cukup umum terjadi, terutama pada orang-orang di atas usia 65 tahun. Meski begitu, banyak pula anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang mengalaminya.

Tergantung dari jenis penyakitnya, peradangan pada sendi dapat mempengaruhi satu atau beberapa sendi. Nah, jenis arthritis yang paling sering menyerang sendi bahu adalah rheumatoid arthritis (rematik). Peradangan akibat asam urat (gout) dan osteoarthritis jarang menyerang sendi bahu, tapi bukannya mustahil.

Gejala yang paling umum terjadi adalah nyeri dan pembengkakan pada sendi bahu yang menyebabkan tubuh bagian atas terasa kaku. Kulit di sekitarnya pun bisa mengalami kemerahan. Tak hanya itu saja. Pergerakan pada area bahu Anda pun menjadi terbatas dan menurun.

2. Dislokasi bahu

Dislokasi bahu merupakan kondisi yang terjadi ketika tulang-tulang yang tersambung pada persendian bahu bergeser atau terlepas dari posisi seharusnya.

Kondisi ini terjadi akibat pergerakan sendi bahu yang ekstrem atau tiba-tiba dan dipaksakan, atau dampak dari benturan keras di bagian tubuh tersebut. Dislokasi umumnya diakibatkan kecelakaan bermotor, terjatuh di posisi yang tidak tepat, atau trauma fisik lainnya.

Anda yang mengalami dislokasi bahu tidak hanya dapat merasakan nyeri sendi yang luar biasa, tapi juga mengalami pergerakan tubuh yang tidak seimbang dan bahkan kesulitan untuk bergerak.

Mengalami dislokasi artinya letak tulang Anda tidak pada posisi normalnya. Maka, Anda harus mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin. Tulang yang bergeser dan tidak dikembalikan ke semula dapat menyebabkan kerusakan pada ligamen, saraf, atau pembuluh darah.

3. Frozen shoulder

Frozen shoulder adalah kondisi yang membuat bahu sulit untuk digerakkan akibat ruang di dalam persendian bahu mengecil secara bertahap.

Hal ini juga dapat terjadi ketika pita jaringan yang abnormal menumpuk di sendi bahu. Akibatnya, persendian bahu Anda jadi tidak bisa bergerak dengan bebas.

Gejala yang dirasakan dari penyebab nyeri sendi bahu ini adalah rasa sakit yang dimulai dari bahu dan menyebar ke area sekitarnya, termasuk ke area tulang belikat, klavikula, sampai otot-otot lengan.

Rasa sakit pada sendi bahu akibat frozen shoulder biasanya berlangsung bertahap. Pada tahap awal, nyeri bahu dan tangan sulit bergerak. Beberapa waktu setelahnya, Anda dapat menggerakkan lengan tapi hanya sedikit dan masih terasa sakit.

Pada tahap terakhir, bahu tidak lagi menjadi kaku dan sudah dapat digerakkan karena nyeri berangsur-angsur menghilang.

4. Tulang rawan robek

Pada bagian tepi sendi bahu terdapat area tulang rawan atau bantalan karet. Tidak menutup kemungkinan jika area tersebut terluka dan menyebabkan sendi bahu yang terasa sakit. Kondisi tulang rawan yang robek bisa terjadi ketika Anda melakukan gerakan yang sama berulang-ulang, jatuh, serta terlalu banyak menyerap tekanan.

5. Bursitis

Di persendian bahu terdapat bursae atau kantong yang berisi cairan untuk melindungi sendi. Area ini bisa menjadi bengkak dan terganggu jika Anda mengulangi gerakan yang sama secara berulang. Tak hanya itu saja, kondisi ini pun bisa terjadi ketika Anda mengalami cedera dan jatuh.

Sakit sendi bahu akibat bursitis biasanya dirasakan ketika Anda menggerakkan bahu. Gejala yang paling umum dirasakan dari bursitis adalah rasa sakit atau nyeri. Namun, ketika semakin parah Anda mungkin akan merasakan sendi bahu yang kaku, bengkak, juga menjadi merah.

6. Cedera Rotator Cuff

Rotator cuff terbentuk dari otot dan ligamen yang menyangga lengan atas pada sendi bahu. Cedera pada salah satu atau semua bagian ligamen di sendi putar bahu dapat menyebabkan nyeri.

Robekan pada salah satu otot atau tendon yang mengelilingi bagian atas humerus juga dapat menyebabkan nyeri sendi bahu. Cedera rotator cuff dapat diakibatkan cedera mendadak, atau akibat penggunaan berlebihan yang terus-menerus.

Nyeri rotator cuff tergolong umum. Namun, lebih sering terjadi pada orang berumur lebih dari 40 tahun atau yang terlalu sering menggunakan lengan.

Cara mengobati nyeri sendi bahu

Pengobatan dan perawatan untuk mengatasi nyeri sendi bahu akan sangat tergantung pada penyebab juga tingkat keparahan yang Anda rasakan.

Berikut beberapa pilihan cara mengobati sakit pada sendi bahu yang bisa dilakukan di rumah atau lewat saran dokter:

1. Istirahat

Segera hentikan segala aktivitas yang melibatkan sendi yang nyeri. Dengan beristirahat, Anda tidak memperparah cedera atau peradangan yang sudah terjadi. Nyeri pun berkurang ketika Anda tidak menggerakkannya terlalu banyak.

2. Mengompres area yang terasa nyeri

Rasa sakit ringan dapat diredakan dengan mengompres sendi bahu yang sakit. Kompres dengan handuk hangat selama 15-20 menit untuk merilekskan otot serta persendian yang kaku. Jika tidak ada kompres, Anda bisa menggunakan botol yang diisi air panas dan dibalut waslap tipis atau pakai heating pad.

Namun jika bahu tampak membengkak, kompres dengan handuk dingin, Tempelkan selama 15-20 menit sampai bengkak terlihat mengempis. Hindari menggunakan es karena dapat menyebabkan radang dingin dan kulit terasa terbakar. Jika ingin demikian, masukkan es batu dalam plastik dan bungkus dengan waslap tipis terlebih dahulu.

Beri jeda 20-30 menit sebelum mengulang menempelkan kompres baru.

3. Minum obat pereda nyeri

Jika kompres tidak cukup ampuh meredakan nyeri, Anda bisa mencoba minum obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Tidak hanya untuk meredakan rasa sakit, obat ini pun umum digunakan untuk mengobati peradangan pada sendi bah.

Jenis NSAID yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri adalah:

Sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Mengonsumsi relaksan otot

Kadang, nyeri sendi bahu dapat menjadi akibat dari nyeri otot leher atau area lain terdekatnya. Jika ini adalah sumber sakit Anda, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat khusus pereda nyeri otot. Apalagi jika di area tersebut Anda merasakan ketegangan otot atau kejang di sekitar sendi bahu.

Obat relaksan otot yang umum di antaranya adalah:

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa relaksan otot memerlukan resep dari dokter, dan dapat menyebabkan kantuk. Sebaiknya konsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait penggunaan obat ini untuk meredakan nyeri sendi bahu Anda. Jangan konsumsi obat jika Anda akan membawa kendaraan.

5. Melakukan terapi fisik

Jika obat pereda nyeri serta relaksan otot belum juga mengobati, Anda bisa melakukan terapi fisik. Ahli terapi dapat membantu untuk menstabilkan sendi, meningkatkan jangkauan gerak nyeri atau sakit sendi bahu, juga membantu memperkuat otot di sekitar sendi.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Macam-Macam Penyebab Nyeri pada Sendi Kaki dan Cara Mengatasinya

Ketika sendi kaki terasa nyeri, aktivitas Anda pasti sangat terganggu. Jangan remehkan sakit pada sendi kaki. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina

4 Penyebab Sendi Tangan Nyeri, dan Cara Ampuh Mengatasinya

Hati-hati, peradangan atau cedera pada tangan bisa mengakibatkan nyeri sendi. Cari tahu penyebab dan cara mengatasi rasa sakit pada sendi tangan di sini!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina

10 Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Sendi, dengan Atau Tanpa Resep Dokter

Merasa cukup terganggu dengan nyeri sendi belakangan ini? Apabila sudah tidak tahan, minum obat penghilang sakit dapat membantu meredakan nyeri sendi Anda.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers Februari 9, 2020

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut adalah keluhan sakit fisik yang umum. Cari tahu macam-macam penyebab, pilihan obat, dan cara mengatasinya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z Februari 7, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang April 23, 2020
Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang April 23, 2020
7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang April 18, 2020
8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang April 17, 2020