Semua Hal yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Diabetes Anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Dinyatakan sakit diabetes bukan hal yang mudah diterima bagi orang dewasa, apalagi bila itu terjadi pada buah hati Anda. Perawatan diabetes membutuhkan waktu dan kesabaran bagi semua anggota keluarga. Perasaan kesal, lelah, dan stres dapat dirasakan jika semua ini hanya ditanggung oleh satu orangtua saja. Maka sebagai orangtua, Anda dan pasangan harus bersama-sama terlibat dalam rutinitas perawatan diabetes anak.

Selain itu, mendapatkan dukungan yang kuat dari kakek-nenek, bibi, paman, saudara, teman, dan bahkan tetangga dapat membantu Anda menangani diabetes anak. Ya, kerabat terdekat dapat memberikan dukungan praktis maupun emosional, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan mereka.

Pengaruh keluarga dalam perawatan diabetes anak

Diabetes tipe 1 memiliki dampak besar pada keluarga Anda, dan dinamika keluarga Anda juga memengaruhi perawatan diabetes. Faktor-faktor yang penting bagi perawatan diabetes anak adalah:

  • Berbagi tanggung jawab di dalam keluarga
  • Perasaan kebersamaan
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah
  • Perawatan anak yang konsisten

Ketika ada banyak tekanan dalam keluarga, sulit untuk memikirkan masalah dan menyelesaikannya secara efektif. Akibatnya, perawatan diabetes anak dapat terabaikan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sikap positif dari orangtua agar membantu anak-anak menyesuaikan diri dengan penyakit diabetes.

Ketika orangtua konsisten dalam menjalani gaya hidup yang sehat bagi diabetes, anak lebih mungkin untuk mengikuti rutinitas baru ini.

Pentingnya keyakinan diri

Bagaimana cara sebuah keluarga mengatasi diabetes anak tergantung pada beberapa hal, terutama sikap dan keyakinan orangtua. Orangtua yang melihat diabetes sebagai kondisi serius tapi dapat dikelola akan menghadapi penyakit ini dengan lebih baik.

Sementara orangtua yang bersikap negatif, mungkin merasa lebih sulit, kewalahan, atau tidak yakin pada kemampuannya untuk menghadapi penyakit ini. Bahkan, beberapa orangtua ada juga yang menganggap bahwa diabetes memberikan masa depan yang buruk bagi anaknya kelak. Jika Anda salah satu orangtua yang merasakan hal ini, ubahlah perspektif Anda dan keluarga Anda.

Hal ini karena seiring dengan kemajuan teknologi kesehatan, pengobatan diabetes kian mudah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko anak mengalami komplikasi diabetes di masa depan.

Wajar apabila Anda menganggap kalau si kecil sakit dan berbeda dengan anak seusianya. Namun dengan seiring waktu, pendidikan, dan pengalaman, orangtua akan segera melihat bahwa si kecil dapat tumbuh dan berkembang seperti anak pada umumnya.

Ingat, diabetes seharusnya tidak menghalangi anak-anak untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai. Dengan catatan, orangtua melakukan pengawasan ekstra untuk memastikan keamanan si kecil.

Menyeimbangkan pengawasan dengan kemandirian

Anda dan buah hati perlu belajar keterampilan baru dan menjalankan tugas-tugas baru yang berhubungan dengan perawatan diabetes. Mengingat anak-anak masih kecil, maka tanggung jawab ini akan jatuh pada Anda. Namun, seiring pertumbuhannya, anak-anak akan terlatih untuk melakukan perawatan sendiri.

Jangan terlalu cepat memberikan anak Anda tanggung jawab yang besar. Memang, seiring bertambahnya usia tanggung jawab dan tugas anak akan bertambah. Namun berikanlah tanggung jawab tersebut secara bertahap dan sesuaikan dengan kemampuan anak Anda. Selain itu, pastikan Anda dan pasangan memberikan dukungan dan pengawasan yang konsisten.

Ya, meski anak Anda mungkin sudah mahir dalam melakukan perawatan diabetesnya sendiri, namun mereka tetap membutuhkan pengawasan dan perhatian Anda. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya komplikasi yang mungkin terjadi apabila suatu saat anak abai tentang perawatan diabetesnya.

Dampak emosional pada anak yang lain

Tantangan Anda lainnya adalah memastikan jika tidak adanya kecemburuan antar anak. Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang semua anak secara merata.

Anak-anak Anda lainnya perlu diberi kesempatan untuk mengekspresikan perasaan dan emosi mereka. Mereka perlu tahu bahwa mereka masih dicintai. Bila perlu, anak Anda yang lain juga harus didorong untuk bergabung dalam perawatan diabetes.

Hal ini akan membantu mereka merasa terlibat dalam realitas keluarga baru. Tak hanya itu saja, cara ini juga akan memberikan mereka rasa aman dan nyaman dengan saudara mereka yang memiliki diabetes.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca