Merencanakan Menu Vegetarian untuk Penderita Diabetes

Oleh

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang memilih untuk menjadi vegetarian. Vegetarian adalah seseorang yang memilih untuk tidak memasukkan daging apapun (termasuk daging merah, daging unggas, makanan laut, dan makanan olahan daging) ke dalam menu makanan sehari-hari mereka.

Jika Anda adalah seorang vegetarian, pastikan Anda tetap memenuhi gizi yang Anda perlukan dengan makan macam-macam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak.

Ada berbagai macam jenis diet vegetarian lainnya, antara lain adalah:

  • Vegan: kelompok yang tidak makan daging, telur, dan produk susu apapun
  • Lacto-vegetarian: kelompok ini tidak makan daging atau telur namun tetap mengonsumsi produk susu
  • Lacto-ovo-vegetarian: kelompok ini tidak makan daging namun tetap makan produk susu dan telur

Apakah seseorang yang diabetes boleh jadi vegetarian?

Tentu saja boleh. Menu vegetarian sangat baik dan sehat untuk pengidap diabetes. Riset menunjukan bahwa jika seseorang menikmati menu vegetarian, mereka dapat terhindar dari diabetes.

Bahkan, penelitian tentang diet vegan telah menunjukkan bahwa pembatasan karbohidrat dan kalori yang tidak perlu bisa menurunkan berat badan dan peserta tes A1C (tes yang mengukur kadar glukosa darah rata-rata seseorang).

Diet vegan biasanya diisi menu makanan yang tinggi serat, rendah lemak jenuh, dan bebas kolesterol bila dibandingkan dengan diet tradisional lainnya. Serat yang tinggi dalam diet ini dapat membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama setelah makan, serta dapat membantu Anda makan lebih sedikit. Asupan serat lebih besar dari 50 gram per hari makan dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.  Selain itu, diet ini juga cenderung biaya rendah biaya, karena daging, unggas, dan ikan adalah makanan yang cukup mahal.

Diet vegan

Juga sering disebut disebut diet vegetarian murni. Mereka yang mengikuti diet vegan tidak makan daging atau makanan yang diolah dari produk daging.

Pengidap diabetes bisa memilih untuk mengikuti jenis diet vegetarian ini. Pola makan vegan mencakup berbagai makanan nabati. Makan produk kedelai dan aneka sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga dapat memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi penting lainnya. Gizi utama yang menjadi perhatian untuk kelompok ini adalah vitamin B12, sehingga bagi Anda yang ingin mengikuti diet jenis ini, Anda harus tetap mengonsumsi suplemen atau multi-vitamin yang diperlukan.

(diabetes.org)

Yang juga perlu Anda baca