Salah satu gejala dari penyakit diabetes adalah penurunan berat badan yang tak direncanakan. Hal ini bisa menjadi masalah baru bagi penderita diabetes. Namun, di lain sisi banyak yang menganjurkan pengidap diabetes untuk menurunkan berat badan. Jadi, apakah pengidap diabetes boleh menurunkan berat badan dan melakukan diet?

Apakah pengidap diabetes boleh melakukan diet untuk menurunkan berat badan?

Pada dasarnya, salah satu gejala yang mungkin dialami oleh penderita diabetes adalah penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dan tak direncanakan sebelumnya. Kondisi ini terjadi akibat pengaturan kadar gula darah yang tak baik di dalam tubuh, sehingga membuat jaringan-jaringan tubuh tidak mendapatkan gula dan akhirnya kelaparan.

Namun hal tersebut biasanya lebih banyak terjadi pada orang yang mengalami diabetes tipe 1 ketimbang diabetes tipe 2. Selain itu gejala ini muncul ketika masa awal penyakit diabetes terjadi. Bila hal ini terjadi terus-terusan, bisa saja Anda mengalami kekurangan berat badan, sehingga yang harus dilakukan adalah diet untuk menjaga berat badan stabil dan kadar gula darah normal.

Lain hal bila Anda mengalami diabetes dan memiliki indeks massa tubuh yang tidak normal, cenderung overweight atau obesitas, maka menurunkan berat badan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa obesitas dan overweight pada penderita diabetes dapat meningkatkan risiko komplikasi serta membuat gula darah tak terkendali.

Berapa banyak berat badan yang harus diturunkan oleh pengidap diabetes?

Jadi memang hal ini tergantung dengan kondisi masing-masing, bila memang Anda obesitas berarti Anda harus menurunkan berat badan demi membuat diabetes Anda terkendali. Sebaliknya, jika memang berat badan Anda normal, maka Anda sebaiknya menjaga berat badan Anda tersebut.

Sementara, untuk berapa banyak berat badan yang harus diturunkan oleh penderita diabetes yang obesitas, hal tersebut tergantung dengan berat badan ideal yang dimiliki masing-masing. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa berat badan yang harus diturunkan.

makanan untuk diabetes yang harus dihindari

Seperti apa diet yang aman untuk penderita diabetes?

Meskipun Anda tak memiliki kemampuan yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya, namun bukan berarti Anda harus menghindari karbohidrat – yang mengandung gula – sama sekali. Prinsipnya adalah bagaimana mengatur porsi kebutuhan nutrisi, termasuk karbohidrat, agar tidak membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Berikut adalah makanan yang harus dihindari jika Anda ingin menurunkan berat badan:

Berbagai macam gula, seperti gula pasir, madu, susu kental manis, dan berbagai makanan manis lainnya. Selain buruk bagi berat badan Anda semua makanan tersebut adalah musuh utama dari kadar gula darah Anda.

  • Semua makanan yang berlemak, bila Anda ingin mengonsumsi susu sebaiknya pilih yang rendah lemak, namun tetap rendah gula.
  • Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang tinggi.
  • Makanan berkemasan yang memiliki natrium yang tinggi.
  • Berbagai macam bahan makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemik tinggi.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan:

  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah
  • Pilih jenis karbohidrat yang memiliki serat tinggi dan rendah indeks glikemik
  • Perbanyak makan ikan laut, seperti tuna, sarden, dan salmon.

Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga dengan teratur dan berkala. Berbagai penelitian telah membuktikan jika aktivitas fisik yang rutin dapat membantu seseorang yang sedang berdiet dalam menurunkan berat badan. Durasi olahraga yang ideal adalah  150 menit per minggu atau bisa juga digantikan dengan 30 menit per hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca