Berbagai Tips Sehat Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Para diabetesi perlu memastikan bahwa ia selalu memiliki kadar gula darah normal. gula darah tetap stabil. Pasalnya gula darah tidak teratur membahayakan kondisi kesehatan mereka makin parah. Padahal tak cuma diabetesi saja yang harus mengendalikan gula darah, Anda yang tak punya riwayat diabetes juga harus mengukur kadar gula darah dengan rutin.

Jadi kalau ternyata kadar gula darah Anda rendah atau tinggi, bisa cepat ditangani dengan pemberian obat gula darah atau pengobatan lainnya. Maka itu, yuk pahami seberapa kadar gula darah yang dianggap normal hingga obat gula darah yang diperlukan.

Apa itu gula darah?

Sebelum mengetahui kadar gula darah dalam tubuh normal atau tidak, Anda perlu ketahui dahulu apa itu gula darah sebenarnya.

Glukosa atau yang disebut gula darah adalah sumber energi bagi tubuh. Dari glukosa atau gula darah, sel-sel tubuh mendapatkan ‘makan’ agar bisa berfungsi dengan baik.

Ketika Anda makan, terutama dari sumber karbohidrat contohnya nasi, buah-buahan, roti, mie, gula pasir, dan lain sebagainya akan menghasilkan gula di dalam aliran darah.

Lalu, gula yang berada dalam aliran darah ini akan diantarkan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan energi agar bisa berfungsi dengan baik. Penting sekali bukan gula darah dalam tubuh?

Nah maka itu, sangat penting menjaga kadar gula darah normal. Jangan sampai kadar gula darah tinggi atau kadar gula darah rendah terjadi dalam tubuh Anda. Sebab, akan ada berbagai masalah kesehatan yang akan datang.

Berapa kadar gula darah normal?

mulai cek gula darah

Cek kadar gula darah sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Jika Anda bukan diabetes, cek gula darah juga penting. Sebab bisa saja kadar gula darah tinggi atau kadar gula darah rendah terjadi dalam tubuh Anda tetapi belum disertai gejala atau tanda yang mudah terlihat.

Jika Anda diabetesi, cek gula darah pastinya sangat harus dilakukan agar bisa menjaga kadar gula darah normal atau stabil.

Batas kadar gula darah normal berbeda-beda berdasarkan tes gula darah yang Anda lakukan. Berikut ini batas kadar gula darah normal menurut usia dewasa:

Gula darah puasa (GDP)

Cek gula darah puasa akan dilakukan setelah Anda berpuasa selama 8 jam. Puasa ini khusus puasa makan dan minum-minuman mengandung energi atau gula. Yang hanya diperbolehkan hanya minum air putih.

Pada tes ini dapat diketahui apakah Anda memiliki kadar gula darah normal, termasuk dalam prediabetes, atau mengalami diabetes. Berikut ini kriteria kadar gula darah normal berdasarkan tes GDP:

  • Kadar gula darah normal: di bawah 100 mg/dl
  • Prediabetes: 100-125 mg/dl
  • Diabetes di atas 125 mg/dl

Gula darah 2 jam postprandial (GD2PP)

Pada tes kali ini akan dilakukan 2 jam setelah Anda makan terakhir. Tes ini dilakukan untuk melihat apakah orang dengan diabetes mengonsumsi makanan yang tepat atau tidak.

Berikut ini kriteria kadar gula darah normal dari tes GD2PP:

  • Kadar gula darah normal: di bawah 140 mg/dl
  • Pre diabetes: 140-199 mg/dl
  • Diabetes: lebih dari 200 mg/ dl

Gula darah sewaktu (GDS)

Tes gula darah sewaktu bisa dilakukan kapanpun sepanjang hari, tanpa harus puasa dahulu atau melakukan persyaratan lain.

Orang yang sehat atau memiliki kadar gula darah normal akan menunjukan angka kadar gula darah sewaktu yang tidak jauh berbeda sepanjang hari.

Jika hasil GDS Anda berubah-ubah tiap waktu bahkan ada yang tiba-tiba bisa 200 mg/hari, ini bisa menjadi suatu tanda ada yang sedang bermasalah dengan gula darah orang tersebut. Berikut ini kriteria kadar gula darah normal menurut tes GDS:

  • Kadar gula darah normal : di bawah 200 mg/dl
  • Diabetes: di atas 200 mg/dl

Berapa kadar gula darah normal menurut usia anak?

anak kurang perhatian orangtua

Kadar gula darah menurut usia anak dan dewasa tentunya memiliki perbedaan. Kadar gula darah pada anak-anak cenderung lebih tinggi dan mudah berubah, ini berkaitan dengan kestabilan hormon tertentu sehingga kadar gula darah bisa lebih bervariasi.

Ini dia kadar gula darah normal menurut usia anak:

Kadar gula darah normal usia kurang dari 6 tahun

Untuk anak-anka usia ini, gula darah normal adalah sekitar 100-200 mg/dl. Gula darah puasa nilainya seharusnya tidak jauh-jauh dari 100 mg/dl. Sementara gula darah setelah makan dan sebelum tidur seharusnya di sekitar angka 200 mg/dl

Jika kadar gula darah anak di bawah 150 mg/dl, segera tanyakan pada dokter anak Anda.

Kadar gula darah normal usia 6-12 tahun

Untuk anak-anak yang berusia ini, kadar gula darah normal menurut usianya adalah 70-150 mg/dl. Gula darah puasa sekitar 70 mg/dl sedangkan gula darah setelah makan dan sebelum tidur harus nya mendekati 150 mg/dl.

Jika gula darah sebelum tidur di bawah 120 mg/dl, kemungkinan  anak Anda membutuhkan camilan sebelum tidur. Jika Anda cemas atau khawatir akan hal ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda.

Apa tandanya kalau gula darah tidak normal?

apakah diabetesi boleh makan mie instan

Tanda-tanda kadar gula darah tinggi

  • Sering merasa haus dan lapar
  • Mulut kering
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Mudah kelelahan
  • Sering mengalami infeksi berulang, seperti sariawan
  • Berat badan turun
  • Pengelihatan kabur

Tanda-tanda kadar gula darah rendah

  • Pusing
  • Sering merasa kelaparan yang parah
  • Sakit kepala
  • Kemampuan berkonsentrasi menurun
  • Tubuh gemetar
  • Sering berkeringat
  • Pengelihatan kabur

Meskipun ada beberapa tanda hipoglikemia atau kondisi saat kadar gula darah Anda rendah, ada beberapa orang yang tidak merasakan gejala ini sama sekali.

Panduan makanan untuk menjaga kadar gula darah normal

makanan tinggi serat untuk diabetes

Makanan sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah, maka itu Anda harus bisa menyesuaikan kebutuhan tubuh dengan yang makanana yang akan dikonsumsi. Berikut ini ada 2 tips, bagi Anda yang mengalami kadar gula darah rendah, dan Anda yang mengalami gula darah tinggi.

Tips makan untuk yang punya kadar gula darah rendah

Bagi Anda yang mengalami kadar gula darah rendah, sebaiknya makan dalam porsi kecil setiap 3-4 jam sehari daripada hanya makan dalam porsi besar 3 kali dalam sehari. Tetap pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Saat bangun tidur

Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah rendah, saat bangun tidur sebaiknya sesegera mungin untuk makan sarapan. Contohnya:

  • Oatmeal dan potongan stroberi, dan madu
  • Telur mata sapi dan nasi goreng

Snack sebelum makan siang

Buah-buahan adalah camilan bergizi yang dapat meningkatkan kadar gula darah supaya stabil. Sebelum memasuki waktu makan siang, sekitar pukul 10 pagi Anda bisa menyiapkan buah-buahan segar sebagai camilan. Seperti pisang, mangga, apel segar yang didinginkan dari kulkas.

Makan siang

Bagi Anda yang memiliki kadar gula rendah, jangan sampai waktu makan siang Anda molor akibat aktivitas sehari-hari Anda. Waktu ini sangat penting untuk mengisi ulang kadar gula darah Anda supaya tetap stabil.

Pilihlah menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Contohnya dengan menu nasi putih, ayam bakar, sayur asem, tumis tahu, serta buah semangka.

Snack sebelum makan malam

Di sore hari sekitar jam 3 atau 4 sore jangan lupa untuk mengisi tubuh Anda lagi dengan gula. Jangan sepelekan waktu makan snack di sore hari, sebab sore hari adalah saat tenaga sudah banyak terkuras setelah seharian beraktivitas.

Anda bisa makan setangkap roti gandum dengan selai coklat yang praktis bisa di akan sambil beraktivitas. Atau Anda juga bisa memilih semangkuk bubur kacang hijau.

Makan malam

Sama seperti makan siang, makan malam Anda harus dilengkapi dengan karbohidrat kompleks, protein, vitamin dan mineral. Meskipun Anda telah lelah beraktivitas, jangan sampai malas makan malam.

Sebab kadar gula darah rendah Anda perlu ditingkatkan dengan makanan agar tidak semakin menurun dan membuat Anda lemas.

Snack sebelum tidur

Tidur merupakan waktu yang cukup panjang untuk berpuasa. Setidaknya ada 7-8 jam Anda tidak akan makan dan minum saat tidur. Maka itu, untuk mencegah kadar gula darah rendah yang terlalu ekstrim saat bangun tidur, makan sedikit camilan sebelum tidur.

Tidak perlu repot, Anda bisa bikin smoothie yang tinggal diminum saja. Isi smoothie Anda dengan susu, buah, yogurt, chia seed, serta es batu. Smoothie siap di minum sebelum Anda pergi tidur.

Tips makan bagi yang mengalami kadar gula darah tinggi

Selain porsi makan Anda sebaiknya kecil namun dengan frekuensi sering, Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi sebaiknya memperhatikan pemilihan makanan Anda. Ini dia makanan yang dianjurkan untuk orang dengan gula darah tinggi:

Ikan dengan asam lemak omega 3

Bukan hanya gula yang harus Anda kurangi, membatasi makanan berlemak pun perlu Anda lakukan. Akan tetapi, lemak sehat seperti asam lemak omega 3 ini jangan sampai kekurangan, lho!

Pasalnya sudah banyak penelitian yang menyatakan kalau ikan yang mengandung omega 3 bisa membantu menjaga kadar gula darah normal tetap terjaga. Anda bisa mendapatkannya dalam ikan salmon, tuna, kembung dan ikan sebelah.

Telur

Makanan tinggi protein seperti telur adalah makanan yang paling dianjurkan untuk orang yang punya gula darah tinggi. Sebab, telur tidak mengandung nilai indeks glikemik sedikit pun, maka itu ini aman untuk orang yang memiliki gula darah tinggi. Bukan hanya aman untuk tubuh Anda, protein telur membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

Biji-bijian utuh

Meskipun biji-bijian utuh mengandung karbohidrat, tapi kadar karbohidratnya yang kompleks dan mengandung tinggi serat akan membuat gula darah Anda lebih stabil dan bisa kenyang lebih lama.

Sayur-sayuran

Sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang sangat ampuh mengendalikan kadar gula darah normal. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan kadar gula darah tinggi Anda, sediakan sayur di setiap menu makan Anda.

Lantas adakah cara lain untuk menjaga kadar gula darah normal?

mitos olahraga lari

1. Rajin-rajin cek gula darah terutama bagi para diabetesi

Anda harus rajin cek gula darah secara rutin. Kadar gula darah bisa menjadi acuan tentang perkembangan kondisi Anda.

Apakah kadar gula darah tinggi, kadar gula darah rendah, atau gula darah normal saja pada tubuh Anda. Disini Anda bisa mengetahui apakah kondisi Anda jadi lebih buruk atau lebih baik.

Rutin cek kadar gula darah juga membantu Anda tahu bagaimana tubuh bereaksi dengan makanan tertentu, sehingga Anda bisa mengatur menu makan Anda dengan lebih tepat.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah kunci penting unutk menjaga kadar gula darah normal, Olahraga teratur bisa membantu mengontrol kadar gula darah Anda dalam tubuh. Olahraga teratur membantu tubuh Anda bisa menggunakan hormon insulin lebih optimal dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Bagi Anda yang mengalami diabetes, olahraga membantu membuat hormon insulin bisa bekerja lebih baik, sehingga gula darah dapat diolah dengan optimal.

Selain itu, olahraga juga membakar kalori dan membangun otot-otot baru pada tubuh. Dengan begitu, berat badan Anda pun akan lebih stabil dan membantu Anda untuk menurunkannya lebih mudah.

Olahraga juga membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker yang mungkin muncul akibat komplikasi diabetes. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan seperti renang, yoga, jalan-jalan sore, bersepeda, dan hiking.

Bagi para diabetesi, jangan lupa untuk cek kadar glukosa darah sebelum dan sesudah olahraga agar Anda mengetahui efek dari aktivitas yang Anda lakukan.

3. Kurangi berat badan

Kadar gula darah normal akan lebih bisa dikendalikan apabila berat badan Anda normal, tidak berlebih tapi tidak juga kekurusan. Dr. Joseph Aloi, seorang ahli endokrinologi, merekomendasikan khusus para diabetesi kurangi 2-5 kilogram berat badan untuk meraih manfaat positif bagi keseimbangan kadar gula dalam darah.

4. Kurangi makan gula

Para diabetesi juga perlu untuk melakukan diet rendah gula untuk menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Sebagai gantinya, perbanyak makan makanan tinggi protein dan serat, misalnya seperti buah yang kandungan gulanya rendah serta sayuran hijau.

Bagi Anda yang masih memiliki kadar gula normal, ini juga tentunya bisa dilakukan. Sebab, dengan mengurangi makanan tinggi gula itu artinya Anda melakukan pencegahan diabetes melitus. Tubuh Anda pun lebih mudah mengontrol gula darah.

5. Hindari hal yang membuat stres

Tubuh dan pikiran yang stres membuat kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah meningkat ini terjadi akibat pelepasan hormon kortisol yang terlalu banyak. Stres membuat Anda ngidam makan makanan manis terus-terusan, yang makin membahayakan kondisi tubuh Anda. Olahraga dan meditasi bisa Anda lakukan untuk mengelola stres.

6. Istirahat cukup

Beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, ketika Anda kurang tidur ritme sirkadian akan terganggu, sehingga memicu perubahan hormon tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah.

Pada akhirnya, kurang tidur membuat kondisi diabetes Anda semakin buruk atau mempermudah Anda yang masih dalam fase kadar gula darah normal bisa mengalami diabetes.

Obat gula darah

naproxen
Sumber: MIMS

Obat gula darah diperlukan ketika Anda sudah terdeteksi mengalami diabetes 1 ataupun diabetes tipe 2, atau pada kondisi khusus yang dianjurkan oleh dokter Anda.

Obat gula darah untuk diabetes tipe 1 yaitu:

Insulin

Insulin dalam konteks obat ini adalah insulin buatan sebagai obat gula darah. Insulin adalah jenis obat yang paling umum digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 1  dan beberapa kasus diabetes tipe 2.

Ada berbagai jenis obat gula darah berbentuk suntikan insulin yang tersedia. Jenis insulin yang Anda gunakan tergantung pada seberapa parah hormon insulin Anda tidak diproduksi oleh pankreas. Pilihannya, yakni:

  • Insullin yang menjaga kadar gula darah dalam jangka pendek (insulin reguler)
  • Insulin aksi cepat. (insulin aspart, insulin glulisine, insulin lispro)
  • Insulin aksi intermediate (insulin isophane)
  • Insulin yang menjaga kadar gula darah dalam jangka waktu lama (insulin degludec, detemir, glargine)
  • Insulin kombinasi. Gabungan dari beberapa jenis insulin

Obat amylinomimetic

Selain obat gula darah dengan mengatur kadar insulin, diperlukan juga obat amylinomimetic ini. Salah satu jeni obat ini adalah pramlintide. Ini adalah obat yang juga harus disuntik sebelum makan. Obat ini bekerja dengan menunda pertu Anda untuk cepat kosong.

Obat gula darah untuk diabetes tipe 2

Obat gula darah untuk diabetes tipe 2 kebanyakan berbentuk oral atau diminum, ini bedanya dengan tipe 1. Akan tetapi ada beberapa diabetesi pada tipe 2 yang butuh obat gula darah dengan injeksi atau suntik.

Sebab, beberapa orang dengan diabetes tipe 2 juga membutuhkan suntikan insulin sebagai obat gula darah mereka. Berikut obat gula darah yang biasa digunakan, antara lain:

Alpha-glucosidase inhibitor

Obat gula darah jenis ini dibutuhkan untuk membantu tubuh memecahkan makanan bertepung atau makanan mengandung gula. Obat ini akan menurunkan kadar gula darah Anda. Obat ini harus dikonsumsi sebelum makan. Bat ini dikenal dengan nama acarbose (precose), dan miglitol (glyset)

Biguanides

Obat gula darah ini akan menurunkan jumlah gula darah dalam hati Anda. Obat gula darah ini bekerja dengan menurunkan penyerapan gula darah di usus Anda. Obat gula darah yang biasa digunakan adalah metformin (Glucophage, Metformin Hydrochloride ER, Glumetza, Riomet, Fortamet)

Dopamine agonist

Obat ini bekerja untuk memengaruhi irama metabolisme di tubuh dan mencegah resistensi insulin, Contoh obat ini adalah bromocriptine (Parlodel).

DPP-4 inhibitors

Obat gula darah ini bekerja dengan mengurangi gula darah tanpa menyebabkan hipoglikemia. Obat gula darah ini akan membantu pankreas membuat lebih banyak insulin. Contoh obat ini adalah alogliptin (Nesina), linagliptin (Tradienta), saxagliptin (Onglyza), sitagliptin (Januvla)

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca