Berapa Asupan Gula Maksimal untuk Pasien Diabetes?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Makan terlalu banyak gula dikaitkan dengan penambahan berat badan dan berbagai penyakit, seperti diabetes. Sehingga ,sering muncul pertanyaan apakah orang dengan diabetes masih boleh mengonsumsi gula? Apakah orang dengan diabetes tidak boleh makan manis? Lalu, berapa banyak asupan gula yang dikatakan terlalu banyak, sehingga meningkatkan risiko diabetes? Simak jawabannya di sini.

Bolehkah pasien diabetes makan manis?

Jika Anda memiliki diabetes, makan makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah hingga melebihi batas normal. Bila tidak dikendalikan dan dijaga, gula darah yang tidak terkendali dapat menimbulkan masalah lebih lanjut.

Padahal, gula merupakan salah satu sumber energi utama pada manusia. Gula termasuk karbohidrat sederhana yang akan sangat cepat dipecah oleh tubuh karena bentuknya yang mudah dicerna. Hal ini membuat gula paling cepat dijadikan glukosa atau gula darah, yaitu kurang dari 15 menit.

Namun ketika diabetes, tubuh Anda tidak memproduksi insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa normal, atau tubuh tidak merespon insulin dengan baik sehingga insulin tidak bekerja dengan benar.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas dan membantu sel menyerap glukosa dari darah untuk digunakan sebagai energi.

Pada penderita diabetes, gula yang dipecah menjadi glukosa akan menumpuk dalam aliran darah Anda. Sehingga kadar gula darah Anda cenderung tinggi dan menyebabkan diabetes.

Meski begitu, gula tidak menyebabkan diabetes secara langsung. Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa membuat Anda kelebihan berat badan dan dapat memicu diabetes.

Oleh karena itu, bukan berarti pasien diabetes tidak boleh makan manis atau mengonsumsi gula sama sekali. Mereka tetap boleh makan makanan manis, tapi dengan membatasi asupan gula harian. Hal ini juga merupakan salah satu cara mencegah diabetes. Diabetesi juga sebaiknya mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang drastis.

Dengan perencanaan dan pola makan yang sehat, Anda masih tetap bisa makan makanan yang mengandung gula sambil mempertahankan kadar gula darah Anda di batas normal.

Berapa asupan gula maksimal untuk pasien diabetes?

Asupan gula maksimal untuk pasien diabetes sangat bergantung pada berapa banyak kalori yang dikonsumsi setiap hari. Jumlahnya pun harus sesuai dengan asupan karbohidrat secara keseluruhan.

Pasien diabetes umumnya hanya difokuskan pada total karbohidrat yang dikonsumsi daripada gula, sehingga tidak ada asupan gula harian untuk diabetesi. Meski begitu, pasien diabetes perlu mengetahui batas asupan gula yang aman untuk mengatur asupan kadar gula hariannya.

Batas asupan gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula atau setara dengan 4 sendok makan.

Jika Anda rutin beraktivitas dan berolahraga, Anda tidak perlu khawatir karena sistem tubuh Anda mampu membakar banyak kalori. Namun, bagi penderita diabetes, sebaiknya Anda benar-benar mengendalikan asupan gula dan karbohidrat agar kadar gula darah Anda terkendali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 24/04/2020 . Waktu baca 3 menit

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 31/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
diet susu risiko diabetes

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . Waktu baca 5 menit
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit